SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Lelah Begadang Buat Belajar? Inilah Tips Ambis Belajar Tanpa Perlu Jadi Zombie!

Halo sahabat Campuspedia! Balik lagi bersama dengan Minca yang senantiasa memberikan informasi menarik untuk kalian. Minca yakin, ada banyak sekali mahasiswa yang rela begadang untuk belajar demi mendapatkan nilai bagus saat ujian. Tapi kamu tahu kan, nilai bagus tidak hanya harus diperoleh dari hasil belajar begadang. Kamu bisa belajar cukup dengan dua hingga tiga jam saja per hari dan mendapatkan nilai memuaskan. Kepo dong, gimana caranya? Yuk, simak beberapa tips mengenai ambis belajar tanpa harus begadang berikut ini!

Baca juga: 6 Tips Agar Tidak Panik Dalam Menghadapi Masalah

1. Mempelajari Materi Sebelum Kelas Dimulai

Tips ambis belajar tanpa perlu begadang yang pertama adalah mempelajari materi sebelum kelas dimulai. Biasanya bapak ibu dosen atau guru akan memberikan informasi mengenai topik pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Atau mungkin sudah memberikan materinya terlebih dahulu. Kalau materinya sudah diberikan, kamu bisa membaca dan memahami terlebih dahulu materi tersebut. Sedangkan apabila materi belum dibagikan, kamu bisa mencari tahu tentang materi tersebut, manfaatkan saja internet. Setelah kamu selesai membaca dan memahami, kamu dapat mencari materi mana saja yang kurang kamu pahami. Sehingga saat kelas dimulai, kamu bisa langsung bertanya dan berdiskusi pada dosen atau gurunya. Hal ini akan sangat efektif mengingat secara tidak langsung kamu melakukan pembelajaran dua kali yang membuat kamu tidak perlu mengulang materi terlalu banyak di kemudian hari. Sangat meminimalisir waktu bukan!

2. Mencatat Materi di Kelas

Yang kedua dari tips ambis belajar tanpa perlu begadang adalah mencatat materi di kelas. Sambil mendengarkan dan menyimak ketika dosen menjelaskan, jangan lupa untuk catat point-point penting yang beliau sampaikan. Harapannya, ketika kamu mencatat maka di kemudian hari kamu tidak perlu bingung mengenai materi apa saja yang harus kamu pelajari. Dari catatan tersebut kamu bisa mengetahui outline-outline materi sehingga saat kamu ingin mempelajarinya kembali, kamu hanya perlu mencari tahu sedikit saja. Bisa dengan mencari di internet atau bertanya pada teman. Oleh sebab itu, mencatat sangat penting kamu lakukan saat sedang kelas!

3. Merapikan Catatan Yang Ada

Selanjutnya, setelah kamu membuat catatan, kamu rapikan saja catatan yang ada. Bisa dimulai dengan mengelompokkan catatan mata kuliah yang sama atau mengurutkan catatan sesuai dengan materi yang diberikan. Hal ini akan memudahkan kamu ketika kamu ingin mempelajari kembali materi di kelas, sehingga kamu tidak perlu bingung untuk mengurutkan urutan materi yang diajarkan. Atau karena sekarang sedang kelas online, mahasiswa biasanya merekam kelas yang mereka lakukan. Kalau kamu juga merekam kelas, jangan lupa untuk merename video rekaman dan mengelompokkan video tersebut ke dalam folder-folder mata kuliah masing-masing. Hal ini sangat membantu dan meminimalkan waktu belajar kamu loh!

Baca juga: Kamu Kesulitan Dalam Belajar? Yuk, Belajar Bagaimana Cara Untuk Belajar!

4. Menemukan Pola Belajar Yang Tepat

Ini yang paling penting, yaitu menemukan pola belajar yang tepat. Maksudnya pola belajar yang tepat tuh gimana? Pola belajar yang tepat adalah pola belajar dimana kamu dapat dengan mudah menyerap materi yang kamu pelajari. Kalau Minca sendiri pola belajarnya adalah kalau lagi belajar matematika, sambil dengerin lagu semangat dan dalam suasana tenang. Kamu bisa menentukan sendiri pola belajar yang efektif untuk kamu. Pola belajar yang efektif ini akan membuat kamu lebih mudah dan lebih cepat menyerap materi, tidak perlu begadang, hanya satu sampai dua jam saja! Oleh sebab itu, jangan lupa untuk lebih mengenali pola belajar kamu sendiri ya!

5. Mengevaluasi Hasil Belajar

Tips ambis belajar tanpa perlu begadang yang selanjutnya, setelah melakukan pembelajaran coba untuk evaluasi hasil belajarmu. Koreksi kembali apakah metode pembelajaran yang kamu gunakan sudah tepat dan dapat meningkatkan performa belajarmu. Kalau justru menurun, berarti ada yang salah. Jangan ragu untuk selalu mengevaluasi hasil belajarmu, kamu bisa mencoba untuk berdiskusi dengan orang-orang terdekat juga.

6. Tidur Cukup

Point utama dari semua kegiatan di atas adalah memiliki waktu tidur yang cukup. Banyak orang mengira bahwa  memiliki waktu tidur sedikit adalah salah satu bentuk produktivitas, tapi sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Orang yang memiliki waktu tidur cukup akan lebih stabil dan fresh baik dalam mental, fisik, dan pikiran. Hal tersebut akan membuat kamu lebih semangat mengawali hari untuk mengikuti kelas dan materi-materi berikutnya. Oleh sebab itu, jangan terlalu banyak begadang ya! Bagaimanapun kesehatan tubuh kita lebih penting dari pada hal lainnya.

Baca juga: Tips untuk Menghadapi Ujian di Tengah Pandemi

Nah kira-kira segitu aja informasi yang bisa Minca berikan mengenai tips ambis belajar tanpa perlu begadang. Ingat pesan Minca, jangan terlalu sering begadang ya! Temukan saja pola belajar yang tepat untukmu sehingga selain belajar kamu juga bisa refreshing dan berkumpul dengan orang-orang tersayang. Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

The post Lelah Begadang Buat Belajar? Inilah Tips Ambis Belajar Tanpa Perlu Jadi Zombie! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR