SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Jurusan SAINTEK Paling Ketat di SNMPTN 2020

Halo Sobat Campuspedia! Buat kelas 12, siapa nih yang lagi sibuk-sibuk cari informasi buat SNMPTN? Sebentar lagi loh guys, biasanya mulai dari awal tahun Januari gitu, uda mulai tuh daftar, masukin berkas dan lain-lainnya. Nah masih ada kurang lebih 2 bulan lah ya, udah tahu belum mau ambil jurusan apa dan PTN mana? Untuk yang masih bingung, Minca kasih beberapa informasi khusus kamu yang mau ambil Saintek ya. Menurut data yang dilansir dari LTMPT 2020, ada beberapa jurusan Saintek yang banyak peminat a.k.a Jurusan Saintek paling ketat di SNMPTN 2020.

  1. Teknik Informatika Universitas Padjajaran (1,20%)
  2. Farmasi Universitas Diponegoro (1,26%)
  3. Farmasi Universitas Sebelas Maret (1,38%)
  4. Farmasi Universitas Syiah Kuala (1,61%)
  5. Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro (1,73%)
  6. Teknik Informatika Universitas Hassanuddin (1,80%)
  7. Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (1,85%)
  8. Farmasi Universitas Padjajaran (1,88%)
  9. Teknik Informatika Universitas Negeri Malang (1,88%)
  10. Farmasi Universitas Jenderal Soedirman (1,89%)

Semakin kecil persentasenya, maka tingkat kesulitannya semakin tinggi. Daya tampung dangan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar itu sangat berbanding terbalik.

Nah setelah kamu sudah tahu apa saja yang ingin kamu ambil, coba yuk cek dulu persyaratan umum untuk mengikuti SNMPTN.

Persyaratan sekolah:
  • SMA/SMK/MA mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Ketentuan akreditasi sekolah: akreditasi A (40% terbaik di sekolahnya), akreditasi B (25% terbaik di sekolahnya), akreditasi C (5% terbaik di sekolahnya)
  • Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
  • Pemeringkatan dilakukan dengan rata-rata mata pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi.
Tips memilih Jurusan SNMPTN
  • Hindari lintas jurusan di SNMPTN
  • Pahami indikator penilaian SNMPTN 2021
  • Pelajari detail jurusan yang ingin kamu pilih
  • Perhatikan pilihan SNMPTN teman-teman satu angkatan di sekolah kamu
  • Cari tahu mengenai sejarah SNMPTN di sekolah kamu sendiri

Nah kenapa sih penting untuk kamu tahu pilihan SNMPTN teman-teman mu? Biasanya apabila dalam satu sekolah, satu angkatan, ada yang mengambil jurusan dan kampus yang sama, maka hanya aka nada satu anak saja yang diterima. Makanya kalau kamu melakukan hal ini, sering diistilahkan kamu sikut-sikutan sama teman mu. Terbukti, jarang banget kan dalam satu periode SNMPTN ada lebih dari 1 anak dari sekolah yang sama, yang lulus di jurusan dan kampus yang sama.

Lalu topik kedua yang Minca mau bahas adalah penting banget kamu tahu sejarah kating-kating kamu. Dulunya mereka SNMPTN ambil apa, apakah diambil atau tidak, itu semua faktor yang sangat berpengaruh. Kenapa kok berpengaruh? Karena pihak LTMPT itu mendata setiap anak yang mendaftar, dan mereka juga memiliki data apakah anak tersebut mengambil pilihannya atau tidak. Apabila ada kating kamu yang sudah keterima SNMPTN dan ternyata ditolak, maka kemungkinan besar sekolah kamu akan diblacklist. Kalau sudah diblacklist, tentunya kamu tidak akan bisa diterima dari jalur SNMPTN. Apabila ada kasus blacklist dan memang kamu ingin sekali masuk jurusan dan kampus tersebut, kamu harus siap-siap untuk belajar UTBK ya.

Baca Juga: Ambis UTBK 2021 Sejak Dini, Simak Tips dan Trick Ini Agar Hasil Mu Bisa Maksimal!

Sekian informasi yang bisa Minca kasih untuk kamu para pejuang PTN 2021! Beberapa jurusan Saintek paling ketat di SNMPTN 2020 itu hanya sebagai acuan untuk kamu belajar ya, jangan jadikan itu patokan dari kesuksesan kamu nanti. Yuk semangat terus untuk belajar, karena tentunya kamu tidak bisa mengharapkan sepenuhnya kepada SNMPTN ya. kamu harus berjuang juga untuk UBTK. Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE  kami agar kamu terus update mengenai tips and trick, info kampus, beasiswa, dan masih banyak lainnya.

 

The post Jurusan SAINTEK Paling Ketat di SNMPTN 2020 appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR