Info Kampus
Minggu, 24 Okt 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Kampus Merdeka Pejuang Muda Diluncurkan, Ini Syarat dan Cara Daftar

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Kemensos (Kementerian Sosial) berkolaborasi dengan Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi) dalam peluncuran Program Kampus Merdeka Pejuang Muda kemarin (17/9/2021) melalui pertemuan virtual. Melansir dari halaman Kompas, Mensos Tri Rismaharini mengatakan bahwa latar belakang program ini adalah karena adanya keluhan atas data kemiskinan atau DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang datang dari berbagai pihak.

Risma juga menyebutkan jika pihaknya lah yang mengajak perguruan tinggi untuk bergabung dalam program perbaikan data ini melalui Kampus Merdeka milik Kemendikbud. Lalu, sebenarnya seperti apa Program Kampus Merdeka Pejuang Muda terbaru ini? Berikut ulasan lengkap beserta syarat dan cara daftarnya.

Program Kampus Merdeka Pejuang Muda

Kampus Merdeka Pejuang Muda yang digagas oleh Kemensos ini mirip dengan program Kampus Merdeka milik Kemendikbud yang mengonversi 20 sks selama satu semester. Nantinya, mahasiswa akan terjun langsung ke wilayah Indonesia yang butuh bantuan. Kemudian, mahasiswa akan mengidentifikasi dan memetakan masalah kemiskinan yang terjadi di wilayah tersebut. Setelah itu, bersama Kemensos mahasiswa akan merancang program yang paling tepat untuk daerah yang dipilih. Mahasiswa juga akan merancang digital campaign sebagai bentuk dukungan program sosial yang sedang dilakukan. 

Dalam program ini mahasiswa akan memperoleh dana, yaitu dana operasional, transportasi, biaya proyek sosial serta dana pertemuan. Lokasi pelaksanaan program juga akan tersebar di daerah pasca bencana, daerah kantong kemiskinan, dan komunitas adat terpencil. Tahap pertama Program Kampus Merdeka Pejuang Muda ini akan dilaksanakan di 514 kabupaten/kota dengan 10 titik pelaksanaan di setiap kabupaten/kota. Selain itu, terdapat empat kategori untuk program ini, yaitu pengembangan program bantuan sosial, pemberdayaan fakir miskin dan lansia, pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan, serta fasilitas kepentingan umum. 

Persyaratan Daftar

Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung dalam program teranyar Kemensos dan Kemendikbud ini, berikut persyaratan lengkap dilansir dari laman resmi Pejuang Muda:

1. Mahasiswa jenjang S1 atau pendidikan vokasi jurusan kesehatan masyarakat, kedokteran, komunikasi, manajemen, sosial, teknik industri, teknik sipil, arsitektur, lingkungan, teknik informatika, dan jurusan sosial atau eksakta lainnya

2. Mahasiswa aktif minimal sedang ada di semester 5

3. Memiliki minimal IPK 2.75

4. Mempunyai pengalaman organisasi baik di dalam atau luar kampus

5. Mempunyai kemampuan kerja sama dan komunikasi baik

6. Berkomitmen mengikuti dan menyelesaikan Program Kampus Merdeka Pejuang Muda hingga akhir

7. Bersedia mengikuti rangkaian kegiatan secara offline dan online

8. Sedang tidak terikat program sejenis dengan lembaga atau instansi lain

Cara Mendaftar

1. Lakukan pendaftaran secara online melalui website pejuangmuda.kemensos.go.id

2. Mengupload berkas dokumen berikut:

  • Transkrip nilai terakhir
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Essay mengenai Social Entrepreneurship

Tahap Seleksi

Setelah mendaftar, kamu akan melewati beberapa tahapan seleksi sebagai berikut:

1. Seleksi administratif sebagai tahap penilaian kelengkapan dan kesesuaian dokumen calon peserta dan kualitas esai yang ditulis

2. Seleksi tertulis

3. Interview oleh panelis

Untuk pendaftaran program ini dibuka mulai 18 September – 30 September 2021

Tunggu apa lagi Campuspedia Friends? Segera daftar dan bergabung bersama mahasiswa lain dari seluruh Indonesia dalam Program Kampus Merdeka Pejuang Muda. Untuk info lebih lengkapnya kamu bisa akses website resmi Pejuang Muda disini

Baca juga: INTEGRITY Law Firm Buka Program Beasiswa Hukum, Daftar Yuk!

Baca juga: Segera Daftar LingoTalk Next Top Scholar Senilai Puluhan Juta!

The post Kampus Merdeka Pejuang Muda Diluncurkan, Ini Syarat dan Cara Daftar appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar