SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Inilah Tips dan Cara Menulis Essay Untuk Daftar Beasiswa!

Halo Sahabat Campuspedia! Khususnya kamu para beasiswa hunter yang masih pusing gimana sih cara menulis essay yang baik agar dapat lolos beasiswa? Kebanyakan di antara kalian mungkin sudah tahu, biasanya ketika kita akan mendaftar beasiswa, kita diharuskan untuk memenuhi beberapa persyaratan, termasuk menulis essay. Banyak sekali lembaga dan institusi pemberi beasiswa yang mewajibkan calon beswannya untuk membuat essay ketika akan melakukan pendaftaran.

Baca juga: Mau Mendaftar Beasiswa? Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini!

Hal ini diskarenakan para lebaga yang mengadkan beasiswa tersebut ingin mengetahui bebeapa hal. Seperti apakah kamu sudah sesuai dengan ketentuan beswan yang mereka cari. Panjang essaynya sendiri pun biasanya hanya 500-1000 kata. Yang berisi tentang deskripsi dirimu sendiri secara singkat. Oleh sebab itu, Campuspedia disini akan merangkum tips dan cara menulis essay yang baik untuk mendaftar beasiswa! Yuk, simak informasinya.

          1. Pahami Instruksi Yang Diberikan

Yang pertama adalah pahami dulu instruksi yang diberikan. Menulis essay tentang diri sendiri memang sudah menjadi ketentuan umum yang digunakan oleh hampir semua lembaga pemberi beasiswa. Tetapi tak jarang, beberapa lembaga juga menginstruksikan untuk membuat essay lain. Misalnya essay tentang topik-topik tertentu, seperti perkembangan ekonomi di dunia, inovasi yang kamu miliki dalam suatu bidang tertentu dan lain-lain. Sehingga penting bagi kamu untuk membaca dan memahami dengan jelas terlebih dahulu tentang bagaimana instruksi yang diberikan. Jangan sampai kamu sudah menulis essay dengan baik tetapi tidak relevan dengan instruksi yang mereka berikan.

          2. Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Setelah kamu memahami instruksi yang diberikan terkait penulisan essay, kamu bisa mulai mencari informasi dan referensi yang relevan dengan essaymu. Cari dan pahami mengenai lembaga tersebut, bisa jadi mereka memiliki point-point tertentu sebagai persyaratan untuk calon beswannya. Kamu mungkin juga bisa mencari tahu tentang beswan-beswan yang sudah pernah diterima sebelumnya mengenai bagaimana mereka merancang dan menulis essay mereka. Jangan hanya terpaku dengan apa yang ada dalam dirimu sendiri juga, kumpulkan banyak informasi yang dapat membantu kamu dalam menulis essaymu menjadi lebih baik.

          3. Tentukan Outline Yang Jelas

Sebelum memulai menulis essay untuk beasiswa, kamu bisa mulai membuat outline atau garis besar dari apa yang akan kamu tulis di dalamnya. Berhubung jumlah katanya juga biasanya dibatasi, kamu bisa menentukan mungkin di paragraf pertama apa yang ingin kamu bahas, paragraf kedua masuk ke topik bahasan selanjutnya, dan lain-lain. Hal ini akan membantu kamu untuk tetap fokus dengan apa yang kamu buat. Hal ini juga dapat mengurangi penulisan yang melenceng dari tema yang sudah kamu tentukan.

Baca juga: 4 Beasiswa Luar Negeri yang Tidak Butuh Surat Rekomendasi, Syaratnya Gampang? 

          4. Menulis Intro Yang Menarik

Selanjutnya dari tips menulis essay untuk daftar beasiswa. Seperti yang kalian tahu, kesan pertama sangat penting karena kesan pertama itulah yang akan meninggalkan bekas. Apabila kesan pertama yang kamu berikan sudah bagus, maka orang lain tidak akan ragu untuk mempertimbangkan kamu sebagai pilihan. Oleh sebab itu, tulislah intro di paragraf yang pertama semenarik mungkin. Buatlah pembaca merasa tertarik ketika bahkan baru membaca paragraf pertama dari essaymu. Dengan begitu, pembaca akan merasa tertarik dan tidak ragu untuk membaca essaymu hingga tuntas.

          5. Tulis Dengan Bahasa Yang Baik dan Bersemangat

Kalau intromu sudah menarik, maka jangan sampai essaymu tidak semenarik intromu juga ya. Tulislah isi dari essay yang kamu buat dengan menggunakan penulisan yang sesuai EYD dan tetap sopan. Bagus juga untukmu apabila kamu menulis dengan menuangkan rasa semangat dan excited sehingga pembaca dapat melihat tekad yang kamu miliki. Jangan menulis berbelit-belit dan berputar-putar, tulis sesuai dengan alur outline yang sudah kamu buat dan biarkan mengalir. Jangan sampai membuat pembaca jadi pusing dan malas membaca essay yang kamu buat.

          6. Tetap Percaya Diri

Yang terakhir dan yang paling penting, nih, dari tips menulis essay untuk daftar beasiswa. Pastikan kamu tetap percaya diri. Tulislah essay seolah-olah kamu memang akan mendapatkan slot beasiswa tersebut, tetapi tetap jujur dan tidak melebih-lebihkan. Jangan sampai pembaca yang membaca essaymu beranggapan kamu tidak jujur karena terlalu banyak hal yang dilebih-lebihkan. Oleh sebab itu, tetap percayai kemampuan yang kamu miliki, ya!

Baca juga: Ingin Menjadi Beswan Djarum? Ini Info Seputar Djarum Beasiswa Plus dan Tips Agar Lolos Seleksi

Kira-kira itu aja informasi yang bisa Campuspedia rangkum dan berikan untuk kalian mengenai tips dan cara menulis essay untuk daftar beasiswa. Perhatikan dengan baik setiap instruksi beasiswa yang akan kamu ikuti, jangan sampai salah ya! Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

The post Inilah Tips dan Cara Menulis Essay Untuk Daftar Beasiswa! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR