Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

IPB University Hadirkan Startup School, Cek 5 Fakta Menariknya

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

IPB University saat ini telah menghadirkan program Startup School untuk mahasiswa. Program ini diadakan untuk membekali mahasiswa dalam menghadapi tantangan masa depan yang menuntut kreativitas dengan memanfaatkan teknologi serta inovasi. Tapi, apa sih sebenarnya program ini? Nah, langsung simak ulasan seputar Startup School IPB dan fakta menariknya yuk!

Startup School IPB University

Program Startup School IPB ini dibuat sebagai bentuk upaya meningkatkan kemampuan, pemahaman, dan jiwa wirausaha mahasiswa, Diharapkan nantinya mahasiswa dapat menerapkan techno-sociopreneurship secara mandiri atau berwirausaha dengan inovasi serta teknologi yang berdampak di bidang sosial, ekonomi, juga lingkungan. 

Mahasiswa yang bergabung dalam program ini akan memperoleh pelatihan tentang dunia startup langsung dari ahlinya. Sehingga, mahasiswa mampu mengimplementasi sikap dan nilai dalam entrepreneurship seperti motif berprestasi, etos kerja, kreativitas, kemandirian, dan decision making skill. 

Program Startup School IPB University ini diperuntukkan bagi mahasiswa aktif IPB yang sedang menempuh studi program S1 hingga sekolah vokasi. Uniknya, kegiatan pelatihan wirausaha di Startup School IPB ini juga bisa dihitung sebagai SKS kuliah. Wah, menarik ya!

Fakta Program Startup School IPB

Program Startup School IPB ini ternyata punya beragam fakta menarik yang patut disimak. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

1. Terhitung Sebagai Kuliah

Kegiatan mahasiswa di dalam program Startup School IPB ini bisa dihitung sebagai pemenuhan SKS kuliah atau Satuan Kredit Semester. Melansir dari laman detik.com, Handian Purwawangsa selaku Asisten Pengembangan Karir, Direktorat Kemahasiswaan, dan Pengembangan Karir IPB, mengatakan bahwa penghitungan sebagai SKS itu sangat mungkin. 

Sebab, Startup School IPB University adalah bentuk implementasi dari program MBKM Kemendikbud (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Program Startup School tersebut disetarakan dengan Kewirausahaan dan Kepemimpinan serta Pengabdian Kepada Masyarakat.

2. Mendapat Pendanaan

Selain dapat terhitung dalam SKS, gagasan mahasiswa yang terpilih juga bisa mendapat pendanaan modal. Mahasiswa yang mendapat kesempatan ini akan didampingi selama tiga bulan secara intens.

3. Lintas Prodi dan Lintas Angkatan

Peserta yang mengikuti program Startup School IPB ini adalah mahasiswa aktif IPB yang berasal dari program sarjana atau sekolah vokasi. Dalam satu tim beranggotakan 2 sampai 5 orang mahasiswa. Anggota tim juga bisa dari lintas prodi. Bahkan, disarankan dalam setiap tim mahasiswa yang tergabung berasal dari semester yang berbeda agar terjadi kesinambungan.

4. Mencakup Ide Startup Industri Kreatif hingga Jasa

M.Isbayu selaku Koordinator Startup School IPB University menyebutkan bahwa program yang diajukan mahasiswa harus relevan dan sesuai dengan bidang keilmuan ketua kelompok atau anggota kelompok. Selain itu, mahasiswa hanya diperbolehkan mengusulkan satu bidang usaha saja, baik sebagai ketua atau anggota tim. beberapa bidang usaha yang bisa diusulkan adalah seputar sektor produksi, budidaya, makanan atau minuman, jasa dan perdagangan, teknologi, serta industri kreatif.

5. Mendapat Pelatihan serta Mentoring

Program Startup School IPB University, terdiri atas dua macam kegiatan yaitu mentoring dan pelatihan. Kegiatan pelatihan dilakukan secara luring, daring dan hybrid. Sementara, aktivitas mentoring akan dibimbing oleh dosen secara virtual dan tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Nah, itulah informasi seputar Startup School IPB University sebagai program pelatihan kewirausahaan. Sangat menginspirasi untuk belajar tentang dunia wirausaha ya Campuspedia Friends. Gimana, apakah kamu tertarik bergabung?

Baca juga: Dosen IPB University Olah Biota Laut Jadi Produk

Baca juga: Calon Entrepreneur, Ini Rekomendasi Film Bisnis buat Kamu!

The post IPB University Hadirkan Startup School, Cek 5 Fakta Menariknya appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar