SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Kuliah Di Luar Negeri Dengan Beasiswa StuNed, Raih Gelar S2 Di Belanda!

Beasiswa untuk jenjang S2 alias untuk mendapatkan gelar master ke luar negeri bisa kamu dapatkan di mana saja. Salah satu pilihan beasiswa yang bisa kamu ikuti adalah beasiswa StuNed (Studeren in Nederland). Yakni beasiswa yang merupakan hasil kerja sama dari pemerintah Belanda dengan pemerintah Indonesia.

Baca juga: Mau Mendaftar Beasiswa? Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini!

Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk membantu pembangunan yang ada di Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Beasiswa ini rutin diadakan setiap tahun dan kini telah menghasilkan lebih dari 4,700 alumni.

Bidang-Bidang Yang Ada

  1. Kewirausahaan Berkelanjutan – Ekonomi Sirkular (Sustainable Entepreneurship – Circular Economy)
  2. Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law)
  3. Agro-Pangan dan Hortikultura (Agro-Food and Horticulture)
  4. Pengelolaan Air (Water Management)

Instrumen Beasiswa

Beasiswa Individu untuk Program Strata 2 (S2): Beasiswa ini untuk menempuh studi S1 yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di Belanda untuk jangka pendidikan 12-24 bulan. Setelah lulus dari program studi tersebut maka penerimanya akan memperoleh gelar master dari Belanda dengan akreditasi dari NVAO (Nederlandse – Vlaamse Acreditatie Organisatie).

Trailor-Made Training (TMT): Beasiswa ini bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan secara spesifik dari berbagai organisasi di Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan melalui kegiatan pelatihan.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), berdomisili di Indonesia dibuktikan dengan pindaian paspor.
  2. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00) dibuktikan dengan transkrip dan ijazah yang dilegalisasi dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum di dalamnya.
  3. Telah diterima tanpa syarat (unconditional) di salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda. Dibuktikan dengan Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda.
  4. Diutamakan bagi pelamar dengan pengalaman kerja (minimal 3-4 tahun), yang relevan dengan bidang prioritas terutama mereka yang mempunyai kualitas kepemimpinan dan potensi kewirausahaan.
  5. Bagi karyawan/pegawai harus mendapatkan persetujuan dari institusi dibuktikan dengan pernyataan resmi pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa staf tersebut diizinkan untuk studi di Belanda. Diunggah pada laman pendaftaran StuNed. Pelamar yang tidak sedang terikat dalam pekerjaan atau merupakan lulusan baru (fresh graduate) tidak perlu menyertakan Statement by Employer.
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik yang dibuktikan dengan hasil TOEFL iBT (Internet-based Test) dengan skor minimal 90, atau IELTS minimal 6.5. Masa berlaku hasil tes TOEFL iBT/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes.
  7. Pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris atau lulus dari program internasional dibebaskan dari nilai TOEFL iBT atau IELTS, selama lulus maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran beasiswa StuNed.
  8. Berusia maksimal 40 tahun pada saat 31 Desember 2021.
  9. Tidak sedang menempuh atau sudah memiliki gelar S2 dari dalam maupun luar negeri.Tidak diperuntukkan bagi pelamar dari perusahaan multinasional dan NGO internasional.

Pilihan program studi yang dapat kamu pilih dapat diakses pada link ini. (PILIHAN PROGRAM STUDI)

Baca juga: Inilah Tips dan Cara Menulis Essay Untuk Daftar Beasiswa!

Cakupan Beasiswa Belanda StuNed

  • Biaya kuliah (maksimal EUR 20.000 per tahun)
  • Tunjangan hidup (uang bulanan selama periode studi)
  • Biaya perjalanan internasional dan lokal
  • Asuransi kesehatan
  • Biaya pengurusan visa
  • Biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi

Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk

  1. Tidak dapat menyimpan data yang diisi pada form pendaftaran pada platform DELTA. Proses pengisian form pendaftaran pada platform DELTA hanya dapat dilakuan dalam SATU KALI proses pengisian.
  2. Sebelum memulai proses pendaftaran di DELTA, siapkan semua informasi dan dokumen yang diperlukan dalam proses pendaftaran Beasiswa Belanda StuNed.

Dokumen Yang Diperlukan:

  1. Pindaian paspor (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Passport)
  2. Academic Transcript and Certificate + English Language proficiency + Unconditional Offer letter (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Academic Transcript-Certificate_English_LOA)
  3. Employer Statement (if applicable) + Motivation letter (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Employer Statement_Motivation Letter)
  4. Co-funding Statement (if applicable) (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Co-funding)
  5. Other supporting docs such as awards, other certificate (if applicable) (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Supporting Docs)

Proses Seleksi

  1. Pelamar mengajukan pendaftaran Beasiswa Belanda StuNed melalui platform DELTA (Deadline: 8 Maret 2021)
  2. Seleksi Tahap Pertama berupa seleksi dokumen dan administrasi (Maret – April 2021)
  3. Seleksi Tahap Kedua berupa tes psikologi dan wawancara (Minggu Ketiga April 2021)
  4. Pengumuman hasil akhir penerima Beasiswa StuNed untuk batch 2021 (Minggu Kedua Mei 2021)

Untuk tahapan pendaftaran, kamu bisa mengakses di website resmi Neso Indonesia. (TAHAPAN PENDAFTARAN)

Pertanyaan juga dapat kamu kirimkan ke email Neso Indonesia melalui alamat mereka ke stunedcontact@nesoindonesia.or.id.

Baca juga: Beasiswa Luar Negeri MOE, Kuliah S1, S2, S3 Ke Taiwan!

Itu dia informasi singkat mengenai beasiswa kuliah di luar negeri yaitu beasiswa StuNed, yang bisa bikin kamu kuliah S2 di Belanda. Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

The post Kuliah Di Luar Negeri Dengan Beasiswa StuNed, Raih Gelar S2 Di Belanda! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR