SEKILAS INFO
: - Jumat, 04-12-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Fadel Muhammad Berbagi Pengalaman Menjadi Product Manager

Kelas online Campuspedia edisi Oktober kali ini kedatangan mentor kece dan luar biasa, yakni Fadel Muhammad. Fadel adalah seorang Product Manager di @flip.id. Selain menjadi PM di @flip.id, Fadel juga merupaka Co-founder dari Titik Balik. Saat ini pekerjaan sebagai product manager diminati banyak orang. Namun, masih sedikit yang mengetahui benar apa sebenarnya product manager dan bagaimana cara untuk menjadi product manager. Oleh karena itu, dengan pengetahuan dan pengalaman yang dipunya, Fadel menjelaskan ilmu dasar megenai product manager. 

Kelas ini dilaksanakan 20 Oktober silam dengan menggunakan Zoom sebagai media untuk berdiskusi. Diikuti lebih dari tiga puluh peserta kelas ini berlangsung aktif dan kondusif. Fathin, selaku moderator menjelaskan aturan selama mengikuti kelas online beserta tatacara mengajukan pertanyaan saat sesi tanya-jawab.

Pembukaan Kelas

Sebelum memasuki sesi penjelasan, Fadel menanyakan beberapa pertanyaan kepada para peserta untuk membuat suasana kelas lebih aktif dan seru. Para peserta sangat antusias menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan Fadel.

Fadel memulai kelas dengan diawali penjelasan mengenai proses untuk product development. “Ada lima langkah yang harus dilakukan saat melakukan product development, yakni define, develop, quality test, shipment, dan analyze,” jelasnya.

Selain menjelaskan apa itu product manager, bagaimana sistem kerjanya, serta apa saja yang menjadi tanggung jawab seorang PM, Fadel juga menjabarkan kelebihan dari menjadi seorang PM.

“Walaupun sulit, namun sepadan. Kebahagiaan seorang PM ialah jika melihat orang lain senang menggunakan produk yang kamu buat. Kamu juga akan merasa senang jika mengetahui dampak positif yang telah kamu berikan.”

Sebelum mengakhiri kelas, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya. Berikut rangkuman pertanyaan selama kelas Get to Know Product Manager Role: New Opportunities with High Demand bersama Fadel Muhammad.

Untuk mendalami pekerjaan Product Manager, apa saja steps yang harus dilakukan?

Mengikuti lomba Business Plan untuk yang masih berstatus mahasiswa. Dengan mengikuti lomba seperti ini, bukan hanya menambah portofolio, kamu juga dapat mengasah cara berpikir dan bagaimana untuk mempresentasikan ide yang dipunya. Jangan lupa hal-hal tersebut juga harus direalisasikan. Cara kedua, kamu bisa mencari pekerjaan yang bukan langsung menjadi PM, namun tetap berhubungan dengan PM itu sendiri. Cara ketiga ialah dengan mengikuti pelatihan yang membantu kamu memahami tentang bidang ini. Terakhir, kamu bisa magang di beberapa start-up yang masih baru berdiri.

Apakah ada aturan khusus untuk product recruitment document? atau adakah yang mentoring saat baru masuk ke company?

Untuk aturan, setiap company pasti mempunyai aturan yang berbeda. Kamu dapat belajar mandiri dan setelahnya kamu dapat menyesuaikan dan mengembangkan sesuai dengan company tersebut. 

Bagaimana cara mengetahui apakah produk kita disukai atau tidak oleh konsumen?

Bisa dengan cara menggunakan Minimum Viable Product. MVP ialah cara yang dilakukan untuk meminimalisir effort untuk memvalidasi kebutuhan user. Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa tahu apakah orang mau atau tidak menggunakan produk tersebut. Cara selanjutnya A/B test, yaitu mengetahui fitur mana yang lebih disukai user. 

Akhir Kelas

Sesi pertanyaan diakhiri setelah tiga puluh menit berlangsung. Meskipun tidak semua pertanyaan terjawab karena keterbatasan waktu, peserta tetap merasa puas. Harapannya peserta dapat memperdalam kembali mengenai Product Manager dari berbagai sumber. Jangan lupa pula untuk mengikuti kelas lainnya di Campuspedia Academy, ya!

Whatsapp     : +6282131977070

Instagram     : @campuspedia.academy

Biar gak ketinggalan berita dan informasi mengenai pendidikan yang menarik lainnya, jangan lupa ikuti seluruh akun Campuspedia ya!

The post Fadel Muhammad Berbagi Pengalaman Menjadi Product Manager appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR