SEKILAS INFO
: - Senin, 25-01-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Kamu Hobi Desain Grafis? Ini Software yang Setidaknya Harus Dikuasai!

Halo Sobat Campuspedia! Belakangan ini, skill design graphic sedang marak-maraknya dipelajari oleh masyarakat luas. Nyatanya, memiliki skill design graphic memang salah satu basic skill yang sedang dicari. Hampir semua perusahaan ataupun startup pasti membuka lowongan untuk posisi designer. Karena seperti yang kita tahu, tampilan atau visualisasi yang diberikan oleh seseorang atau suatu hal akan menjadi salah satu yang paling memberi kesan pada orang lain. Misalnya logo, warna, akun sosial media, dan lain-lain. Oleh sebab itu, kini banyak perusahaan yang mencari seseorang dengan skill terbaik dalam bidang desain untuk berlomba-lomba saling memberikan tampilan yang menarik.

Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris

Disini Minca akan memberikan informasi mengenai software desain apa saja yang saat ini digunakan oleh graphic designer dan wajib kamu kuasai. Jadi buat kamu yang anak desain atau bukan anak desain tapi hobi desain, yuk simak informasinya!

1. Corel Draw

Sudah tidak asing lagi bukan dengan nama software desain ini? Sebelum mata pelajaran komputer dihilangkan, hampir semua sekolah menerapkan pembelajaran design dengan menggunakan Corel Draw. Dalam aplikasi Corel Draw ini, kamu bisa memulai desain dari hal terdasar. Aplikasi ini berbasis vector sehingga kamu yang jago gambar mungkin sangat bisa memanfaatkan aplikasi ini. Karena berbasis vector, kamu bisa dengan bebas menggambar dan membuat desain sesuai dengan keinginan kamu.

Umumnya, Corel Draw digunakan untuk membuat ilustrasi, poster, logo, dan lain-lain. Corel Draw ini juga bagus untuk mengkombinasikan antara teks dan gambar. Kekurangannya adalah Corel Draw kurang mendukung file yang berasal dari foto, sehingga untuk desainnya memang murni membuat sendiri di dalamnya. Biasanya beberapa perusahaan meminta designer-nya untuk setidaknya menguasai penggunaan Corel Draw.

Baca juga: Gratis! Ini Dia 7 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Bahasa Asing Tanpa Kursus!

2. Adobe Illustrator

Kalau aplikasi ini, sepertinya juga pada nggak asing. Kini semua orang berlomba-lomba mempelajari Adobe Illustrator, kenapa tuh? Adobe Illustrator penggunaannya hampir mirip dengan Corel Draw. Adobe Illustrator juga memiliki basis vektor sehingga penggunanya dapat membuat dan mendesain gambar buatan sendiri. Yang menjadi point plus dari Adobe Illustrator jika dibandingkan dengan Corel Draw adalah, AI mendukung file berbasis foto. Sehingga mudah untuk mengkombinasikan antara teks, vektor, dan foto di dalamnya. Hanya saja tampilannya memang terlihat lebih kompleks dan rumit.

Adobe Illustrator dapat digunakan untuk membuat logo, poster, banner, infografis, dan lain-lain. Kini hampir semua instansi atau organisasi menggunakan file Adobe Illustrator sebagai standar template desain mereka. Sehingga bagi kamu yang sudah menguasai aplikasi ini, good job! Tetapi buat kamu yang belum fasih banget, yuk coba mempelajari!

3. Adobe Photoshop

Kalau yang ini pasti sudah sering banget didengar, bukan? Yup, Adobe Photoshop memang sudah menjadi andalan kebanyakan desainer sejak lama. Fiturnya sama-sama terlihat kompleks seperti Adobe Illustrator, tapi kalau menurut Minca justru fitur dan tools yang dipakai di Adobe Photoshop ini lebih gampang. Pada aplikasi ini pengguna akan sangat dimudahkan dalam melakukan editing foto maupun illustrasi. Pengguna juga dapat mengimport file dalam format png yang transparan tanpa harus diedit kembali. Sehingga jika dilihat dan dibandingkan dari Adobe Illustrator, Photoshop memang lebih mudah diaplikasikan karena tidak harus menggambar sendiri ilustrasinya.

Adobe Photoshop biasanya digunakan untuk membuat poster, banner, dan juga animasi. Yang membedakan dari AI dan PS adalah, Photoshop dapat digunakan untuk membuat animasi ringan seperti GIF.

4. Canva

Yang terakhir, Canva! Hampir semua orang juga sepertinya sudah mengenal dan mengetahui mengenai aplikasi Canva ini. Aplikasi ini dapat digunakan di laptop maupun di handphone, itulah mengapa banyak orang yang mulai menggunakan aplikasi ini. Kini banyak perusahaan yang beralih ke Canva karena bisa diakses secara online oleh banyak orang, dan dapat menyediakan template yang apabila ingin digunakan tinggal diedit saja. Penggunaannya hampir sama seperti photoshop, tetapi tools dan fitur yang diberikan tidak kompleks. User Interface dari aplikasi Canva ini juga sangat user friendly sehingga mudah untuk dipelajari.

Baca juga: Gimana Cara Scan Ubah Gambar Jadi Teks? 5 Aplikasi Scanner Ini Jawabannya!

Sepertinya itu saja informasi yang dapat Minca berikan. Kalo kamu ngaku jago atau hobi desain, jangan lupa pelajarin software-software di atas, ya! Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

The post Kamu Hobi Desain Grafis? Ini Software yang Setidaknya Harus Dikuasai! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR