Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Ikut Organisasi Mahasiswa Ini Bisa Bawa Kamu Ke Luar Negeri!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Halo, Campuspedia Friends! Kamu pasti udah tahu dong ya kalau di jenjang perkuliahan ada banyak pilihan organisasi mahasiswa yang bisa diikuti. Tapi, kamu udah tahu belum kalau ada loh organisasi mahasiswa yang memberi kesempatan anggotanya untuk pergi ke luar negeri! Jadi, selain melatih soft skill berorganisasi dan memperluas relasi kamu juga bisa mendapat pengalaman seru dengan mengikuti event dan proyek ke luar negeri dengan organisasi ini. Keren banget ya! Tanpa bertele-tele lagi, langsung saja simak 6 organisasi mahasiswa yang bisa bawa kamu ke luar negeri berikut ini!

AIESEC

AIESEC
photo by aiesec

Organisasi mahasiswa pertama yang bisa bawa kamu ke luar negeri adalah AIESEC. Association Internationale des Etudiants Sciences Economiques et Commerciales atau yang dikenal AIESEC ini adalah salah satu organisasi terbesar di dunia dengan jumlah anggota sekitar 27.000 orang di 2.400 universitas yang tersebar di 127 negara. Tujuan dibentuknya organisasi ini adalah untuk mengasah kemampuan leadership serta memberdayakan anak muda dalam perdamaian dunia.

Selain itu, terdapat 3 program utama AIESEC, yaitu Global Talent, Global Leader, dan Global Volunteer. Melalui program Global Talent, kamu akan berkesempatan untuk magang di luar negeri. Sementara itu, program Global Leader cocok buat kamu yang ingin mengatur jalannya organisasi sehingga dapat melatih kemampuanmu dalam berorganisasi. Lalu, untuk program Global Volunteer kamu akan dilibatkan dalam berbagai pengerjaan proyek AIESEC dan perjalanan luar negeri. Wah, keren banget ya Campuspedia Friends! 

Website: AIESEC Indonesia

MUN (Model United Nation)

MUN
photo by ivolunteer international

Organisasi mahasiswa selanjutnya adalah MUN. Kamu pasti udah nggak asing dong ya dengan organisasi yang satu ini. MUN adalah organisasi simulasi konferensi internasional yang bisa diikuti oleh seluruh pemuda-pemudi dari berbagai negara untuk belajar berdiplomasi, berpendapat, serta menyampaikan solusi-solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah global. 

Setiap tahunnya terdapat beragam program yang diselenggarakan MUN, seperti Global Millennial MUN, Asia Youth International MUN (AYIMUN), International MUN, Asia Africa MUN, Asia World MUN (AWMUN), dan lainnya. Selain memperluas networking, dengan bergabung dalam organisasi ini kamu juga bisa melatih keterampilan berbahasa Inggris dan public speaking sebab kamu akan sering berbicara dihadapan orang banyak. Menarik dan bermanfaat banget ya! 

Website: Model United Nation

AYFN (ASEAN Youth Friendship Network)

AYFN
photo by surabaya tribunnews

ASEAN Youth Friendship Network atau AYFN adalah organisasi mahasiswa berikutnya yang bisa bawa kamu ke luar negeri. Organisasi yang berdiri di Yogyakarta pada tahun 2010 ini memiliki tujuan untuk menyediakan kegiatan pertukaran pelajar, pengetahuan dan budaya, serta meningkatkan pendidikan dan kesadaran pemuda melalui kegiatan yang melatih keterampilan anggota. Beberapa program menarik yang bisa kamu ikuti jika bergabung di AYFN adalah Summer Korea Cultural Camp, Community Engagement Program in Chiang Mai, Summer Japan Experience Program, dan program keren lainnya. 

Website: AYFN Academy

IAAS

IAAS Indonesia
photo by io.undip

IAAS (International Association of Students in Agricultural and related Sciences) adalah organisasi mahasiswa yang membawa isu tentang dunia pertanian. Organisasi ini bertujuan untuk mengajak generasi muda agar lebih mencintai pertanian dan membantu meningkatkan taraf hidup warga desa. Anggota aktif IAAS di Indonesia tersebar di berbagai universitas seperti UB, IPB, UNS, UGM, UNDIP, UNPAS, UNLAM, dan universitas lainnya. Bagi kamu yang berjiwa kreatif dan tertarik mengolah lahan pertanian di Indonesia secara optimal organisasi ini cocok untuk diikuti. 

Website: IAAS Indonesia

YSEALI (Young Southeast Asian Leaders Initiative Program)

YSEALI
photo by usembassy

Young Southeast Asian Leaders Initiative Program atau YSEALI adalah sebuah program yang terbentuk dari gagasan presiden Amerika Serikat di tahun 2013. Tujuan dari YSEALI ini adalah mengumpulkan para pemimpin muda Asia Tenggara untuk saling berbagi pengalaman serta menguatkan hubungan antara Amerika Serikat dengan komunitas negara-negara ASEAN. Seperti namanya, YSEALI dibuka secara khusus untuk pemuda usia 18-35 tahun yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. 

Program ini bertemakan civic engagement, edukasi, sustainable development, dan pertumbuhan ekonomi. Terdapat empat program menarik yang bisa diikuti, yaitu YSEALI Generation Workshops, YSEALI Academic Fellows Program, YSEALI Professional Fellows Program, serta Seeds for the Future Grants. Gimana, beragam banget ya programnya Campuspedia Friends! 

Website: Young Southeast Asian Leaders Initiative

AMSA (Asian Medical Students Association)

AMSA
photo by lifestyle okezone

Kamu mahasiswa kedokteran? Pas banget nih, ada organisasi mahasiswa AMSA atau Asian Medical Students Association yang bisa kamu ikuti. Yup, seperti namanya organisasi ini adalah organisasi khusus mahasiswa kedokteran yang berasal dari negara Asia, Asia Pasifik, dan sekitarnya termasuk Indonesia sebagai anggotanya. Dengan bergabung dalam organisasi ini kamu akan ikut melakukan kegiatan penunjang keilmuan, program student exchange ke luar negeri, proyek peningkatan kesejahteraan masyarakat secara nasional dan internasional, program pelayanan kemanusiaan, serta bekerja sama dengan WHO. 

Website: Asian Medical Students Association

Itulah informasi beberapa organisasi mahasiswa yang menawarkan kesempatan buat kamu melakukan proyek dan event ke luar negeri. Jadi, tunggu apalagi segera gabung dan siapkan diri untuk bertemu dengan anggota lain dari berbagai negara! 

Baca juga: Bingung Bagi Waktu Belajar dan Organisasi? Terapkan Tips Ini

Baca juga: Ikut Organisasi? Lakukan Tips Berikut Supaya Kamu Lebih Merasakan Manfaatnya!

The post Ikut Organisasi Mahasiswa Ini Bisa Bawa Kamu Ke Luar Negeri! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar