SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-11-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Kupas Tuntas Perbedaan Psikologi Saintek dan Soshum

Ilmu Psikologi merupakan cabang ilmu yang sangat kompleks. Nah, di Indonesia sendiri beberapa universitas ada yang mengkategorikan program studi psikologi ini ke dalam rumpun saintek dan soshum. Sebelum membahas perbedaan psikologi saintek dan soshum, kita kenali terlebih dahulu apa itu program studi psikologi.

Secara umum, program studi psikologi mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Dalam program studi psikologi juga akan dipelajari mengenai alur pemikiran serta alasan di balik perilaku dan tindakan manusia. Ilmu-ilmu yang dipelajari dalam program studi psikologi dapat diimplementasikan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam aktivitas manusia yang kompleks.

Fakultas Untuk Program Studi Psikologi

Untuk psikologi saintek, program studi psikologi tergabung ke dalam Fakultas Kedokteran. Jurusan psikologi saintek ini umumya dapat dipilih lulusan SMA IPA karena termasuk ke dalam bidang kesehatan yang ketika SMA dipelajari dalam biologi atau kimia.

Sementara itu untuk psikologi soshum, program studi psikologi umumnya berada dalam naungan Fakultas Psikologi. Dalam psikologi soshum, fokus utamanya berada pada sosial dan humaniora itu sendiri. Sehingga untuk lulusan SMA IPS dan Bahasa bisa bergabung ke jurusan psikologi soshum ini.

Baca Juga: Apa Saja Pertanyaan Yang Ditanyakan Sewaktu Sidang Skripsi?

Mata Kuliah Psikologi Saintek dan Soshum

Pada dasarnya, mata kuliah tiap program studi bergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Secara umum beberapa mata kuliah dalam psikologi saintek yaitu statistika, biopsikologi, pengantar neuro psikologi, konsep teknologi, psikiatri, psikodiagnostika, psikologi kesehatan, psikologi klinis, psikologi kepribadian, psikologi kognitif, dan sebagainya.

Sedangkan beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam psikologi soshum yaitu logika dan penulisan ilmiah, bimbingan pendidikan, psikologi sosial, psikologi komunikasi dalam kerja, psikologi industri dan organisasi, psikologi keluarga, masalah psikologi remaja, psikologi perilaku sosial, psikologi politik, dan sebagainya.

Universitas Dengan Program Studi Psikologi Saintek dan Soshum

Psikologi Saintek

Beberapa universitas yang menyediakan program studi psikologi dalam rumpun saintek yaitu:

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Resume Kuliah

Psikologi Soshum

Mayoritas universitas kini menyediakan program studi psikologi dalam rumpun soshum. Beberapan universitas yang memiliki program studi psikologi soshum yaitu:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Negeri Makassar
  • UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Selain univeritas-universitas tersebut, masih banyak universitas lain yang menyediakan program studi psikologi soshum. Dari uraian perbedaan psikologi saintek dan soshum tadi, apa Sobat tertarik mempelajari salah satunya? Share artikel ini jika bermanfaat, yuk!

 

Jangan Lupa! Kunjungi Campuspedia di:

The post Kupas Tuntas Perbedaan Psikologi Saintek dan Soshum appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR