SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Jangan Minder Dulu! Ini 7 Kelebihan Fresh Graduate Dimata Perusahaan

Hai Campuspedia-friends!—Siapa nih yang baru saja lulus dan menyandang gelar sarjana atau fresh graduate? Kamu sedang menyiapkan CV dan segala keperluan untuk terjun ke dunia kerja dan mengejar perusahaan impian? Dan tak bisa dipungkiri pula, kalau dunia kerja itu cukup kompleks ya C-friends.

Eits, tapi kamu jangan minder dulu! Jangan merasa karena kamu baru lulus, para fresh graduate, jadinya kamu merasa tidak siap untuk bersaing memperjuangkan pekerjaan dan perusahaan impian kamu.

Padahal nih, dari mata perusahaan dan HRD, fresh graduate punya kelebihan dan keunggulan tersendiri loh! Dan dapat menjadikannya sebagai pertimbangan untuk memilih kamu fresh graduate dibanding kandidat lain.

Kira-kira kelebihan apa saja yang dimiliki fresh graduate ya? Yuk langsung kita bahas!

Baca juga: Enaknya Lanjut S2 Atau Kerja Dulu? Ini 5 Pertimbangannya!

7 Kelebihan Fresh Graduate Dimata Perusahaan

Semangat Belajar Tinggi

Seorang fresh graduate akan merasakan berbagai perbedaan antara perkuliahan dan dunia kerja, mulai dari team work, lingkungan kerja, hingga implementsi teori. Maka dari itu, biasanya fresh graduate punya semangat dan keinginan belajar yang tinggi karena banyak hal baru yang ditemu.

Selain itu, untuk menjawab kehausan atas keingintahuan mereka, fresh graduate yang masih dianggap ‘hijau’ akan cenderung banyak bertanya. Hal tersebut berguna untuk menyerap segala informasi baru dengan baik.

Menyerap semua informasi baik dari atasan maupun rekan kerja lalu mempelajari serta menerapkannya, itulah yang akan membuat fresh graduate berkembang.

Mudah “Dibentuk”

Bagi HRD terlebih lagi User, seorang fresh graduate yang belum pernah bekerja di perusahan manapun akan dianggap lebih unggul. Sebab, mereka akan lebih mudah “dibentuk” menjadi seorang pegawai yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga akan mengajarkan idealisme atau bisa juga kultur perusahaan yang dianut. Jadi, dengan fresh graduate, baik atasan maupun rekan kerja merasa akan lebih mudah bekerja sama karena telah “dibentuk” dan punya tujuan yang sama.

Loyal

Istilah “kutu loncat” bagi para pekerja angkatan milenial sudah sangat populer. Mereka dikenal “hobi” atau sering berpindah-pindah kerja dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, hal tesebut pastinya jadi bahan pertimbangan bagi perusahaan.

Meskipun ada kemungkinan seorang fresh graduate akan melakukan hal yang sama dan berpindah kerja dalam waktu yang cukup singkat, namun perusahaan punya pandangan yang berbeda. Mereka menganggap fresh graduate saat menjadi bagian dari perusahaan, fresh graduate akan berkomitmen untuk memberikan usaha serta kontribusi yang optimal.

Apalagi, pengalaman kerja yang pertama kali yang dianggap sebagai tonggak karier fresh graduate. Jadi, mereka akan berusaha yang terbaik untuk itu.

Ambisius

Ambisius tidak selalu negatif loh C-friends!

Dilansir dari HR in Asia, kebanyakan fresh graduate akan merasa sangat berterima kasih karena telah diberikan kesempatan dalam pekerjaan pertama yang mereka terima. Maka dari itu, selaras dengan poin sebelumnya, para fresh graduate akan berusaha keras untuk optimal dan memberikan kesan yang baik.

Ambisius disini lebih berarti ketika kamu punya motivasi yang kuat untuk terus berusaha seoptimal mungkin dan terus maju. Kamu juga akan berusaha sebisa mungkin untuk mencapai berbagai goals yang telah ditetapkan C-friends.

Selain itu, semangat untuk menyambut tantangan dan menajalani hal baru juga akan menjadikan sifat ambisius seorang frehs grauduate positif di mata perusahaan.

Inovatif dan Sudut Pandang Baru

Sesuai dengan gelar dan sebutannya, fresh graduate dianggap masih punya berbagai ide ‘fresh’. Maka dari itu, dari mata perusahaan, menganggap bahwa fresh graduate sebgai orangyang inovatif.

Tak hanya pemikiran dan ide-ide segar, fresh graduate juga akan membawa sudut pandang baru ataupun terkadang ‘kultur’ baru dari pribadi mereka masing-masing yang dapat bermanfaat untuk mengembangkan karyawan lainnya.

Paham Teknologi Baru dan Up-to-date

Perkembangan teknologi yang begitu pesat menjadikan pemahaman terhadap teknologi-teknologi terbaru adalah suatu hal yang penting. Sebagai mileenial dan anak muda jaman sekarang, kemampuan fresh graduate dalam memahami teknologi terbaru jadi nilai tambah tersendiri di mata perusahaan.

Apalagi, teknologi terbaru juga sangat bermanfaat untuk memperluas wawasan. Selain itu juga fresh graduate dianggap tau tentang isu terkini dan selau up-to-date. Hal tersebut akan membawa informasi dan ide terbaru yang dibutuhkan di dunia kerja

Berani Mengambil Risiko

Karena jiwa muda yang masih menggebu-gebu, fresh graduate akan sangat senang bertemu dengan tantangan baru. Umumnya, tanpa pertimbangan yang panjang, mereka akan siap untuk mengambil pekerjaan yang berisiko yang kebanyakan tak mau dikerjakan oleh para karyawan senior.

Mereka juga akan berusaha sekuat tenaga untuk menaklukkan tantangan tersebut. Jika berhasil, akan menjadikan mereka salah satu karyawan terbaik, jika gagal maka akan dijadikan pembelajaran ke depannya.

Baca juga: Awas Keliru! Begini 7 Etika Minta Surat Rekomendasi ke Dosen

Nah itu dia C-friends 7 Kelebehan Fresh Graduate Dimata Perusahaan! Jadi, kamu jangan minder dulu ya dan takut sebelum berperang! Semoga bermanfaat.

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Jangan Minder Dulu! Ini 7 Kelebihan Fresh Graduate Dimata Perusahaan appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR