SEKILAS INFO
: - Jumat, 04-12-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Kenal Dirimu Lebih Dalam Dengan Tahu Karakteristik Generasi Mu, Generasi Z!

Halo Sobat Campuspedia! Minca yakin banget nih, sobat-sobat yang lagi baca artikel ini pasti anak gaul dari Generasi Z! Kalian tahu ga sih generasi Z itu apa? Simplenya sih, anak Generasi Z itu lahir dari rentang tahun 1995 hingga 2010. Generasi Z ini muncul setelah adanya terminologi Generasi X dan Generasi Y. Nah generasi itu sendiri artinya adalah sekelompok orang yang memiliki kesaaman dalam rentang usia dan mengalami kejadian peristiwasejarah penting dalam suatu periode waktu yang sama.

Kalau gitu langsung kita bahas tuntas aja, karakteristik Generasi Z!

  1. Melek teknologi

Anak kelahiran 1995 sampai 2010 bisa kita lihat semua sudah mahir-mahir memainkan teknologi. Zaman sekarang juga pekerjaan banyak yang mengharuskan menggunakan teknologi, ya minimal computer atau laptop lah ya. Ga salah kalau misal Generasi Z ini harus menjalani gaya hidup seperti ini. Generasi Z dapat melakukan akses dengan cepat dan mudah, mulai dari e-study hingga e-commerce bisa mereka gunakan dengan handal.

  1. Gaya hidup serba instan

Kayak yang udah Minca jelaskan di point pertama, semua serba digital. Dari sekolah sampai belanja online. Karena hal tersebut, kelihatan banget kan Generasi Z ini cenderung apa-apa maunya yang gampang, yang instan, yang langsung jadi. Ga perlu effort banyak, tapi keinginan bisa tercapai. Ini sih bisa jadi poin positif, sekaligus bisa bawa dampak negatif. Positifnya itu Generasi Z jadi orang yang bisa berkreasi lebih luas dan bisa menggunakan waktu mereka dengan efektif. Tapi negatifnya adalah gaya hidup instan ini membuat mereka cenderung malas dan tidak mau berusaha lebih.

  1. Ambisius dan percaya diri

Era digital dan globalisasi seakan-akan memaksa setiap orang harus berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Karier dan pengembangan diri menjadi salah satu hal yang terpenting di masa ini, sekaligus juga menjadi cerminan sikap dari Generasi Z. Mereka tidak cepat puas dengan apa yang sudah mereka capai dan mereka ingin terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Kepercayaan diri yang dimiliki juga menjadi salah satu kunci untuk ajang pembuktian bahwa mereka adalah orang yang bisa dipercaya dan diandalkan.

  1. Pintar bersosialisasi

Dengan sosial media yang ada, bisa dikatakan membuat Generasi Z adalah orang-orang yang sosialita kan ya? Mereka sering menghabiskan waktu untuk bersosialisasi, lewat media sosial ataupun interaksi langsung. Menurut mereka, berinteraksi dengan orang lain dapat membuat mereka berekspresi dengan leluasa dan juga mengembangkan diri serta pemikiran mereka.

  1. Ingin pengakuan dari orang lain

Setiap orang pasti ingin diakui atau dipuji atas kerja keras mereka. Sama banget, Generasi Z juga seperti itu. Menurut beberapa ahli, Generasi Z cenderung ingin diberi pengakuanatas kerja keras, usaha, kompetensi, dalam bentuk reward. Reward dapat berupa, seperti pujian, hadiah, sertifikat, atau penghargaan lainnya. Mereka layak mendapatkannya karena kemampuan dan eksistensinya sebagai individu yang unik. Tapi dalam beberapa momen, kita tidak bisa terlalu memaksakan hal ini karena ga semua orang suka memuji orang lain dan ga semua orang ingin dipuji terus menerus.

Nah setelah melihat beberapa karakteristik Generasi Z, mana nih yang paling relatable sama kamu? Dari sini kamu juga bisa menilai mana nih kira-kira karakteristik yang harus dipertahankan, yang mana yang harus dikurangi. Semoga kamu, para Generasi Z bisa jadi generasi pembangun bangsa ke arah yang lebih baik ya! Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE  kami agar kamu terus update mengenai tips and trick, info kampus, beasiswa, dan masih banyak lainnya.

 

The post Kenal Dirimu Lebih Dalam Dengan Tahu Karakteristik Generasi Mu, Generasi Z! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR