SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Fadhil Oktariansyah Bocorkan Rahasia Membentuk Karakter Orang Sukses

Halo Sobat Campuspedia! 2 Desember 2020 kemarin telah diadakan online career class tentang cara membentuk karakter untuk karier yang sukses pada pukul 19.15-21.00 WIB. Online class kemarin berjalan dengan lancar dan menarik diawali dengan pembukaan oleh moderator, yaitu kak Evo. Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan peraturan, 60 menit untuk sesi presentasi yang dibawakan oleh kak Fadhil, dan sesi tanya jawab selama 30 menit.

Baca Juga: Tips Dapat Uang dari Menulis

Kenalan dengan Kak Fadhil, Yuk!

Kak Fadhil merupakan salah satu karyawan swasta di Jakarta yang sekaligus menjadi General Leader di komunitas Kita Progresif. Sejak di masa SMA dan kuliah dulu, kak Fadhil merupakan seorang aktivis komunitas. Menurut kak Fadhil, banyak sekali pembelajaran yang bisa didapat dari mengikuti komunitas. Keikutsertaan kak Fadhil di komunitas pun yang sampai saat ini berperan besar membentuk karakter dan kepribadiannya untuk sukses berkarier.

Menurut Kamu, Karier yang Sukses Itu Seperti Apa Sih?

Kak Fadhil membuka sesi materinya dengan melemparkan pertanyaan ini kepada para partisipan yang hadir di online career class kemarin. Setiap peserta mengeluarkan pendapatnya masing-masing dan sebagian besar menganggap karier yang sukses adalah ketika karier tersebut sesuai dengan cita-cita atau keinginan kita, cocok dengan keribadian kita, dan kita bisa dapat benefit dari karier tersebut (contoh: pendapatan/gaji). Selain itu, ada jawaban lain yang tidak kalah menarik loh! Ada yang menganggap karier yang sukses adalah ketika karier tersebut bisa membuat diri kita dan orang lain bahagia

Nah, kak Fadhil juga setuju banget nih sama semua pandangan partisipan kemarin. Menurut kak Fadhil sendiri, karier yang sukses adalah disaat kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan sesuai apa yang kamu mau, bukan dari apa yang orang lain definisikan. Karier itu adalah sesuatu yang diperjuangkan. Sukses itu artinya berhasil sehingga ketika kita menargetkan sesuatu dan itu berhasil, itu sudah sukses kok!

Bagaimana Cara Kamu Mendefinisikan Karakter?

Kak Fadhil kembali melemparkan pertanyaan kepada para partisipan. Ada yang menjawab bahwa karakter adalah suatu perilaku yang terbentuk karena adanya proses yang sangat panjang, jadi tidak muncul secara tiba-tiba. Pasti ada penyebab di balik karakter yang kamu punya saat ini. Karakter terbentuk melalui pengalaman atau hal-hal yang pernah dialami. Selain itu, kita bisa membentuk karakter kita dengan cara mengadopsi perilaku orang lain yang kita anggap baik. Dengan kata lain, ada sesuatu yang kita tiru dari role model kita.

Tambahan dari kak Fadhil, menurutnya karakter itu merupakan sesuatu yang bisa dipilih. Karakter itu pilihan dan pilihan itulah yang akan menentukan menjadi sepeti apa kamu nantinya, kesuksesan seperti apa yang akan kamu dapatkan kedepannya.

Baca Juga: Tips Membangun Karakter Diri untuk Karier Sukses

Yuk, Coba Anggap Diri Kamu Sebagai Gelas Kosong

Dalam proses pembentukan karakter, manusia dianalogikan sebagai gelas kosong yang siap menerima banyak sekali faktor dari luar yang akan masuk ke dalam diri dan hidupnya untuk kemudian membentuk karakter mereka. Ada 6 aspek yang bisa mempengaruhi pembentukan karakter kamu, antara lain:

1. Circle atau komunitas

2. Edukasi

Pembentukan karakter melalui edukasi berupa norma, etika, dan bagaimana mempelajari hal tersebut.

3. Teman baik

“Tunjukkan padaku teman-teman terdekatmu dan kutunjukkan padamu masa depanmu.”

4. Keluarga

5. Persaingan (rivalry)

Ketika kamu memiliki saingan yang bisa membantu satu sama lain untuk berkembang, ini akan menjadi benefit dan membantu perkembangan karakter kamu nantinya.

6. Pekerjaan atau sesuatu yang dilakukan

Kenapa Sih Karakter Itu Penting?

Pada dasarnya manusia itu, KEPO!

  • Kredibilitas

Kerdibilitas adalah kejelasan dari potensi diri kamu. Contoh, kalau kamu memiliki karakter yang bisa memimpin dan memutuskan, maak kredibilitas akan muncul ketika kamu bisa menunjukan itu ke orang lain dan berdampak bagi mereka.

  • Emosi

Emosi merupakan hal yang dirasakan dan ditunjukkan. Bagaimana kamu menunjukkan emosi kamu, disitu akan terpancar seperti apa karakter kamu yang sebenarnya.

  • Prinsip

Milikilah pendirian dan berpegang tegulah pada prinsipmu sendiri supaya kamu bisa lebih dipercaya dan diandalkan orang lain. prinsip juga membantu kamu untuk tidak mudah terbawa arus lingkungan yang tidak selalu berdampak baik.

  • Persona

Persona merupakan citra, topeng, atau kesan apa yang kamu berikan ke orang-orang.

Empat aspek di atas merupakan nilai-nilai yang akan keluar  (output) dari dalam diri kamu. Output tersebut akan menunjukkan kualitas karakter dirimu seperti apa. Pilihan karakter yang kamu pilih tentu berpengaruh besar untuk membangun kesuksesan kamu. So, bentuklah karakter yg mencerminkan the best of you, ya!

Hubungan Karakter dengan Kesuksesan

Menurut kak Fadhil, membentuk karakter diri sama dengan membentuk kesuksesan. Ada beberapa hal yang harus kamu kenali dari dirimu sendiri untuk membentuk karakter kamu, antara lain:

  1. SWOT (strenght, weakness, opportunities, threats) dan watak kamu
  2. Karier kamu dan role model kamu
  3. Siapa kamu sebenarnya

Semoga dengan semakin mengenal diri sendiri, kamu semakin bisa memilih untuk membentuk karakter yang bisa menunjang kesuksesan karier kamu ya!

Untuk kamu yang tertarik meningkatkan skill dan self-development kamu, yuk daftarkan diri kamu di online class Campuspedia Academy DI SINI!

The post Fadhil Oktariansyah Bocorkan Rahasia Membentuk Karakter Orang Sukses appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR