SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Kamu, Para Pecinta Hewan!

Halo Sobat Campuspedia! Siapa nih disini yang merupakan seorang animal lovers? Kamu yang pengen banget bisa punya hewan peliharaan atau kamu yang uda punya hewan peliharaan tapi pengen hidup berdekatan terus sama hewan. Minca punya solusi buat kamu-kamu yang pengen banget punya hewan peliharaan tapi terhalang orangtua atau hal lainnya. Solusinya adalah kamu mengambil jurusan kuliah yang berhubungan sama hewan. Jadi ini pasti cocok banget untuk kamu, jurusan kuliah pecinta hewan. Langsung dicek aja yok!

Baca Juga: Jurusan Tanpa Mata Kuliah Matematika Bagi Kamu yang Bosen Ketemu Angka!

  1. Kedokteran Hewan

Daripada ngomongin Kedokteran Umum atau Kedokteran Gigi mulu, skuy bahas Kedokteran Hewan! Fakultas Kedokteran Hewan itu fakultas yang ga kalah keren dibandingin fakultas lain. Namanya aja uda dokter hewan, pasti relate banget sama hewan-hewan yang unyu. Tenang aja, di Kedokteran Hewan kamu akan mempelajari berbagai hal, mulai dari hewan peliharaan, hewan ternak, sampai hewan liar. Materi yang diajarkan mirip dengan Kedokteran Umum, yaitu anatomi, fisiologi, dan siklus hidup. Tapi walaupun mirip, ingat ya, di Kedokteran Hewan kamu mempelajari semua tentang hewan.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu tempuh di Kedokteran hewan adalah
  • anatomi veteriner,
  • histologi veteriner,
  • fisiologi,
  • parasitologi veteriner,
  • anatomi topografi,
  • teknik formulasi ransum dan sistim informasi pakan,
  • ilmu kesehatan masyarakat,
  • patologi umum,
  • ilmu penyakit dalam,
  • ilmu bedah khusus,
  • biokimia umum,
  • mikrobiologi medis,
  • imunologi medis,
  • farmakologi,
  • penyakit infeksius,
  • diagnositik klinik veteriner.

Prospek kerja Kedokteran Hewan yang utama pasti menjadi seorang dokter hewan. Namun, tenang dulu karena selain dokter hewan, banyak banget pilihan yang bisa kamu ambil. Kamu bisa bekerja di lembaga penelitian, pusat karantina hewan, atau industry makanan. Kealihan dokter hewan tidak hanya dibutuhkan dalam praktek klinik biasa, tapi kamu juga bisa dibutuhkan oleh kepolisian atau militer.

  1. Peternakan

Sesuai dengan namanya, Fakultas Peternakan mempelajari ilmu tentang hewan, khususnya hewan ternak, yang bisa diolah dalam skala industri. Secara umum, kamu akan belajar bagaimana produksi ternak yang baik, perkembanhan hewan ternak dan pengelolaannya, penanganan makanan ternak, mengatur kecukupan nutrisi dari hulu sampai hilir, dan bagaimana mengelola hasil ternak agar memiliki nilai tambah. Di Indonesia, Fakultas Peternakan memiliki banyak spesialisasi dan dibagi dalam berbagai jurusan yang tersebar di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Ayo kita lihat, ada jurusan apa aja sih?
  1. Penyuluhan peternakan
  2. Nutrisi makanan ternak
  3. Produksi ternak
  4. Sosial ekonomi peternakan
  5. Teknologi hasil ternak
  6. Agribisnis peternakan
  7. Budidaya ternak
  8. Manajemen usaha peternakan
  9. Teknologi dan manajemen ternak

Wah cukup banyak variasi yang ditawarkan sama Fakultas Peternakan. Nah tiap jurusan ini pasti memiliki ciri khas masing-masing, dan tentunya matei yang akan kamu pelajari akan berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk prospek kerja yang ditawarkan juga ga kalah menarik loh. Bahkan kamu bisa menjadi orang yang membuka lapangan pekerjaan, ya kamu jadi ga perlu bergantung sama orang lain. Kamu bisa bekerja di industri makanan, atau bisa juga bekerja di bagian pengendalian mutu produk dan kesehatan, peternak, peneliti bioteknologi, dosen, entrepreneur, dan masih banyak lainnya.

  1. Perikanan dan Ilmu Kelautan

Karena Indonesia merupakan negara maritim, maka Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menjadi salah satu fakultas yang unik di Indonesia. Indonesia kaya akan hasil alam, termasuk hasil dari kelautan. Otomatis kita harus mengoptimalisasi dan mengembangkannya agar dapat bermanfaat. Oleh karena itu, munculah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.  Ternyata, fakultas ini memiliki pembagian program studinya yang dibagi menjadi beberapa bagian besar.

Yuk lihat, jurusan yang ada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan!
  1. Sumberdaya akuatik
  2. Akuakultur
  3. Perikanan tangkap
  4. Ilmu kelautan
  5. Teknologi hasil perikanan
  6. Oseanografi
  7. Budidaya perairan
  8. Teknologi hasil perairan
  9. Manajemen sumberdaya periairan
  10. Pemanfaatan sumberdaya perikanan

Dari jurusan diatas, kita bisa lihat bahwa spesifikasi jurusan yang ditawarkan sangat beragam. Buat kamu yang cari jurusan kuliah pecinta hewan, bisa juga nih ambil yang berhubungan sama perikanannya. Lapangan pekerjaan yang bisa kamu ambil juga banyak loh. Kamu bisa menjadi akademisi, teknisi konservasi lingkungan, peternak, manajer akuakultural, teknik kelautan, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Mau Jadi Dokter Harus Tidur Bareng Mayat? Simak Dulu Mitos Fakta Kedokteran!

Sekian dulu  informasi yang bisa Minca bagikan mengenai jurusan kuliah pecinta hewan! Kalau dikulik satu-persatu, banyak banget kan pilihan jurusan kuliah yang bisa kamu ambil. Pastikan setiap pilihan kamu itu didasari oleh passion dan keinginan yang kuat ya. Biar nantinya kamu bisa terus semangat dan kuat menjalani setiap perkuliahan sampai selesai. Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE  kami agar kamu terus update mengenai tips and trick, info kampus, beasiswa, dan masih banyak lainnya.

The post Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Kamu, Para Pecinta Hewan! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR