SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Inilah Tips Mengerjakan Tugas Kuliah Untuk Mengatasi Burn Out Atau Mager!

Halo sahabat Campuspedia! Kali ini Minca kembali hadir dengan informasi menarik buat kamu mahasiswa yang lagi banyak tugas! Tidak perlu mengelak, terkadang memang ada masanya kita jadi malas sekali mengerjakan tugas. Terutama di minggu-minggu akhir perkuliahan dimana lagi banyak-banyaknya tugas akhir atau tugas besar. Motivasi mengerjakan tugas seolah lenyap dan menguap begitu saja nih di minggu-minggu terakhir. Kalau kamu merasakan hal yang serupa, yuk simak beberapa tips mengerjakan tugas untuk mengatasi saat kamu burn out atau mager!

Baca juga: Tips Lancar Presentasi Makalah dan Tugas Kelompok Saat Kuliah Online

1. Membuat To Do List

Tips mengerjakan tugas kuliah untuk mengatasi burn out atau mager yang pertama, yang paling basic nih! Buatlah To Do List! Kalau kamu masih bingung bagaimana cara membuat To Do List yang efektif dan bisa kamu terapkan dengan benar, cobalah dengan membuat To Do List mini. Misalnya kamu bisa membuat To Do List mengenai tugas kuliah beserta deadline dari tugas tersebut. Dari situ, kamu kemudian bisa langsung melihat tugas mana yang deadlinenya paling dekat atau tugas mana yang membutuhkan effort banyak. Selanjutnya buatlah prioritas dari tugas-tugas tersebut kemudian kamu bisa langsung mem-breakdown ke dalam To Do List yang ada.

Bisa dari To Do List mengenai pekerjaan mana saja yang akan kamu lakukan selama 7 jam ke depan atau selama satu hari itu. Kemudian kamu bisa membuat jadwal untuk mulai mengerjakan tugas mana saja dalam seminggu ke depan. Tugas-tugas yang sudah kamu kerjakan dapat diberi tanda sehingga kamu bisa melihat sendiri progress tugas yang kamu lakukan sudah sejauh mana.

2. Jangan Gabut!

Maksudnya apa tuh, jangan gabut? Maksudnya adalah sebisa mungkin jangan memberikan peluang untuk rasa malas menguasai diri kamu. Coba tanamkan dalam diri kita kalau sedang senggang, maka kita bisa mulai mencicil tugas-tugas yang belum dikerjakan. Kalau tugas-tugas sudah mulai dicicil dari awal, jelas akan selesai lebih cepat bukan? Setiap kamu bisa bersantai, rebahan, main HP, coba ingat-ingat lagi kira-kira tugas apa yang belum terselesaikan! Itu dia tips mengerjakan tugas kuliah untuk mengatasi burn out atau mager yang kedua!

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Kamu Jauhi Agar Produktif saat Bekerja

3. Dengerin Lagu Penyemangat

Setelah membuat To Do List, mulai mengerjakan tugasnya, kamu juga bisa sambil dengerin lagu penyemangat, loh! Sudah menjadi fakta kalau lagu dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi seseorang. Usahakan jangan dengarkan lagu mellow saat nugas, tapi dengerin lagu pop atau yang memiliki beat tinggi sehingga bisa meningkatkan semangat kamu! Minca punya salah satu lagu rekomendasi yang mungkin bisa kamu dengerin nih! Lagunya merupakan salah OST dari drama Korea Selatan, Start Up!

4. Kerjain Bareng Temen

Kalau sudah mentok dan nggak punya ide untuk melanjutkan tugas, biasanya jelas semangat nugas akan turun drastis. Kebanyakan orang mengalami hal ini sehingga akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan mengerjakan tugas. Kamu bisa mengajak temen kelas kamu untuk berdiskusi dan saling berkonsultasi dengan mereka. Dari hal ini, kamu bisa menemukan perspektif-perspektif baru yang bisa menambah insight untuk tugas yang kamu kerjakan. Terus abis itu lanjut deh ngerjain tugas lagi!

5. Istirahat Yang Cukup

Yang paling penting nih! Setelah mengerjakan berbagai tugas dan pekerjaan, jangan lupa istirahat! Baik fisik, mental, dan pikiran kamu butuh waktu untuk berhenti dari segala bentuk pekerjaan yang melelahkan. Nyatanya, setelah beristirahat yang cukup, kamu akan kembali dengan tubuh yang lebih fresh. Jangan memaksakan diri dan terlalu memforsir diri ya, sayangi diri kamu sendiri!

Baca juga: 6 Aplikasi yang Bisa Membantu Kamu Mengerjakan Tugas Kuliah, Sudah Coba?

Nah, sekiranya itu aja nih informasi singkat yang bisa Minca berikan mengenai tips mengerjakan tugas kuliah saat sedang burn out atau mager. Ingat, jangan terlalu memforsir diri sendiri ya! Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

The post Inilah Tips Mengerjakan Tugas Kuliah Untuk Mengatasi Burn Out Atau Mager! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR