SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Hobi Nonton Film? Yuk, Kenalan Dengan Genre Film Whodunit dan 5 Rekomendasinya!

Halo Sobat Campuspedia! Apakah kamu hobi menonton film? Pernahkah kamu menonton film whodunit? Atau justru masih bertanya-tanya sebenarnya apa itu whodunit? Yuk, langsung saja kita bahas apa itu whodunit beserta rekomendasi film whodunit yang cocok untuk menemani harimu sembari tetap mengasah otak!

Apa itu whodunit?

Whodunit secara harfiah merupakan slang words dalam bahasa Inggris. Apakah Sobat bisa menebaknya? Kata whodunit mulai dikenal dan dipopolerkan pada tahun 1930an. Whodunit berasal dari kata who did it? dan kemudian berkembang menjadi who done it? hingga terciptalah istilah whodunit.

Cambridge Dictionary mendefinisikan whodunit sebagai ‘a story about a crime and the attempt to discover who committed it’, atau sebuah cerita tentang kejahatan dan upaya untuk menemukan siapa pelakunya.

Baca Juga: Astronomi dan Astrologi, Sama Atau Beda?

Genre Film whodunit

Yap! Whodunit merupakan salah satu genre film yang asyik untuk dinikmati, terutama bagi kamu penggemar genre misteri. Pada dasarnya, whodunit adalah film misteri pembunuhan. Namun, yang membuat film whodunit special yaitu penekanannya pada penyelesaian teka-teki. Penonton diajak aktif untuk mencari siapa dalang dari pembunuhan ini. Film whodunit ingin penonton ikut menjadi detektif. Hmm.. tidak semua film pembunuhan melakukan hal tersebut, bukan? Karena itu, petunjuk akan disebar sepanjang kamu menonton film genre whodunit.

Film genre whodunit memiliki beberapa elemen di dalamnya, diantaranya yaitu:

  • Adanya detektif atau investigator
  • Sekelompok terduga sebagai pelaku
  • Ensemble cast (sekelompok karakter yang saling terkait dan semuanya diperlukan untuk membuat cerita menjadi lengkap. Suatu karya tidak akan ada tanpa seluruh karakter dalam karya tersebut)
  • Kisah pembunuhan
  • Motif pembunuhan yang kompleks
  • Setting berliku sepanjang film
  • Petunjuk yang tersebar sepanjang film
  • Foreshadow (bayangan—hint yang diberikan pada penonton tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dalam cerita)
  • Red herring (pengalih perhatian)
  • Partisipasi penonton selama film berlangsung

Baca Juga: Sering Ada di Proses Rekrutmen, Ini Perbedaan FGD dan LGD

Fim whodunit sendiri memiliki struktur yang umumnya diterapkan. Tahap awal biasa dikenal dengan The Act, dimana pembunuhan terjadi dan detektif atau salah satu saksi melakukan penyelidikan. Memasuki tahap keduagathering information—investigasi pun dilakukan. Bukti dan keterangan dari saksi dikumpulkan. Dari keterangan awal inim terungkap jika para saksi memiliki motif untuk melakukan pembunuhan. Pada tahap Understanding Information, detektif atau salah satu terduga akan mencoba untuk menguji bukti dan keterangan yang telah didapat. Keterangan yang menyesatkan pun mulai dikesampingkan. Pada tahap ini pula, hubungan antar saksi mulai terungkap. Resolving The Case, detektif atau salah satu saksi akan mengungkap siapa pelaku pembunuhan, bagaimana modunya, dan juga apa motifnya.

Rekomendasi Film Whodonit

Nah, setelah mengetahui apa itu whodunit serta bagaimana sebenarnya genre film whodunit, apa Sobat tertarik untuk menontonnya? Tenang, Minca sudah siapkan 5 rekomendasi film whodunit yang bisa Sobat tonton dan tenggelam menajdi detektif selama beberapa jam, nih!

Knives Out (2019)

Siapa yang tak kenal film Knives Out ini? Film yang booming sejak perilisannya pada 2019 lalu merupakan salah satu rekomendasi film whodunit yang wajib ditonton oleh Sobat! Film yang disutradarai oleh Rian Johnson ini mengisahkan tentang kasus meninggalnya penulis novel kaya raya bernama Harlan Thrombey di hari ulang tahunnya. Keluarga Harlan mengira ia melakukan bunuh diri. Amun, detektif Benoit Blanc berbeda pendapat. Menurutnya, ada permainan jahat di balik, kematian Harlan, apalagi latar belakang anggota keluarga Harlan bermasalah secara finansial. Penonton pun dibawa kesana-kemari ikut berspekulasi siapa yang melakukan tindakan pembunuhan tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat CV dari Ms. Word, Hasilnya Nggak Kalah Cantik Dengan Aplikasi Lain!

Murder On The Orient Express (2017)

Film ini diadaptasi dari novel karya Agata Christie. Bercerita tentang pembunuhan seorang figure criminal, Edward Ratchett di atas kereta Orient Express. Hercule Pairot, detektif yang menyelidiki kasus ini menemukan hal menakjubkan, dimana pembunuhan Ratchett kemungkinan melibatkan lebih dari satu orang.

Identity (2003)

Satu lagi loose adaptation dari novel karya Agata Christie, yakni yang berjudul And Then There Were None. Film whodunit yang satu ini memiliki dua plot. Plot pertama mengenai upaya kuasa hukum Malcolm Rivers membuktikan jika kliennya sakit jiwa. Plot kedua bercerita tentang sekelompok orang yang terjebak dalam hotel akibat badai besar. Satu persatu orang dalam hotel tersebut pun terbunuh.

Baca Juga: Ingin Terjun Dalam Industri Media? Kamu Bisa Coba Peluang Karir Media Analyst!

Crooked House (2017)

Diadaptasi dari novel karya Agatha Christie berjudul sama, film yang disutradarai oleh Gilles Paquet-Brenner ini menceritakan seorang detektif bernama Charles. Ia dipanggil mantan kekasihnya untuk menyelidiki kematian sang kakek. Charles pun mulai menggali rahasia dari tiga generasi keluarga untuk mengungkap dalang pembunuhan sang kakek.

Clue (1985)

Biarpun tergolong sangat lama, namun cerita dalam film whodunit yang satu ini sangat unik karena memiliki endinglebi dari satu. Clue menceritakan tujuh tamu yang diundang oleh figure misterius ke sebuah rumah tua untuk membicarakan kasus mereka. Belum selesai membicarakan kasus mereka, satu persatu pelayan dalam rumah tersebut terbunuh. Pembunuhan yang terjadi pun membuat ketujuh tamu tersebut saling menyelidiki satu sama lain.

Sumber:

Instagram @playstoprewatch 

Cambridge Dictionary (whodunit) 

Quora (What is an ensemble cast?) 

 

Jangan Lupa! Kunjungi Campuspedia di:

The post Hobi Nonton Film? Yuk, Kenalan Dengan Genre Film Whodunit dan 5 Rekomendasinya! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR