SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Hati-hati! Mindset Follow Your Passion Bisa Jadi Jebakan Lho

Halo Sobat Campuspedia! Kamu pasti sudah akrab dong dengan istilah follow your passion? Sampai sekarang kita masih sering menemukan anak SMA sibuk mencari passion mereka dan berharap diterima kuliah di jurusan yang sesuai passion mereka.

Di dunia karier, tidak jarang pula orang dewasa bimbang antara follow your passion atau follow your reality karena terkadang karier yang sedang dijalani memang sukses dan bergengsi, tetapi tidak sesuai dengan minat mereka. Ada juga yang sudah bekerja sesuai dengan minat dan bakat, tetapi sayangnya karier tersebut belum memberikan kepuasan secara finansial atau kehormatan.

Tidak jarang kita juga menemukan orang yang belum tahu apa yang menjadi passion-nya lalu berujung stuck dengan kehidupannya. Namun, ketika seseorang sudah menemukan passion tersebut, tidak jarang pula mereka seakan-akan menutup kemungkinan yang lain dan dengan percaya diri mengatakan “Itu passion aku! Aku akan terus mengikuti itu sampai kapanpun.” Apakah kamu salah satunya? Hati-hati ya, friends! Karena pemikiran yang seperti itu bisa jadi jebakan loh.

Terus, sebenarnya apa sih pandangan yang tepat untuk menggambarkan passion? Yuk simak poin-poin berikut!

  • Passion Bukan Sekadar Kata Benda

Mengutip dari yang dikatakan Fellexandro Ruby di TEDxYouth@SWA, passion itu bukan sekadar noun, melainkan mencakup aktivitas di dalamnya. Jadi, ketika kamu sudah menemukan apa itu passion-mu, coba telusuri lagi lebih dalam dan cari aktivitas seperti apa sih yang memang sebenarnya kamu suka dan kamu minati.

Fellexandro Ruby mengambil contoh game. Ketika kamu mengatakan bahwa passion kamu adalah game, maka penjelasanmu belum cukup jelas dan detil. Kamu perlu untuk membedah lagi apa yang menarik perhatianmu tentang game itu ya? Apakah karena kamu suka berkompetisi? Atau kamu menyukai proses editing dan design ilustrasi dari game itu? 

Memahami betul apa yang kamu suka dan minati akan membantu kamu lebih mudah menentukan keputusan kedepannya supaya kamu tidak salah langkah.

  • Passion Doang Gak Cukup! Yuk Kenali IKIGAI Kamu

Kamu udah tau ikigai belum nih? Ikigai bertujuan untuk mendapatkan tujuan hidup yang lebih menyeluruh demi tercapainya kebahagiaan yang seutuhnya.

Sesuai gambar di atas, ikigai mencakup 4 elemen yang jika digabungkan akan membentuk ikigai atau tujuan hidup. Melalui ilustrasi tersebut, terbukti bahwa untuk mencapai kehidupan yang lebih baik gak cukup sekadar mengandalkan passion

  • Passion Is Not a Plan, It’s a Feeling.

Mengutip dari yang dikatakan Terri Trespicio di TEDxKC, passion merupakan suatu perasaan yang kita rasakan dan tentu bisa berubah-ubah seiring waktu. Itulah juga yang melatarbelakangi kenapa mindset follow your passion bisa jadi kurang tepat karena kamu jadi tidak bisa mencari peluang dan kesempatan yang lain ketika kamu hanya fokus pada satu passion yang sudah kamu temukan itu.

Terri Trespicio mengatakan bahwa passion itu jangan dicari! Terus kerjakan apa yang bisa kamu lakukan dan passion itu akan mengikutimu dengan sendirinya. Perbanyak pengalaman, explore, explore, explore!

  • Perluas passion-mu!

Berkaitan dengan pembahasan kita di poin sebelumnya, seringkali kita hanya menganggap kemampuan dan minat kita hanya di satu hal saja seperti huruf T yang mempunyai kaki/fondasi berjumlah satu.

Sekarang, kamu perlu tahu nih pendekatan yang dinamakan pi. Pi memiliki kaki yang berjumlah dua. Mengutip perkataan Barbara Oakley yang disampaikan di course “Mindshift: Break Through Obstacles to Learning and Discover Your Hidden Potential”, karier yang memiliki fondasi berjumlah dua tentu terlihat lebih seimbang, bukan?

Artinya, selain memiliki satu keterampilan yang utama, kamu juga perlu untuk memiliki keterampilan atau pengetahuan yang lain untuk melengkapi keterampilan utamamu sebelumnya. Tidak harus dari bidang yang sama gapapa kok! Yang penting adalah broaden your passion, bukan hanya follow your passion.

 Baca Juga: 6 Cara Mempersiapkan Persaingan Kerja

Nah, untuk kamu yang mau memaksimalkan diri dalam mencapai karier impian, yuk cari tahu jawabanya di online career class edisi “Passion and Career 101” pada 9 Desember pukul 19.15-21.00 bersama Fadilla Putri Irintika, Lead Partnership and Platform Development @Kita Progressif. Segera daftar DI SINI!

Di akhir kelas, peserta diharapkan dapat:

  • Memahami apa itu passion
  • Menemukan passion diri
  • Memaksimalkan potensi diri dengan passion yang dimiliki
  • Memaksimalkan antara karier dan passion

Garis besar yang akan dipelajari:

  • Definition of passion
  • What makes passion important for our career
  • Should our career match our passion?
  • How to find our passion?
  • How to turn passion into career?
  • Passion tips and trick for career preparation

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari

Yuk segera daftarkan dirimu DI SINI!

The post Hati-hati! Mindset Follow Your Passion Bisa Jadi Jebakan Lho appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR