SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Kabar Baik! UGM akan Menerima 9 Ribu Mahasiswa Baru di Tahun 2021

Hallo Campuspedia Friends! Tidak terasa kalau kamu yang kelas 3 SMA akan segera melanjutkan ke jenjang kuliah. Udah persiapan belum nih mengikuti jalur seleksinya? Buat kamu pejuang UGM, ada kabar baik lho kalau UGM akan menerima 9 ribu mahasiswa pada penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UGM Jagal Wisesa Marseno mengatakan, kalau tahun ini akan ada kebijakan baru mengenai persentase daya tampung di penerimaan mahasiswa baru UGM. Pertama untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mendapat kuota sebesar 25% dari total daya tampung UGM.

Baca juga : Inspiratif! 5 YouTuber Ini Menginspirasi Anak Muda Lewat Dunia Pendidikan

Lalu untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) itu akan menerima mahasiswa baru dengan kuota sebanyak 35%. Serta untuk jalur ketiga yakni jalur mandiri atau UTUL UGM akan mendapat kuota sebanyak 40% dari daya tampungnya.

“Total keseluruhan dengan sekolah vokasi D4 atau S1 terapan kami kurang lebih ada 9 ribuan mahasiswa baru nanti,” kata Jagal pada #UGMUpdate Bincang Seputar SNMPTN-SBMPTN secara daring, Selasa (26/1).

Jagal mengatakan, untuk SNMPTN jika kuota daya tampungnya 25% maka kampus yang berpusat di Di Yogyakarta akan menerima sekitar 2 ribuan mahasiswa. Dia menerangkan, tim seleksi mahasiswa baru di UGM nanti akan menyeleksi calon mahasiswa baru jalur SNMPTN dengan mempertimbangkan prestasi sekolah, prestasi lulusan sekolah tersebut di UGM dan juga bila ada portofolio.

Gak hanya itu, Jagal juga menjelaskan, jika ada siswa yang berasal dari provinsi yang sama atau bahkan dari sekolah yang sama maka akan dirangking dari prestasi rapor selama semester 1-5. Maka pertimbangannya cukup banyak untuk (menjadi) mahasiswa UGM.

Seperti yang kita ketahui, UGM merupakan salah satu top favorite university bagi calon mahasiswa di Indonesia. Sebagai kampus pertama di Indonesia, UGM memiliki reputasi yang cukup tinggi bagi kalangan kamu ataupun calon mertua. Gak heran kalau di tahun 2020, UGM sempat memuncaki peringkat pertama sebagai Universitas paling diminati di SBMPTN 2020.

Baca juga : Kreatif! Ospek Kampus ITS Tantang Mahasiswa Baru “Bangun ITS” Lewat Minecraft!

Jadi kamu para pejuang mahasiswa UGM 2021, mumpung dikasih kesempatan karena adanya perubahan persentase kuota. Bukankah ini bisa menjadi kesempatan buat kamu?

Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Kabar Baik! UGM akan Menerima 9 Ribu Mahasiswa Baru di Tahun 2021 appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR