SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
KIP Kuliah Diperpanjang! Simak Informasi Berikut!

Halo Campuspedia friends! Ada kabar gembira nih! Bantuan KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah akan kembali dilanjutkan. Sesuai dengan prioritas program Merdeka Belajar 2021, KIP Kuliah tetap dilanjutkan sejalan dengan upaya Kemendikbud dalam mendorong pendidikan berkualitas.

Baca KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah PTS, Simak Informasinya!

KIP Kuliah yang ditargetkan akan menjangkau 1 juta mahasiswa ini dibuat dengan tujuan memberikan banyak kesempatan kepada mahasiswa Indonesia agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Semua kebijakan Kemendikbud berujung pada upaya menghadirkan transformasi yang bermakna dan membawa bangsa ini kepada kemajuan,” katanya melalui siaran pers pada Taklimat Media Awal Tahun 2021 Kemendikbud secara daring, Selasa (5/1).

Selanjutnya Menteri Nadiem juga menyebutkan bahwa pembiayaan pendidikan di antaranya KIP Kuliah ini dengan target 1,095 juta mahasiswa dan KIP Sekolah dengan target 17,9 juta siswa.

Baca Bingung Soal KIP Kuliah? Berikut Penjelasannya

Keunggulan KIP Kuliah

Dilansir dari laman Kemendikbud, berikut beberapa keunggulan KIP Kuliah :

  1. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa)
  2. Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
  4. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kekompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi
  5. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

Siswa penerima program KIP Kuliah nantinya akan memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700rb/bulan yang dibayarkan setiap semester, sesuai masa studi normal :
S1 maksimal 8 Semester, total selama studi maksimal Rp. 33.6 jt.
D3 maksimal 6 Semester, total selama studi maksimal Rp. 25.2 jt;
D2 maksimal 4 Semester, total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt;
D1 maksimal 2 Semester, total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt).

Baca Syarat Dan Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah PTS

Pada tahun lalu, pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah dimulai pada bulan Februari 2020. Untuk itu, bagi kamu yang memenuhi syarat untuk menerima manfaat KIP Kuliah pantau terus perkembangan pembukaan pendaftaran KIP Kuliah melalui laman resmi ya!

Informasi selengkap seputar jadwal, syarat dan pendaftaran KIP Kuliah, dapat dilihat pada laman Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Jangan lupa terus ikuti Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE biar kamu nggak ketinggalan info-info menarik lainnya!

The post KIP Kuliah Diperpanjang! Simak Informasi Berikut! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR