Info Kampus
Minggu, 24 Okt 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Masih Online tapi Harus Tetap Kerja Kelompok? Ini Tips Buat Kamu!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Walau sudah banyak penyesuaian yang dilakukan oleh instansi pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, satu hal yang tidak berubah nyatanya; kita masih harus kerja kelompok. 

Sekilas memang ini berguna sekali. Kita melakukan pembelajaran secara daring dan hampir tidak melakukan kontak dengan orang lain sama sekali. Walau daring, dengan kerja kelompok, kita bisa setidaknya membangun relasi dan hubungan bersama dengan teman-teman kita. 

Sayangnya, tugas kelompok ini biasanya memiliki banyak halangan ketika kita melakukannya secara daring. Mulai dari sinyal teman yang putus-putus, teman yang punya kepentingan lain, teman tanpa kabar dan nggak pernah muncul saat di-chat. 

Halangannya banyak sekali. Padahal, tugas kelompok saat proses daring dan ketika onsite tidak jauh berbeda. Maksudnya, kita sama-sama harus berkomunikasi dan mengerjakan bagian kita dengan baik. Tidak jauh berbeda, sebenarnya. Hanya saja sekarang kita melakukan semuaya serba daring. 

Campuspedia punya beberapa tips nih buat mempermudah kamu belajar kelompok secara daring. 

Tips belajar kelompok secara daring 

Bagi tugas sesuai dan adil

Kamu harus bisa adil dalam membagi tugasmu. Adil berarti semuanya terbagi bersesuaian dengan kemampuan mereka. Coba bicarakan dan diskusikan dengan teman-temanmu; bagaimana mereka akan membagi tugas. Pertimbangkan juga teman-teman kamu yang mungkin bekerja dan tetap ingin ambil bagian. Seberapa kecil pun tugas yang dipegang, harus bisa dikerjakan secara maksimal semuanya supaya hasil tugas kelompokmu juga maksimal. Jangan sampai ada anggota yang akhirnya tidak mengerjakan apa-apa. 

Kenali Karakter masing-masing anggotamu

Biar kamu mudah membagi tugas kelompok secara adil, kamu pertama harus bisa kenal dengan karakter masing-masing anggota. Nggak usah terlalu dalam. Lihat saja kecenderungan mereka seperti apa. Kamu harus paham juga dengan teman yang memiliki kemampuan lebih. Kamu bisa minta temanmu yang punya kemampuan lebih untuk membantu yang lain bahkan membantu kamu sendiri. 

Gunakan tools yang support multiple people

Belakangan tools yang ada di internet telah membuka akses bagi kita mengerjakan sesuatu secara bersamaan. Contoh seperti Google docs, Office Online, Canva. Tools seperti ini bisa membuat kita mengerjakan sesuatu di waktu yang bersamaan dan secara rame-rame. Dengan begini, terlihat siapa yang absen ketika mengerjakan tugas kelompok dan siapa yang selalu hadir untuk mengerjakan tugas kelompok. 

Nah, berikut tips sederhana Campuspedia berikan kepada teman-teman sekalian. Sudah ada desas-desus untuk membuka pembelajaran tatap muka belakangan ini. Walau begitu, tips ini akan tetap berlaku untuk kita nantinya mengerjakan tugas kelompok kita. Jangan patah semangat, ya Campuspedia Friends. Semangat!

 

Baca juga: 

The post Masih Online tapi Harus Tetap Kerja Kelompok? Ini Tips Buat Kamu! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar