SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Jurusan Tanpa Mata Kuliah Matematika Bagi Kamu yang Bosen Ketemu Angka!

Hai Sobat Campuspedia! Bagaimana hari-hari mu? Semoga menyenangkan ya! Pada kesempatan kali ini, Minca mau membahas sesuatu yang bisa dibilang relatable sama beberapa orang di dunia. Ya info ini lebih Minca khususkan buat calon mahasiswa baru. Sebelum ada kalimat penyesalan seperti “Kayaknya aku salah jurusan deh”, lebih baik kita cari tahu sebanyak-banyaknya informasi agar tidak menyesal nantinya. Minca tahu nih, kayaknya banyak banget yang udah muak sama angka-angka yang suka bikin pusing. Dari mulai TK, SD, SMP, sampai SMA, ketemu dia mulu. Kalo gitu Minca kasih tahu deh 10 jurusan tanpa mata kuliah matematika!

Baca Juga: Info LTMPT: List SMA/SMK/MA Terbaik Berdasarkan Nilai UTBK 2020

  1. Sastra

Pertama adalah sastra. Pilihan jurusan sastra tuh banyak banget ya. mulai dari Sastra Indonesia, Inggris, Jepang, Korea, dan masih banyak lainnya. Di sastra tuh kamu belajar apa aja sih? Materi yang akan dipelajari kurang lebih membahas film dan sastra, pengkajian cerita, bahasa asing, multikulturalisme, literatur, dan sebagainya. Jadi peluang kamu ketemu angka di jurusan ini kayaknya kecil banget deh. Yang ada malah kamu ketemu tulisan mulu tiap hari.

  1. Desain

Jurusan desain lagi booming dan banyak peminat ya akhir-akhir ini. Desain itu luas banget loh cakupannya, ada desain grafis (DKV), desain interior, desain produk, fashion desain, dan lain-lain. Karena namanya desain, maka jurusan ini identik sama yang namanya menggambar. Tapi ternyata, desain itu ga melulu cuma soal menggambar ya. Mata kuliah yang akan kamu ampuh nantinya akan disesuaikan dengan jurusan desain yang kamu ambil.

  1. Kriminologi

Kriminologi adalah jurusan yang asik banget buat kamu yang punya jiwa sosial yang tinggi. Di jurusan ini kamu bakal mendapatkan banyak banget cabang ilmu, seperti ilmu hukum, sosiologi, psikologi, politik, dan jurnalistik. Dalam kriminologi kamu akan lebih berfokus untuk menganalisis faktor penyebab terjadinya sebuah kriminalitas.

  1. Ilmu Hukum

Dalam ilmu hukum, beberapa materi yang akan kamu pelajari adalah perundang-undangan seperti, konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, dan hukum tata pidana. Hal yang dibutuhkan untuk menjadi anak hukum adalah kemampuan analisis yang baik. Dan juga jarang banget sih Minca dengar kalau ada hitung-hitungan yang rumit di jurusan ini.

  1. Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional unik juga nih. Disini kamu akan belajar untuk memahami penyebab perang dan perdamaian dalam konteks politik internasional. Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari interaksi ngegara dalam sistem global, mempelajari interaksi negara, swasta, lembaga antar pemerintah atau non pemerintah, dalam konteks global. Hmmm mirip-mirip ilmu hukum, tapi versi internasionalnya guys.

  1. Ilmu Sejarah

Namanya ilmu sejarah, pasti belajarnya juga tentang sejarah ya. di jurusan ini kamu kan diajak untuk mempelajari peristiwa yang terjadi mulai dari zaman kuno seperti Mesir, Yunani, India, hingga sampai zaman modern di era abad dua puluh keatas. Apabila kamu punya daya mengingat dan daya analisis yang baik, mungkin jurusan ilmu sejarah bisa jadi salah satu pilihan kamu.

  1. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu komunikasi akan mengajarkan kamu bagaimana proses komunikasi atau penyampaian pesan bisa menjadi lebih efektif dan efisien. Mata kuliah umum yang kamu dapatkan adalah pengantar ilmu komunikasi, komunikasi massa, psikologi komunikasi, dan sosiologi komunikasi. Spesialnya jurusan ini adalah kamu bisa mengambil spesifikasi dari jurusan ini, seperti public relation, jurnalistik, manajemen komunikasi, periklanan, atau marketing communication.

  1. Pendidikan Bahasa

Buat kamu yang memiliki passion untuk berkutat dalam dunia pendidikan, jurusan pendidikan bisa menjadi pilihan kamu. Ada beberapa bidang yang bisa kamu ambil, seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bimbingan Konseling, Manajemen Pendidikan, Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, dan Ilmu Perpustakaan.  Cocok nih kalau kamu nyari jurusan tanpa matematika.

  1. Sosiologi

Program studi sosiologi mempelajari interaksi yang terjadi antara orang terhadap orang lainnya, bagaimana melihat pengaruhnya terhadap struktur sosial masyarakat. Ada beberapa ilmu turunan dari sosiologi yang bisa kamu ambil juga. Contohnya sosiologi industry, sosiologi lingkungan, sosiologi pembangunan, sosiologi ekonomi, sosiologi gender, dan lainnya.

  1. Sendrastik

Jurusan sendrastik atau kepanjangannya Seni, Drama, Tari, dan Musik merupakan sebuah jurusan yang berfokus pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Nanti kamu akan mengkaji dan meneliti kegiatan penciptaan karya seni. Jurusan sendrastik dibagi menjadi dua, program studi seni tari dan program studi seni musik.

Baca Juga: Jurusan Soshum Sepi Peminat, Tapi Punya Prospeknya yang Menggiurkan!

Ternyata banyak juga ya jurusan tanpa matematika. Walau begitu, mungkin saja kamu akan tetap menghitung sesuatu semasa kuliah. Tapi tenang, hitungannya tidak akan ruwet kok. Makanya nih buat calon-calon mahasiswa harus sering membaca mengenai informasi jurusan sebelum akhirnya kamu memutuskan dalam mengambil salah satunya. Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE  kami agar kamu terus update mengenai tips and trick, info kampus, beasiswa, dan masih banyak lainnya.

The post Jurusan Tanpa Mata Kuliah Matematika Bagi Kamu yang Bosen Ketemu Angka! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR