SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Intern 101: Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Sebagai Anak Magang?

Starter Kit Anak Magang—Halo Sobat Campuspedia! Siapa, nih, yang sebentar lagi bakal jadi anak magang? Hmm.. Magang tentu saja akan menjadi wadah untuk menambah pengetahuan dan pengalaman secara nyata, karena kita akan langsung terjun dalam pekerjaan. Walaupun biasanya anak magang tidak diberi tanggung jawab sebesar karyawan tetap perusahaan, namun tidak ada salahnya Sobat unjuk gigi selama program magang berlangsung. Karena tak jarang pula perusahaan merekrut anak magang untuk dijadikan karyawan tetap. Wah, jika begitu, kira-kira apa yang harus disiapkan sebelum magang, ya? Tenang, Minca kasih bocoran starter kit anak magang supaya masa magangmu berbuah kesuksesan!

Yang harus disiapkan sebelum magang…

Yang harus disiapkan sebelum magang pertama kali tentu saja memastikan Sobat sudah diterima pada salah satu tempat magang, dong! Hehehe… Nah, agar bisa sukses jadi anak magang Sobat perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti Surat Lamaran dan Curriculum Vitae. Sobat juga bisa menyiapkan CV online agar memudahkan perusahaan untuk “melihat” diri Sobat.

Baca Juga: KKN vs Magang, Lebih Enak Mana?

Langkah selanjutnya adalah melakukan make over pada media sosial Sobat. Wah, kenapa perlu, ya? Sekarang ini, banyak rekruter yang melakukan background check para kandidat calon karyawannya melalui posting media sosial yang mereka punya. Tidak menutup kemungkinan, Sobat yang melamar dalam program magang pun akan dicek oleh pihak perusahaan.

Starter Kit Anak Magang

Sudah mendapatkan lampu hijau dati tempat magang impianmu, kini saatnya kamu mulai hari-hari jadi anak magang. Nah, ini dia starter kit anak magang yang perlu Sobat siapkan, ya!

Baju Formal

Hmmm… Baju formal tidak perlu mahal, branded, dan banyak, kok. Paling tidak Sobat memiliki 3-4 kemeja dan 2-3 rok atau celana bahan berwarna netral dengan model basic. Sobat juga bisa menyiapkan blazer atau atasan batik. Pakaian standar seperti ini bisa dipakai hampir di semua tempat magang dan juga mudah dipadupadankan, so tetap bisa tampil oke.

Tas

Nah, pastikan tas yang Sobat pakai cocok dengan outfit formal Sobat dan juga dapat membawa barang-barang Sobat dengan aman. Fungsi utama tas tentu untuk membantu kita membawa barang bawaan, bukan?

Baca Juga: Kangen Sekolah? Ini Deretan Seragam Sekolah Terunik di Dunia

Sepatu

Untuk sepatu, perhatikan peraturan kantor tempat magang Sobat, ya. Di era startup seperti sekarang ini, mulai banyak perusahaan yang memperbolehkan karyawannya magang dengan memakai flatshoes atau bahkan sneakers. Nah, jika tempat magang Sobat tidak memperbolehkan sepatu sejenis itu, Sobat perlu siapkan sepatu pantofel untuk laki-laki atau sepatu tertutup dengan hak minimal 3 cm untuk perempuan.

Buku Catatan dan Alat Tulis

Hmmm… Kan sudah bukan kuliah, kenapa perlu buku catatan, ya? Jadi anak magang artinya Sobat harus belajar banyak hal, mulai dari pengarahan hingga meeting. Inilah gunanya buku catatan. Kan bisa catat di HP? Oke, mungkin Sobat mencatat penjelasan dari atasan Sobat ketika rapat, namun bagaimana jika seisi ruangan berpikir Sobat mengabaikan rapat yang sedang berlangsung?

Laptop

Membawa laptop akan membantu mempermudah pekerjaan yang Sobat lakukan dan juga dapat sedikit menghemat waktu Sobat. Misalnya Sobat tidak harus menunggu waktu login ke email Sobat karena Sobat sudah login email di laptop Sobat. Saat ini juga banyak perusahaan yang mesyaratkan BYOD atau bring your own device dalam program magang.

On-Time!

Jadi anak magang, wajib banget sama yang namanya on time alias tepat waktu. Meskipun Sobat anya jadi anak magang, namun profesionalitas dalam bekerja tetap harus dijaga. Pada akhir program magang, perusahaan tentu akan mengevaluasi kualitas masa magang, sehingga tentunya akan sulit bagi Sobat jika bermasalah dengan kedisiplinan dan tanggung jawab.

Baca Juga: Apa Itu Fintech? 4 Jenis Fintech di Indonesia

Nah, itu dia beberapa hal yang harus disiapkan sebelum magang serta starter kit anak magang yang bisa menjadi insight Sobat ketika akan jadi anak magang. Share artikel ini jika bermanfaat, yuk!

 

Jangan Lupa! Kunjungi Campuspedia di:

The post Intern 101: Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Sebagai Anak Magang? appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR