SEKILAS INFO
: - Senin, 25-01-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Jangan Disepelekan! Ini 8 Alasan Penting Menguasai Bahasa Asing!

Hai Campuspedia-friends!—Globalisasi dan digitalisasi merupakan perubahan yang paling berpengaruh sampai kini. Begitupun dengan dunia pekerjaan, kini peluang semakin besar dan ‘nilai jual’ juga harus lebih ditingkatkan. Salah satunya adalah dalam hal berkomunikasi dengan menguasai bahasa asing.

Ada pepatah juga yang mengatakan bahwa dengan menguasai bahasa asing, maka dunia akan berada di genggamanmu. Wah, memang sepenting itu ya Bahasa Asing C-friends! Apalagi di era serba global dan digital seperti ini.

Tapi, kira-kira ada gak ya alasan penting lain untuk menguasai bahasa asing ini? Penasaran? Yuk langsung kita bahas!

Baca juga: Serba-serbi IELTS dan Jenisnya yang Wajib Kamu Tau!

8 Alasan Penting Menguasai Bahasa Asing

Meningkatkan Pengetahuan Dalam Lingkup Global

Banyak sumber-sumber belajar, maupun bacaan seperti buku atau jurnal terkait ilmu pengetahuan yang berkembang menggunakan bahasa asing, atau umumnya menggunakan bahasa inggris. Bahkan kini juga hampir semua universitas menjadikan syarat penulisan jurnal terbit dalam bahasa inggris.

Maka dari itu C-friends, dengan belajar dan menguasai bahasa asing pastinya akan sangat membantu kamu untuk mencari ilmu dari berbagai sumber serta cakrawala keilmuan yang lebih luas lagi.

Memudahkan Diterima di Dunia Internasional

Kamu tertarik banget dengan kehidupan di luar negeri? Atau bahkan suka traveling ke berbagai penjuru dunia? Kalau begitu, belajar dan menguasai bahasa asing tentunya cocok dan akan bermanfaat banget buat kamu C-friends!

Karena jika kamu telah menguasai bahasa asing, kamu akan lebih mudah dan nyaman dalam berkomunikasi dengan orang-orang disana. Bahkan kamu yang tertarik dan punya bisnis dapat memanfaatkan peluang dan melebarkan sayap ke kancah internasional, karena kamu sudah menguasai bahasanya.

Mengikuti Perkembangan Teknologi dan Informasi

Poin ketiga ini masih relate nih sama poin yang pertama C-friends! seperti yang sudah disinggung sebelumnya, banyak sumber ilmu yang dimuat dalam bahasa asing, dan belum semua ada akses dalam Bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, penguasaan bahasa asing ini jga akan bantu kamu untuk dapat leluasa mengakses perkembangan informasi di luaran sana.

Begitupun dengan perkembangan teknologi, sebelum kamu bisa belajar teknologinya, kamu perlu akses informasinya terlebih dahulu kan? Dan tentunya kini perkembangan teknologi juga tumbuh begitu pesat, jadi itulah kenapa menguasai bahasa asing penting banget!

Belajar Bahasa Asing Memudahkan Membangun Relasi Internasional

Sekarang sudah era digital, kamu dapat dengan mudah berkenalan dan membangun relasi dengan orang dari penjuru dunia hanya dengan “jari” dan internet.

Tapi, akan lebih mudah lagi ketika kamu juga menguasai bahasa asing, C-friends! Sebab kamu akan lebih leluasa berkomunikasi dengan koneksi-koneksi internasional kamu! Apalagi kamu juga bisa nih membangun sebuah hubungan yang mengarah ke ranah profesional.

Dan tentunya kamu gak mau dong menyia-nyiakan kesempatan membangun relasi internasional?

Melanjutkan Studi ke Luar Negeri

Siapa nih yang bercita-cita melanjutkan studi ke luar negeri? Pasti banyak banget kan ya C-friends? Nah, pastinya kalau mau melanjutkan studi ke luar negeri, pastinya butuh menguasai bahasa asing asal negara impian kamu kan?

Mulai dari untuk kebutuhan studi atau akademiknya, sampai bahasa untuk sehari-hari hidup di luar negeri, kamu pasti dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing tersebut.

Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Nah, poin kelima ini masih relate dengan poin sebelumnya C-friends! Kini, banyak banget peluang dan kesempatan beasiswa studi ke luar negeri. Baik dari lembaga pemerintahan dalam negeri, swasta, perusahaan, bahkan pemerintahan berbagai negara.

Jika kamu berhasil menguasai bahasa asing, umumnya bahasa inggris maupun bahasa asli negara yang kamu tuju, tentu akan jadi nilai plus bagi kamu C-friends! Dan peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa studi ke luar negeri juga akan semakin besar.

Kesempatan Kerja Lebih Besar

Gak hanya softskills dan hardskills, kini banyak perusahaan yang menjadikan penguasaan bahasa inggris atau bahasa asing lainnya sebagai syarat kualifikasi mereka, bahkan menjadi syarat wajib. Jadi, ketika kamu menguasai bahasa inggris atau bahasa asing lain, kesempatan kamu diterima di perusahaan impian kamu juga akan semakin besar C-friends!

Dan semakin tinggi kualitas penguasaan bahasa asing kamu, semakin tinggi juga peluang kamu di perusahaan impian kamu tersebut.

Meningkatkan Kesadaran Akan Budaya Luar

Alasan penting menguasai bahasa asing yang terakhir ini mungkin sering dianggap sepele nih C-friends. Sebab, ternyata pengetahuan tentang budaya asing atau budaya luar negeri juga penting loh di dunia kerja!

Kok bisa?

Karena ketika kamu nantinya menjalin mitra atau kerja sama dengan perusahaan asing dan mengobrol dengan orang-orangnya, kamu setidaknya sudah tau bagaimana kebudayaan mereka. Kamu tentu tidak mau dong tidak paham konteks bahkan salah mengartikan konteks dari budaya mereka?

Baca juga: 7 Poin Penting Tips Mengejar Mimpi Ala Jerome Polin

Nah, itu dia C-friends 8 Alasan Penting Menguasai Bahasa Asing, baik di akademik maupun dunia kerja nanti. Gimana? Sudah ada rencana mau belajar menguasai bahasa asing mulai sekarang?

Semoga bermanfaat ya!

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Jangan Disepelekan! Ini 8 Alasan Penting Menguasai Bahasa Asing! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR