SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Masih Kesulitan Fokus dalam Belajar? Kamu Perlu Mencoba Belajar dengan Teknik Pomodoro Ini!

Semenjak pandemi, belajar di rumah menjadi tantangan yang mesti dihadapi. Sistem belajar online perlu disesuaikan agar kita tetap mampu menyerap materi pembelajaran. Namun, banyaknya gangguan selama belajar ini sering kali membuat kita kesulitan fokus.

Karena hal itu kamu perlu mencoba cara belajar yang lebih strategis. Salah satu teknik belajar yang sedang ngetrend adalah teknik pomodoro. Teknik belajar ini terbukti efektif meningkatkan fokus dan hasil belajar yang lebih baik.

Apa Itu Teknik Pomodoro?

Teknik Pomodoro merupakan teknik belajar yang diciptakan oleh Francesco Cirilo. Pomodoro ini lahir karena Francesco kesulitan fokus dalam belajarnya. Hingga ia pun mengonsep manajemen waktu selama belajar.

Maksudnya dengan interval tertentu, ketika interval tersebut diberlakukan kondisi fisik dan psikisnya harus fokus. Namun, hal ini bukan berarti belajar secara terus menerus. Melainkan teknik pomodoro menekankan pada pembagian waktu belajar dan istirahat dengan tepat.

Ketika belajar, Francesco mengatur waktu selama 25 menit. Kemudian setelahnya ia akan mengambil istirahat selama beberapa menit. Begitu seterusnya. Ingat ketika belajar, pengaturan waktu ini sebaiknya disetting menggunakan timer. Biasanya Francesco menggunakan timer berbentuk tomat, yang dalam bahasa Italia disebut “Pomodoro”. Dari latar belakang inilah istilah Pomodoro berasal.

Baca juga: Tetap Produktif Belajar Pada Masa Pandemi COVID-19

Sebelum Memulai Belajar dengan Teknik Pomodoro, Persiapkan Dahulu Hal Berikut

Untuk bisa fokus belajar dengan teknik pomodoro, kamu tidak perlu menyiapkan perangkat yang banyak kok! Kamu hanya membutuhkan timer saja. Nah timernya pun tidak mesti berbentuk tomat seperti milik Francesco.

Timer sendiri di smartphone kamu pasti sudah memiliki. Selain itu, sudah banyak tersedia aplikasi yang membantumu menerapkan teknik belajar ini. Jadi segera terapkan, jangan banyak alasan ketika memulai ya guys!

Kini Saatnya Kamu Praktik Teknik Pomodoro agar Fokus dalam Belajar

Untuk memulai belajar menggunakan teknik pomodoro, sebaiknya kamu mengikuti langkah runtut sebagai berikut.

1. Atur skala prioritas mata pelajaran

Pertama kamu harus mengatur materi apa saja yang akan kamu pelajari. Tentu saja materinya banyak bukan? Untuk itu, kamu sebaiknya mengatur skala prioritas akan belajar materi mana terlebih dahulu. Kamu bisa memilih tugas yang mendekati deadline pengumpulan.

2. Atur timer dalam 25 menit belajar

Selanjutnya aturlah timermu dalam 25 menit waktu belajar. Taruhlah timer itu dalam jarak yang masih dalam jangkauanmu sehingga kamu mudah mendengar ketika timer berbunyi. Namun, jangan sampai jalannya timer ini mengganggu fokusmu ya! Ingat, timer hanya bantuan agar kamu fokus dalam waktu 25 menit tersebut.

3. Fokuslah terhadap apa yang akan kamu kerjakan

Dalam 25 menit, kamu harus mengerjakan tugas yang telah kamu tetapkan. Jangan beralih pada hal lain di luar tugas tersebut. Kerjakanlah tugas dan belajar materi dengan fokus. Hanya 25 menit saja, lakukan ini dengan fokus, tanpa mengerjakan hal lainnya.

4. Berhenti ketika timer berbunyi

Baik sudah selesai maupun belum, kamu harus menghentikan pekerjaanmu. Apresiasi diri terlebih dahulu dengan mengambil jeda istirahat selama lima menit. Dalam waktu ini kamu bisa makan camilan, melakukan peregangan, atau ke kamar kecil.

5. Mulai kembali dan lakukan seterusnya

Setelah berhasil dalam satu pomodoro, kamu bisa melakukannya kembali. Atur lagi timer dalam waktu 25 menit. Fokuslah kemudian berhenti ketika timer tersebut telah berbunyi. Jangan lupa ambil waktu jeda dan apresiasi dirimu yang telah fokus dalam waktu 25 menit.

Baca juga: Hobi Dengerin Musik? Ini 9 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Musik Favoritmu!

Agar Makin Yakin Menerapkan Teknik Ini, Berikut Manfaat yang Kamu Dapatkan

Banyak pelajar dan mahasiswa yang sudah menerapkan teknik ini lho! Nah berikut manfaat yang akan kamu dapatkan ketika belajar menggunakan teknik pomodoro. Yuk disimak!

1. Fokus belajar akan kamu dapatkan

Melalui langkah 25 menit fokus belajar, tentu saja kamu akan terlatih untuk fokus pada apa yang tengah kamu kerjakan. Dengan fokus yang kamu miliki tersebut, akhirnya kamu selalu dapat mengerjakan tugas dengan sempurna.

2. Mudah merencanakan sesuatu

Dengan teknik pomodoro, kamu akan dilatih untuk dapat merencanakan sesuatu dan segera mengimplementasikannya. Hal ini akan sangat berguna ketika kamu sedang ditimpa banyak tugas dengan deadline yang singkat.

3. Kamu memiliki manajemen waktu yang baik

Untuk dapat terbiasa dengan teknik ini, kamu perlu melatihnya. Dengan beberapa kali mencoba, kamu sudah dikatakan memiliki manajemen waktu yang baik. Sebab, kamu mampu menyelesaikan kerja tepat waktu dan mampu mengambil lebih banyak tugas untuk diselesaikan.

4. Kamu menjadi terbiasa bekerja di bawah tekanan

Manfaat selanjutnya kamu menjadi terbiasa bekerja di bawah tekanan. Sebab, dalam 25 menit tersebut sebisa mungkin kamu mampu menyelesaikan tugas yang kamu kerjakan. Otakmu pun akan meminta kamu mengerjakan sesuatu atas dasar tuntutan tersebut.

4. Kamu bisa bekerja lebih cepat

Saat menetapkan kerja selama 25 menit, tentunya kamu berupaya untuk mencapai hasil kerja yang baik. Akhirnya kamu terpicu untuk bekerja lebih cepat. Hal ini melatihmu dalam menuntaskan pekerjaan lainnya.

Baca juga: Kamu Kesulitan dalam Belajar? Yuk, Belajar Bagaimana Cara untuk Belajar!

Kini, belajar bukan lagi beban, melainkan sebuah hobi. Nah agar dapat tetap fokus dalam belajar, yuk coba menerapkan teknik pomodoro dalam keseharianmu.

Oh ya kamu juga bisa menikmati tulisan menarik lainnya dengan mengunjungi campuspedia melalui  instagramfacebooktwitterlineYouTube, dan LinkedIn

 

 

 

The post Masih Kesulitan Fokus dalam Belajar? Kamu Perlu Mencoba Belajar dengan Teknik Pomodoro Ini! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR