SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Inilah 7 Situs Website Pengecek Plagiasi Yang Kamu Perlu Tahu!

Halo sahabat Campuspedia! Siapa yang disini masih suka bingung dalam penulisan laporan atau makalah, karena harus mengecek nilai plagiasinya? Kalau begitu jangan khawatir! Hari ini Minca datang membawa informasi menarik mengenai beberapa situs website yang dapat mengecek nilai plagiasi di tulisan kamu, secara gratis! Website-website tersebut dijamin akan sangat membantu kamu dalam menyelesaikan tugas, yuk simak!

Baca juga: Mengenal 16 Tipe Kepribadian MBTI Lebih Dalam (part 1)

1. Grammarly

Yang pertama adalah Grammarly! Ternyata, selain digunakan untuk mengecek grammar alias penggunaan bahasa, ada fungsi lain juga. Situs Grammarly ini juga bisa digunakan untuk mengecek plagiasi pada tulisan yang kamu buat. Kamu cukup memasukkan tulisan kamu ke dalam kotak yang sudah tersedia. Atau bisa juga dengan mengunggah file dokumen milik kalian ke situs tersebut. Selain mengecek plagiasi, ada juga hal lain yang akan dicek. Seperti grammar, spelling, style, dan lain-lain.

2. Search Engine Report

Search Engine Report adalah situs website kedua yang bisa kamu gunakan. Memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan Grammarly, tampilan dari Search Engine Report ini juga minimalis. Kamu bisa langsung memasukkan tulisan kamu atau mengunggah file dokumen. Eits, tetapi karena gratis, Search Engine Report membatasi 1500 kata per pencarian saja. Ada fitur tambahan seperti memasukan URL atau mengecualikan  URL tertentu yang mungkin kamu jadikan landasan sebagai isi dari tulisan yang kamu buat. Canggih banget, ya!

3. PlagScan

Selanjutnya ada PlagScan. Jika dibandingkan dengan kedua website sebelumnya, PlagScan memberikan opsi dan fitur yang tampak lebih kompleks. Karena kedua website sebelumnya langsung berada di halaman depan mengecek plagiasi, sementara PlagScan harus melakukan register/log in terlebih dahulu. Website PlagScan ini juga tidak sepenuhnya gratis, mereka berbayar hanya saja memberikan trial selama tujuh hari pertama.

Baca juga: Gimana Cara Scan Ubah Gambar Jadi Teks? 5 Aplikasi Scanner Ini Jawabannya!

4. DupliChecker

Yang keempat ini sudah menjadi situs favorit kebanyakan mahasiswa, yap, DupliChecker! Tampilannya masih mirip dengan Grammarly dan Search Engine Report. Kalian cukup memasukkan tulisan ke dalam box atau mengunggah file dokumen yang kamu inginkan. Ada fitur yang sama dengan Search Engine Report, dimana kita bisa memasukkan link yang tidak ingin dimasukan ke dalam penilaian plagiasi. Tetapi lagi-lagi karena situs ini gratis, maka kalian hanya dibatasi sebanyak 1000 kata per pencarian saja.

5. QueText

Selanjutnya ada QueText. Menurut Minca, tampilan dari situs website Quetext ini cukup cantik dan elegan. Mudah dilihat juga, kan? Tetapi fitur yang diberikan tidak selengkap website-website sebelumnya. Kamu hanya bisa memasukkan text dari tulisan yang kamu miliki dan diperkenankan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan dan memanfaatkan situs ini secara gratis!

6. Plagiarism Detector

Keenam ada Plagiarism Detector. Situs ini juga gratis dan bisa digunakan oleh semua orang. Tampilan yang disuguhkan juga masih sama dengan kebanyakan website-website sebelumnya. Bisa langsung memasukan tulisan kamu atau mengunggah file dokumen. Fitur tambahannya juga bisa memasukan link URL yang ingin dimasukan atau tidak ingin dimasukan. Mungkin yang agak berbeda dengan website sebelumnya adalah di dalam situs website ini, disertakan pula berapa persentase plagiasinya. Tidak jauh berbeda, dengan website lain juga, Plagiarism Detector ini juga hanya bisa memeriksa 1000 kata per pencariannya secara gratis. Tetapi kamu bisa melakukan pembayaran untuk melakukan pemeriksaan sebanyak 25.000 kata sekaligus.

7. Plagiarisma

Yang terakhir adalah situs Plagiarisma! Tampilannya dari website plagiasi ini cukup sederhana dan simpel, tetapi situs ini mendukung hingga 190 bahasa dari seluruh dunia. Masih sama seperti website-website sebelumnya, kamu bisa langsung memasukan tulisan atau dengan mengunggah file dokumen. Situs website ini juga gratis! Ada pula fitur untuk memasukan atau mengecualikan link tertentu loh!

Baca juga: Rekomendasi 16 Website Design Grafis Gratis Buat Kamu yang Tertarik Belajar Design!

Kira-kira itu aja informasi yang bisa Minca berikan. Penting banget nih buat kalian, jadi jangan lupa untuk dicoba ya! Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

The post Inilah 7 Situs Website Pengecek Plagiasi Yang Kamu Perlu Tahu! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR