Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Ini Dia 8 Jurusan S1 Langka, Satu-Satunya Loh di Indonesia!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Hai, Campuspedia Friends! Kalian pasti sudah tahu bukan jika di Indonesia jurusan kuliah itu ada banyak macamnya. Namun, ternyata ada loh jurusan kuliah S1 satu-satunya di Indonesia. Meskipun begitu, prospek jurusan kuliah langka ini terbuka lebar sebab lulusannya masih belum banyak dan disesuaikan dengan kebutuhan di masa mendatang. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak ulasan seputar jurusan S1 langka di Indonesia berikut!

1. Sastra Belanda UI (Universitas Indonesia)

Ada banyak universitas di Indonesia yang menyediakan prodi atau jurusan sastra. Namun, hanya ada satu kampus yang menyediakan jurusan Sastra Belanda yaitu Universitas Indonesia atau UI. Seperti jurusan sastra lainnya, dalam jurusan S1 langka ini akan diajarkan segala hal tentang Belanda. Mulai dari linguistik, sejarah, hingga kebiasaan masyarakatnya. Mahasiswa lulusan jurusan Sastra Belanda diharapkan dapat melakukan kajian sastra, bahasa, dan budaya Belanda.

2. Astronomi ITB (Institut Teknologi Bandung)

Astronomi
photo by bataritours

Jurusan S1 langka berikutnya adalah Astronomi. Satu-satunya kampus yang membuka jurusan ini adalah ITB. Perlu diketahui juga, jurusan ini peminatnya cukup tinggi setiap tahunnya. Nah, jika berkuliah di jurusan ini kamu akan berkesempatan untuk belajar langsung di Laboratorium Bosscha. Selain jenjang S1, ITB juga menyediakan jenjang pendidikan S2 dan S3 untuk jurusan Astronomi loh!

Baca juga: 5 Fakta Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

3. Sains Atmosfer dan Keplanetan ITERA (Institut Teknologi Sumatera Utara)

Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan di Indonesia hanya dibuka di ITERA. Jurusan S1 langka ini bisa dibilang mirip dengan jurusan Astronomi karena memang bagian dari ilmu tersebut. Namun, yang membedakan adalah di jurusan ini kamu akan belajar lebih spesifik tentang perilaku atmosfer terhadap cuaca serta iklim bumi. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai fenomena di dalam sistem tata surya.

4. Teknik Transportasi Laut ITS (Institut Teknologi Sepuluh November)

Indonesia terkenal sebagai negara maritim. Sehingga, transportasi laut sebagai penghubung mobilisasi antar pulau memang penting dipelajari. Oleh karena itu, ITS membuka jurusan Teknik Transportasi Laut. Kamu yang berkuliah di jurusan S1 langka ini akan mempelajari hal-hal teknis, sosial, politik, budaya serta keamanan dan pertahanan.

5. Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB (Institut Pertanian Bogor)

Jurusan satu-satunya di Indonesia selanjutnya adalah Ilmu Keluarga dan Konsumen. Jurusan S1 langka ini hanya tersedia di IPB untuk saat ini. Seperti namanya, kamu yang berkuliah disini akan mempelajari seputar pengembangan dan pemberdayaan keluarga, perlindungan anak, peningkatan ketahanan keluarga serta pemberdayaan konsumen.

6. Manajemen Industri Katering UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)

Manajemen Industri Katering
photo by naim benjelloun

Jurusan S1 langka ini cocok buat kamu yang tertarik berkarir di dunia kuliner. Jurusan Manajemen Industri Katering namanya dan hanya tersedia di UPI Bandung. Kamu akan belajar tentang manajemen operasional usaha kuliner seperti perencanaan, pemasaran serta kuliner lokal dan mancanegara.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah S3 Unik Ini Jarang Diketahui Orang

7. Teknik Pengairan UB (Universitas Brawijaya)

Di Indonesia, jurusan Teknik Pengairan ini hanya bisa kamu temukan di Universitas Brawijaya Malang. Berkuliah di jurusan ini, akan diajarkan berbagai hal seputar pengelolaan air. Selain itu, juga mempelajari sistem pengairan pada bangunan dan manajemen air karena jurusan ini memadukan ilmu teknik dan hidrologi.

8. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan UNAIR (Universitas Airlangga)

Teknik Robotika
photo by alex knight

Memasuki Era Revolusi Industri 4.0, tentunya saat ini segala bidang kehidupan manusia memanfaatkan keberadaan teknologi. Oleh karena itu, dibuka jurusan kuliah Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang sementara ini hanya bisa kamu temui di Universitas Airlangga Surabaya. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari segala hal tentang robotika yang merupakan disiplin ilmu gabungan sistem mekanika, elektronika, dan komputer. 

Nah, itulah informasi mengenai jurusan S1 langka di Indonesia. Bagi kamu siswa SMA tahun terakhir yang masih bingung pilih jurusan kuliah, kamu bisa loh mempertimbangkan jurusan S1 langka diatas.

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Ini Dia 8 Jurusan S1 Langka, Satu-Satunya Loh di Indonesia! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar