SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Kupas Tuntas Human Resources: Salah Satu Kunci Kesuksesan Perusahaan!

Halo Sobat Campuspedia! peranan Human Resources dalam suatu perusahaan merupakan salah satu hal yang krusial loh. Pasalnya, perusahaan tidak mungkin berjalan tanpa keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengoperasikan berbagai hal yang ada. Ingin tahu lebih banyak mengenai dunia seputar Human Resources (HR)? Yuk simak terus pembahasan di bawah!

Jangan Keliru! HR dan HRD itu Beda Lho

Hayo, siapa di antara kamu yang selama ini berpikir HR dan HRD adalah dua hal yang sama? Padahal, HR dan HRD merupakan dua hal yang berbeda loh, baik dari segi tanggung jawab hingga fungsinya.

  • HRD

HRD merupakan singkatan dari Human Resource Departement atau banyak juga yang menyebutnya sebagai Human Resources Development. Dalam Bahasa Indonesia, HRD lebih dikenal dengan istilah Departemen Sumber Daya Manusia (SDM). Secara umum, pekerjaan HRD adalah mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan karyawan, mulai dari proses rekruitmen, pengembangan, evaluasi, konsultasi, administrasi, hingga PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

HRD bertugas mengelola seluruh Sumber Daya Manusia pada suatu perusahaan agar dapat menjadi sebuah SDM yang berkualitas sehingga mampu memenuhi sasaran strategis perusahaan. Biasanya, HRD selalu ada di perusahaan-perusahaan berskala besar atau induk grup suatu perusahaan.

  • HR

Human Resources (HR) adalah bagian yang sangat penting dari suatu organisasi/perusahaan. Mereka adalah penopang dari kesuksesan suatu perusahaan. HR bertugas untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja, memastikan karyawan mendapatkan hak mereka dan puas dengan pekerjaan mereka.

HR juga sering dikenal dengan personalia yang merupakan serangkaian kegiatan untuk mengelola Sumber Daya Manusia pada hal-hal yang terkait dengan administratif antara perusahaan dan karyawan. Pengelolaan dari seorang personalia ini bertanggung jawab terhadap Employee Database, Payroll/penggajian, dan pembayaran lainnya seperti pinjaman karyawan, absensi, pencatatan cuti tahunan, filling dokumen, dan rekrutmen.

Baca Juga: Persiapkan 6 Hal Ini untuk Menghadapi Persaingan Kerja

Peranan Penting HR

  • Mengembangan dan mengurus perencanaan sumber daya manusia dan berbagai macam prosedur yang berkaitan dengan staff di dalam perusahaan.
  • Merencanakan, mengatur, dan memantau aktivita/tindakan tenaga kerja.
  • Penerimaan tenaga kerja berkoordinasi dengan labour supply.
  • Sosialisasi dan koordinasi.
  • Menyiapkan perjanjian kerja dengan karyawan baru.
  • Menyusun absensi daftar hadir.
  • Menyiapkan internal letter dan outgoing letter.
  • Memperbaharui/update dan record data.

Skill yang Harus Kamu Miliki Sebagai HR

  • Rekruitmen

HR berperan dalam proses menyeleksi semua lamaran tersebut dan memilih orang-orang yang bisa melanjutkan proses seleksi ke tahap berikutnya. Biasanya, pada seleksi awal terdapat seleksi poin-poin syarat administrasi dari perusahaan, seperti IPK, keaktifan organisasi, dan pengalaman bekerja. Pada proses berikutnya terdapat psikotes, FGD (Focus Group Discussion), penugasan, dan interview. Seorang HR harus mampu meyeleksi dan memilih siapa saja yang sesuai untuk mengisi kebutuhan posisi yang ada.

  • Komunikasi

Komunikasi menjadi salah satu kunci yang penting untuk dimiliki oleh seorang human resources. HR harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan jajaran direksi, karyawan, dan calon karyawan.

  • Pemecahan Masalah

Seorang HR harus mampu memecahkan segala masalah yang terjadi di lingkungan kerja. Seorang HR harus mampu menemukan pokok permasalahan dan menyelesaikan masalah tersebut. Dibutuhkan sikap netral dan tidak berpihak supaya dapat memecahkan masalah dengan bijaksana.

  • Manajemen Kinerja

HR perlu melihat ekspektasi yang diberikan oleh dan kepada karyawan. Selain itu, perlu juga memonitor dan mengevaluasi semua karyawan yang bekerja, termasuk juga jajaran manajer. HR juga bertanggung jawab memberikan peghargaan atau reward bagi yang berprestasi dan evaluasi bagi karyawan yang kinerjanya perlu ditingkatkan.

  • Memiliki Empati

Empati dibutuhkan untuk menjaga hubungan karyawan dengan perusahaan sekaligus dalam proses pememecahan masalah.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menggunakan LinkedIn

Kamu tertarik mengetahui lebih lanjut seputar dunia HR? Yuk ikutan kelas online edisi “The Prime Way to Utilize and Develop Existing Human Resources” pada 12 Desember pukul 19.15-21.00 WIB bersama Alvin Tanthios sebagai HR Professional in A Global FMCG Company. Yuk segera daftarkan dirimu DI SINI!

Di akhir kelas, peserta diharapkan dapat memahami:

  • Apa itu HR management
  • Pengaplikasian tips and trick untuk menjadi seorang HR
  • Cara membangun lingkungan kerja yang baik di organisasi/perusahan
  • Cara memaksimalkan potensi karier sebagai seorang HR

Garis besar yang akan dipelajari:

  • What is human resources management
  • Human resource management jobs
  • How important HR in every company/organization
  • Creating a great work environment on every company/organization
  • Tips & trick to do as a HRM

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari. Yuk daftar DI SINI!

The post Kupas Tuntas Human Resources: Salah Satu Kunci Kesuksesan Perusahaan! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR