SEKILAS INFO
: - Senin, 25-01-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Jangan Salah! Kenali Perbedaan CV, Resume, dan Portofolio 

Perbedaan CV, Resume, dan Portofolio – Dalam dunia kerja saat ini banyak perusahaan yang menggunakan CV, resume, atau portofolio sebagai syarat dalam seleksi pemberkasan. Bahkan, ketika mendaftar magang atau organisasi saja, penyeleksi sudah memberikan syarat semacam itu. 

Dari ketiga istilah tersebut, mana yang populer di telingamu? Nah jangan kira ketiganya merupakan berkas administrasi yang sana. Kamu perlu mengenali perbedaan CV, resume, dan portofolio. Berikut ini penjelasannya! 

Sebelum Mengenal Perbedaan CV, Resume, dan Portofolio, Kenali Dahulu Istilahnya 

Meski sama-sama berkas administrasi, isi dan cara penyusunan ketiga istilah tersebut berbeda lho! Yuk kenali terlebih dahulu ketiganya. 

Apa Itu CV? 

CV atau Curriculum Vitae adalah berkas administrasi yang biasanya digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan. CV dapat diartikan sebagai daftar riwayat hidup beserta perjalanan karier seseorang. 

Konten yang dituliskan dalam CV biasanya memberi gambaran rinci baik tentang kualifikasi, pengalaman, maupun prestasi. Selain menambahkan informasi pribadi, CV juga mesti disusun dengan runtut agar penyeleksi mampu memahami dirimu.  

Baca juga: Tips Lolos Seleksi Berkas: Kamu Wajib Tahu Ini Saat Membuat CV!

Apa Itu Resume? 

Jika perjalanan hidup dan karier diceritakan melalui CV, resume adalah dokumen yang berisi ringkasan informasi dalam CV. Resume bisa disebut sebagai gambaran atau iklan singkat tentang dirimu. 

Jika CV berisi riwayat hidup secara runtut, isi resume bisa fleksibel. Artinya, kamu bisa menyesuaikan isi resume dengan pekerjaan yang kamu lamar. Hal ini juga bertujuan agar kualifikasi dirimu sesuai dengan lowongan pekerjaan yang kamu tuju. 

Baca juga: Raih Cita Bersama Beasiswa SejutaCita, Sudah Dibuka Pendaftarannya GRATIS!

Apa Itu Portofolio? 

Portofolio merupakan dokumen yang bisa membuktikan segala prestasi dan perjalanan kariermu. Ketika kamu menulis banyak prestasi dalam CV atau resume, segala dokumentasi ini dibuktikan melalui portofolio. 

Dalam portofolio, si penyeleksi bisa menilai karakter kamu. Sebab, dalam CV kamu tidak perlu mengisi lengkap sehingga sesuai kreasimu akan menuliskan apa. Namun, portofolio ini memiliki pengaruh yang besar ya guys! 

Perbedaan CV, Resume, dan Portofolio 

Setelah sekilas menyimak pengertian ketiga istilah tersebut, apa perbedaan yang dapat kamu simpulkan? Jika dirangkum, ketiganya memiliki perbedaan sebagai berikut. 

1. Panjang Berkas dan Kelengkapan Isi 

CV biasanya ditulis dalam dua halaman atau lebih. Sementara itu, resume hanya berisikan satu halaman sehingga lebih ringkas dari CV. Adapun portofolio tidak memiliki batasan jumlah halaman karena berkas yang satu ini bebas dikreasikan. 

2. Perbedaan CV, Resume, dan Portofolio Ditinjau dari Segi Kontennya 

Konten CV berisikan informasi mengenai riwayat hidup secara lengkap. Biasanya CV ini ditujukan tanpa memandang apakah berkas CV digunakan untuk melamar pekerjaan tertentu atau tidak. Sebaliknya, resume ditujukan khusus untuk melengkapi berkas pada posisi bidang pekerjaan tertentu. 

Sementara untuk portofolio juga berguna membuktikan informasi yang tertera dalam resume adalah informasi yang benar. Alhasil konten portofolio juga disesuaikan dengan bidang kerja yang dipilih. 

3. Berdasarkan Tujuan Penggunaan 

Nah kalau dilihat dari tujuannya, sebenarnya resume memang berguna untuk melamar pekerjaan saja. Namun, untuk berkas CV bisa digunakan untuk kepentingan lain, seperti mendaftar organisasi atau pendidikan lanjutan. 

Sementara portofolio biasanya digunakan sebagai dokumen pelengkap untuk mendukung segala informasi yang kamu tuangkan dalam CV atau resume. Dengan begitu dapat disebut portofolio selalu mengikuti bidang keahlianmu. 

Baca juga: 6 Pertanyaan Klise yang Biasa Ditanyakan di Interview Organisasi

4. Berdasarkan Sifatnya, Berikut Perbedaan CV, Resume, dan Portofolio 

Perbedaan CV, resume dan portofolio yang tak kalah penting adalah ditinjau dari sifatnya. CV bisa membuatmu menargetkan cukup banyak posisi. Dengan kata lain, CV ini sifatnya lebih umum. 

Sementara itu, resume dan portofolio memiliki sifat khusus, ditujukan untuk melamar pekerjaan tertentu saja. Jika kamu belum memiliki resume pada suatu bidang, kamu harus membuat resume untuk melamar dalam bidang yang berbeda.  

5. Berdasarkan Sesuatu yang Digambarkan 

Jika CV dan resume, kedua dokumen ini hanya menggambarkan pengalaman dan latar belakangmu. Ketika kamu menyantumkan riwayat pendidikan, perekrut dengan mudah mengetahui gambaran diri dan wawasan yang kamu miliki. 

Namun, mereka lebih terkesima ketika kamu menyajikan portofolio yang menggambarkan potensi dan keahlianmu. Meskipun kamu tidak memiliki background yang relevan, tetapi ketika melihat kamu kompeten, penyeleksi pasti akan memilihmu. 

Baca juga: Pengen Magang? Simak 12 Website Magang Terpercaya Berikut Ini

Nah di sinilah bedanya, CV resume hanya menginformasikan. Sementara portofolio berperan dalam menunjukkan kompetensimu yang sebenarnya.  

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan ketiga dokumen itu, semestinya kamu penuhi apa yang menjadi syarat penyeleksian berkas. Susunlah dokumen itu dengan sebaik mungkin agar kamu dapat diterima dalam bidang kerja yang kamu inginkan. 

Eits, agar pengetahuanmu lengkap, yuk simak informasi menarik lainnya dari campuspedia melalui  instagramfacebooktwitterlineYouTube, dan LinkedIn

 

 

 

 

 

The post Jangan Salah! Kenali Perbedaan CV, Resume, dan Portofolio  appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR