SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Mau Kerja di BUMN? Ini 8 Universitas BUMN Terbaik dan Beasiswanya!

Hai Campuspedia-friends!—Siapa nih yang tertarik dan bercita-cita bekerja di perusahaan BUMN? Kalau iya, boleh nih kamu coba pertimbangkan untuk melanjutkan studi di universitas-universitas milik BUMN di Indonesia, C-friends!

Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (Aperti BUMN) di tahun 2020 ini juga membuka program beasiswa kedua setelah di tahun 2019 lalu bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke salah satu universitas BUMN. Wah, menarik ya C-friends?

Kira-kira universitas mana ajasih yang termasuk universitas milik BUMN? Yuk kita bahas!

Baca juga: Jangan Minder Dulu! Ini 7 Kelebihan Fresh Graduate Dimata Perusahaan

8 Universitas BUMN Terbaik dan Program Beasiswanya

  1. Telkom University (TEL-U)

Siapa sih yang gak kenal universitas swasta yang satu ini? yup, Telkom University atau kerap disebut Tel-U. Yang merupakan universitas swasta terbaik di Indonesia dan sudah terakreditasi A dari BAN PT.

Kampus utama Tel-U ini terletak di Bandung, Jawa Barat. Telkom University merupakan gabungan dari empat institusi yang berada dibawah penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Kini Tel-U punya 7 Fakultas dengan 27 program studi.

Untuk masuk universitas swasta terbaik ini, ada beberapa beasiswa yang bisa kamu apply loh! Diantaranya:

  • Beasiswa Aperti BUMN
  • Beasiswa Telkom University (D3, D4, dan S1)
  • Program Beasiswa Pascasarjana, dsb.
  1. Universitas Pertamina (UP)

Berdiri pada tahun 2016, Universitas Pertamina berlokasi di Simprug, Jakarta Selatan dibawah naungan Perusahaan BUMN, Pertamina Foundation.

Universitas Pertamina didirkan berbasis industri dan berorientasi global. Dengan begitu, UP banyak menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi lain, perusahaan, pemerintah daerah, dan asosiasi profesional yang berkaitan dengan energi.

Dengan akreditasi A dari BAN PT, ada banyak juga beasiswa yang dapat kamu apply untuk masuk Universitas Pertamina ini C-friends! Diantaranya:

  • Beasiswa Aperti BUMN
  • Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina
  • Beasiswa Prestasi Universitas Pertamina, dsb
  1. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)

Universitas Internasional Semen Indonesia adalah sebuah institusi pendidikan jenjang sarjana (S1) yang diharap dapat mendukung perkembangan bangsa dan negara, terlebih lagi untuk PT Semen Indonesia.

Fokus kurikulum UISI juga pada inovasi dan keselamatan kerja. Dengan 3 fakultas dan 10 program studi, ada beberapa beasiswa juga yang dapat kamu apply untuk masuk UISI ini C-friends! selain Beasiswa Aperti BUMN, ada Beasiswa Unggulan UISI, Beasiswa BAZNAS, dan masih banyak lagi.

  1. Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN)

Sesuai namanya, pasti sudah tahu dong perguruan tinggi yang satu ini dibawah naungan siapa? Yup, Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN) adalah perguruan tinggi dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT. PLN (Persero).

Dengan 4 program studi S1, 1 program studi S2, dan 2 program studi D3, STT PLN mendapatkan akreditasi B dari BAN PT. Selain Beasiswa Aperti BUMN, ada Beasiswa PPA, Beasiswa BPP Pokok 1 Semester dan masih banyak lagi yang bisa kamu apply C-friends!

  1. Politeknik POS (Poltek POS)

Politeknik POS (Poltek POS) didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) dibawah naungan dan pengawasan PT. Pos Indonesia (Persero). Dan sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN PT.

Ada 5 program studi D3:

  1. Logistik Bisnis
  2. Manajemen Pemasaran
  3. Akuntansi
  4. Teknik Informatika
  5. Manajemen Informatika

Dan 4 program studi D4, yaitu:

  1. Logistik Bisnis
  2. Teknik Informarika
  3. Manajemen Bisnis
  4. Akuntansi

Selain Beasiswa Aperti BUMN, ada juga beasiswa Penuh Poltekpos dari perguruan tinggi yang bisa kamu apply.

  1. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG)

Didirikan tahun 2013, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) berada di gedung yang sama dengan Poltek Pos, karena keduanya berada di naungan yang sama, yaitu dari Yayasan Pendidikan Bakti Pos Indonesia (YPBPI).

Dengan dua program studi yaitu Manajemen Transportasi dan Manajemen Logistik, lulusan STIMLOG akan bergelar S.Log dan merupakan gelar S.Log pertama di Indonesia. Tak hanya itu, lulusan STIMLOG juga akan punya banyak keuntungan seperti sertifikat yang akan menarik pada tahap perekrutan di perusahaan.

Perguruan tinggi ini sudah berakreditasi B dari BAN PT, dan ada 3 beasiswa dari perguruan tinggi yang bisa kamu apply, yaitu Beasiswa Aperti BUMN, Beasiswa PPA, dan Beasiswa Penuh Poltekpos STIMLOG.

  1. Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS)

Berdiri pada tahun 2018 sebagai respon terhadap tuntutan kebutuhan tenaga profesional yang siap pakai di bidang maritim, logistik, dan transportasi berbasis ICT di tiga bidang tersebut. Dengan membuka 7 program studi.

Walaupun terbilang baru, namun ada banyak beasiswa dari universitas yang dapat kamu apply loh C-friends! Diantaranya:

  • Aperti BUMN
  • Prestasi Saintek
  • Prestasi Olahraga dan Seni
  • Beasiswa Afirmasi
  • Prestasi Akademik
  • Beasiswa Warga Sekitar
  • Beasiswa OPES-YPT
  1. BRI Institute / Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Perguruan tinggi yang berlokasi di Jakarta Selatan ini didirikan pada tahun 2018 lalu. BRI Institute diharapkan dapat menghasilkan lulusan unggul dan siap pada bisnis industri keuangan yang dibudidayakan dan dikendalikan oleh Grup BRI.

Dengan total 6 program studi, 5 diantaranya program studi yang berbasis teknologi dan lainnya berbasis bisnis:

  1. Micro Finance
  2. Teknologi Bisnis dan Perbankan Digital
  3. Teknologi Perbankan Syariah
  4. Teknologi Asuransi
  5. Technopreneur

Nah, beasiswa yang bisa kamu apply yaitu Beasiswa BRI Institute, Beasiswa Bank BRI dan beasiswa lain dari luar universitas.

Baca juga: Sering Dispelekan, Begini 8 Etika Mengikuti Online Meeting

Itu dia informasi mengenai 8 Universitas BUMN Terbaik dan Beasiswanya. Gimana nih C-friends? Tertarik untuk masuk salah satu dari kedelapan universitas tersebut?

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Mau Kerja di BUMN? Ini 8 Universitas BUMN Terbaik dan Beasiswanya! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR