Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Manfaat Ikut Lomba Mahasiswa, Bisa Pengaruhi Karir Juga Loh!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Hai, Campuspedia Friends! Sebagai mahasiswa tentunya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam mengisi masa perkuliahan. Salah satunya adalah ikut ajang perlombaan antar mahasiswa. Hayo siapa disini yang rajin ikut lomba? Nah, buat kamu yang belum pernah ikut kompetisi harus tahu nih kalau ikut ajang perlombaan mahasiswa ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan bahkan juga bisa berpengaruh dalam karirmu kedepan loh. Nah, biar kamu yakin buat mulai aktif ikut lomba berikut keuntungan dan manfaat ikut lomba mahasiswa yang bisa kamu dapatkan!

1. Memperbanyak Relasi

manfaat ikut lomba (2)
photo by fauxels

Manfaat pertama ikut lomba saat masih jadi mahasiswa adalah kamu bisa memperbanyak dan memperluas jaringan pertemanan. Karena saat mengikuti sebuah kompetisi, kamu tentunya akan bertemu dengan banyak orang baru yang berasal dari beragam jurusan atau bahkan lintas universitas. Selain itu, sangat mungkin juga untuk bertemu dengan praktisi atau tokoh hebat yang berkaitan dengan bidang yang kamu pelajari di kampus. Jadi, siapa tahu mereka tertarik merekrut atau mengajak kamu bekerja sama setelah melihat potensi yang kamu miliki saat perlombaan kan?

2. Menambah List Pengalaman dalam CV

Manfaat ikut lomba selanjutnya adalah kamu bisa mencantumkan pengalaman tersebut dalam CV ketika melamar pekerjaan nanti. Sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, pengalaman mengikuti lomba dengan sederet prestasi yang kamu peroleh bisa banget diikutsertakan dalam daftar pengalaman. Hal itu bisa jadi poin plus dan pertimbangan rekruiter karena selama jadi mahasiswa ada banyak kegiatan positif  yang kamu ikuti dan prestasi yang kamu dapatkan. Jadi, bisa menambah value diri juga di hadapan rekruiter nantinya.

3. Kesempatan Dapat Reward Lomba

dapat reward
photo by tribunnews

Tak hanya menambah relasi dan pengalaman, kamu juga berkesempatan untuk mendapat reward loh. Apabila kamu berhasil menjuarai sebuah kompetisi tentunya pihak penyelenggara akan memberikan reward sebagai bentuk apresiasi. Tak jarang reward tersebut dalam bentuk uang yang tentunya bisa menunjang kebutuhanmu sebagai mahasiswa. Wah, menarik banget kan? Jadi, makin yakin dong buat ikut berbagai lomba mahasiswa.

4. Belajar Percaya Diri

Manfaat ikut lomba berikutnya yang bisa diperoleh adalah kamu bisa sekalian berlatih untuk percaya diri. Tentunya bukan hal mudah loh tampil di depan banyak orang dan menampilkan karya yang dilombakan. Apalagi kamu harus berkompetisi dengan peserta lainnya. Nah, dari pengalaman mengikuti berbagai macam perlombaan ini lah self confidence akan terbentuk dan kamu akan jadi pribadi yang lebih percaya diri lagi.

5. Melatih Sikap Sportif

Selain belajar percaya diri, manfaat ikut lomba saat jadi mahasiswa lainnya adalah kamu bisa berlatih untuk bersikap sportif. Dalam dunia kerja nanti kamu akan bersaing dengan rekan kerjamu apalagi jika ingin mendapatkan posisi tertentu. Nah, dari pengalaman perlombaan tersebut kamu akan belajar untuk bersaing secara sehat dengan peserta lain dan menerima hasil apapun itu baik kemenangan atau kekalahan dengan lapang dada. Jadi, sekaligus kamu melatih mental agar lebih siap nantinya jika sudah berada di dunia kerja.

6. Menemukan Potensi Diri

Kamu yang masih bertanya-tanya tentang bakat atau potensi yang dimiliki, ikut lomba adalah salah satu cara untuk menemukannya. Dengan mengikuti kompetisi kamu bisa menggali dan memahami kemampuan diri yang bisa lebih dikembangkan lagi. Selain itu, kamu bisa banget loh ikut kompetisi di luar jurusan kuliah selama memenuhi syarat lomba. Oleh karena itu, dengan ikut lomba kamu bisa menemukan bakat atau potensi diri yang selama ini belum kamu sadari.

7. Meningkatkan Skill Kerja Sama dan Kolaborasi

kerja sama
photo by fauxels

Ada banyak kompetisi mahasiswa yang membutuhkan partisipasi anggota dalam kelompok. Nah, melalui proses bersama anggota lain dalam mencapai kemenangan tanpa sadar kamu juga mengasah skill kerja sama dan kolaborasi dalam tim. Skill kerja sama ini tentunya akan sangat berguna ketika kamu sudah masuk dunia kerja nantinya. Karena tak hanya dituntut memiliki skill individu yang baik tetapi juga kemampuan kerja sama dan kolaborasi dalam satu tim. 

Nah, itulah manfaat dari ikut lomba mahasiswa. Jadi, nggak ada alasan lagi buat nggak ikut lomba kan Campuspedia Friends? Nggak hanya menambah pengalaman tapi juga mengasah skill yang akan sangat berguna saat bekerja nanti. Jadi, yuk mulai aktif ikut lomba! 

Baca juga: Mematahkan Stigma Mahasiswa Kupu-kupu, Kita Nggak Males, Ko!

Baca juga: Ikut Student Exchange? Berikut Beberapa Hal yang Perlu Kamu Siapkan

The post Manfaat Ikut Lomba Mahasiswa, Bisa Pengaruhi Karir Juga Loh! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar