SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Kamu Tertarik Jadi Product Analyst? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya!

Halo Sobat Campuspedia! Kamu tau gak sih orang di balik layar yang menjadi bagian krusial dalam pembuatan sebuah produk? Yap! Jawabannya adalah seorang product analyst. Seorang product analyst bertugas untuk memastikan keamanan peluncuran produk, melakukan riset pasar, meneliti strategi pemasaran, dan lainnya.  

Product Analyst

Seorang product analyst berperan penting untuk meneliti segmen pasar sasaran dan berhubungan dengan product manager untuk tujuan memastikan bahwa produk bisnis menawarkan sesuatu untuk setiap demografis.

Mengutip dari Cleverism, ketika sebuah bisnis meluncurkan produk baru tentu memerlukan adanya pemahaman konkret tentang proyeksi biaya produk tersebut, seperti biaya pengembangan, biaya penelitian, biaya pengembangan, biaya produksi, dan biaya pemasaran. Product analyst membuat representasi matematis dari semua faktor ini yang membantu direktur bisnis dalam memahami bagaimana dan kapan memperkenalkan produk ke pasar.

Baca Juga: Kupas Tuntas Seputar Human Resources

Tujuan dan Tanggung Jawab Product Analyst

  • Product analytics

Ini adalah peran pertama dan paling penting. Seorang analis produk bertanggung jawab atas pengembangan dan penyampaian manfaat nyata bagi konsumen melalui produk atau layanan bisnis yang mereka tawarkan. Selain itu, analis produk juga bertanggung jawab untuk mengukur dan memantau kinerja produk atau layanan.

  • Product Administration 

Sebagai anggota tim pemasaran dan strategi, seorang analis produk bertanggung jawab atas pengembangan dan proposal strategi produk secara keseluruhan, inovasi, presentasi proyeksi hasil pasar, serta pengembangan budaya produk.

  • Initiative

Seorang analis produk berkewajiban untuk berkontribusi pada lingkungan kerja tim manajemen produk yang mendorong kinerja produk. Analis produk secara positif memberi energi dan menantang anggota tim. Selain itu, seorang analis produk memastikan bahwa ada aliran komunikasi yang baik antara tim manajemen produk dengan pemasaran produk, serta komunikasi yang jelas tentang strategi keseluruhan kepada tim-tim ini. Analis produk memastikan hal ini dengan secara aktif berpartisipasi dalam rapat tim.

  • Product Simplification

Analis produk bertanggung jawab untuk merumuskan cara untuk mengemas dan memasarkan produk sedemikian rupa sehingga menjadi berbeda, menarik, mudah dijual, dan mudah dibeli.

  • Product Rationalization

Analis produk mengidentifikasi dan mengelola rasionalisasi produk bisnis yang sedang berlangsung untuk memastikan bahwa ada efisiensi dan efektivitas dalam manajemen produk.

  • Product Management Operations

Analis Produk memiliki kewajiban menanggapi secara tepat waktu semua permintaan dan pertanyaan mengenai informasi atau perubahan produk. Seorang analis produk juga melakukan analisis produk awal untuk menilai kebutuhan setiap perubahan yang diminta serta potensi dampaknya. Pada kapasitas ini, Analis Produk juga melakukan pemodelan keuangan pada produk atau layanan bisnis serta pasar sasaran untuk menghasilkan pemahaman tentang hubungan antara produk dan pasar sasaran. Selain itu, seorang analis produk juga membuat laporan dan rekomendasi kepada manajer produk dan manajer pemasaran produk untuk digunakan sebagai panduan dalam pengambilan keputusan tentang produk baru dan produk yang sudah ada.

  • Pricing and Development

Seorang analis produk bertanggung jawab untuk memantau pasar, aktivitas pesaing, serta setiap pergerakan harga dan membuat rekomendasi yang akan digunakan dalam pengambilan keputusan utama. Dalam fungsi ini, seorang analis produk biasanya akan bekerja sama dengan departemen lain seperti departemen TI dalam bisnis untuk meningkatkan efisiensi dalam mempengaruhi perubahan harga sesuai dengan perubahan pasar.

  • Customer/Market Intelligence 

Seorang analis produk berkewajiban untuk mendorong kecerdasan konsumen melalui pengembangan sumber data eksternal dan internal yang meningkatkan pemahaman bisnis tentang pasar produk, aktivitas pesaing, dan aktivitas konsumen. Ini adalah upaya untuk mendukung keputusan berbasis fakta yang mengarahkan upaya manajemen pemasaran produk bisnis. Dalam menjalankan peran ini, seorang analis produk mengembangkan atau mengadopsi alat penelitian, sumber, dan metode yang selanjutnya mendukung dan berkontribusi pada kecerdasan manajemen pemasaran produk bisnis.

  • Risk Management 

Dengan dukungan dari pemangku kepentingan internal dan eksternal, seorang analis produk memastikan bahwa ada kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan, dan etika yang relevan. Selain itu, seorang analis produk juga memastikan bahwa pihak ketiga mematuhi dan memahami semua proses dan kebijakan bisnis.

Kualifikasi yang Diperlukan Sebagai Product Analyst

  • Education

Seorang analis produk harus memiliki gelar di bidang bisnis, keuangan, atau setara dalam pengalaman fungsional.

  • Experience

Pengalaman kerja yang diperlukan untuk kompetensi dalam peran ini, antara lain pengalaman dalam analisis produk/analisis keuangan dan pengalaman dalam manajemen kinerja produk/keuangan.

  • Ms Office

Seorang analis produk harus sangat mahir dalam Microsoft Word, PowerPoint, dan Excel.

  • Creativity and Vision

Seorang analis produk harus memiliki keterampilan berpikir kreatif, visioner, dan kritis. Selain itu, ia juga harus memiliki keterampilan pemecahan masalah yang sangat baik.

  • Organizational Skills

Seorang analis produk harus memiliki keterampilan organisasi, manajemen waktu, berorientasi pada detail, dan dapat menangani banyak tugas secara bersamaan.

  • People Skills

Sangatlah penting bagi Seorang analis produk untuk memiliki people skill dan dapat bekerja secara mandiri serta kolaboratif dengan tim lintas fungsi. Seorang analis produk harus memiliki keterampilan yang sangat baik dalam komunikasi tertulis dan verbal.

  • Self-Motivated

Seorang analis produk harus termotivasi dan proaktif, terus-menerus mengambil inisiatif untuk mempelajari keterampilan dan alat penelitian pasar yang sedang berkembang yang akan meningkatkan efisiensinya dalam melaksanakan tugasnya.

Baca Juga: Gausah Minder! Perkembangan Karier Gak Selalu Ngarah ke Atas!

Kamu tertarik menjadi seorang product analyst? Atau tertarik daftar intern di bidang tersebut? Wah pas banget nih! Kamu bisa ikut online career class edisi “Intern Life as A Product Analyst” pada 17 Desember 2020 pukul 19.15-21.00 WIB bersama Gevalinda Putri Deniswara dari Associate Product Manager at KitaLulus. Yuk segera daftarkan dirimu DI SINI!

Di akhir kelas, peserta diharapkan dapat memahami:

  • Apa itu Product Analyst
  • Peran Product Analyst 
  • Tugas Product Analyst Intern
  • Product Analyst requirements
  • Cara mendaftar sebagai Product Analyst Intern

Garis besar yang akan dipelajari:

  • Definision of Product Analyst
  • The Role of Product Analyst
  • Jobdesc of Product Analyst Intern
  • Product Analyst Requirements
  • How to apply as an Intern for Product Analyst?
  • Life as a Product Analyst Intern for a day

Fasilitas yang akan didapat peserta: 

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam 
  • E-Sertifikat 
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari

Yuk segera daftar DI SINI!

The post Kamu Tertarik Jadi Product Analyst? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR