Info Kampus
Jumat, 20 Mei 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Etos Kerja Orang Jerman yang Wajib Ditiru

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Jerman terkenal sebagai salah satu negara maju dengan orang-orangnya yang pekerja keras. Ternyata sifat pekerja keras tersebut tidak lepas dari budaya etos kerja yang bagus. Apa saja?

Apa Itu Etos Kerja?

Etos kerja orang Jerman

Etos kerja adalah semangat kerja atau motivasi yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan, baik itu untuk kelompok maupun untuk diri sendiri.

Etos kerja seharusnya dimiliki oleh setiap karyawan agar bisa lebih mudah dalam melakukan pekerjaan dan mencapai tujuan. Sehingga sangat diperlukan masing-masing diri sendiri memiliki etos kerja yang tinggi.

Etos Kerja Orang Jerman

Beasiswa Jerman DAAD

Jerman menjadi salah satu negara dengan jam kerja paling sedikit tiap minggunya di negara Eropa. Mereka hanya bekerja 40 jam selama 1 minggu, yang berarti kurang dari 6 jam dalam sehari.

Tetapi hasil kerja dari orang Jerman tidak perlu diragukan lagi, meski waktu kerjanya sedikit, mereka selalu menyelesaikan pekerjaan dengan sangat baik.

Apa Saja Etos Kerja Orang Jerman yang Bisa Kalian Tiru?

etos kerja orang jerman

Teamwork

Ada pepatah yang mengatakan berat sama dipikul, ringan sama dengan dijinjing. Hal ini juga yang diberlakukan di Jerman. Mereka menyukai bekerja sama dalam tim untuk mempercepat pekerjaan mereka.

Jika ada satu orang yang tidak bisa, maka anggota yang lain bisa mengcover pekerjaan orang tersebut, sehingga tidak ada lagi pekerjaan yang terbengkalai. Namun bukan berarti mereka santai-santai saja karena ada yang menolong ya!

Mereka tetap bersikap profesional dengan mengerjakan tugas dan tanggung jawab pribadi dengan tepat waktu agar tidak mengganggu kinerja tim. Ini dia yang patut di contoh!

Tepat Waktu

Salah satu hal yang paling dihargai oleh masyarakat Jerman adalah waktu. Orang Jerman sangat mencintai waktu dan menghargai orang yang bisa tepat waktu.

Kalau di Jerman, kalian telat sedikit saja pasti sudah dianggap sebagai orang yang buruk deh! Berbeda ya dengan budaya di Indonesia? Kadang justru yang tepat waktu yang menunggu orang terlambat.

Usahakan datang 5 menit sebelum waktu janjian ya sobat Minca! Biar kaya orang Jerman gitu lebih menghargai waktu. Karena waktu tidak bisa diputar kembali

Bekerja dengan Sungguh-sungguh

Orang Jerman juga terkenal bersungguh-sungguh dalam melakukan setiap pekerjaan yang diberikan kepada mereka. Mereka akn menggunakan waktu bekerja sebaik mungkin untuk bekerja, bukan untuk melakukan hal lain.

Tentu ini pembelajaran yang bisa diambil ya! Jangan sampai kalian melakukan pekerjaan lain di saat jam bekerja, yang ada kerja keteteran dan pekerjaan tidak akan selesai tepat waktu! Nah etos kerja orang Jerman yang satu ini sepertinya sangat cocok untuk diterapkan saat WFH.

Bekerja Untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Bekerja

Prinsip yang dianut oleh orang Jerman mereka adalah bekerja untuk hidup, sehingga hal ini juga yang mendasari sistem upah di Jerman. Mereka akan tetap meminta uang lembur apabila melakukan pekerjaan jauh diatas jam kerja mereka.

Karena mereka bekerja untuk hidup, maka setiap detail pekerjaan harus ada kompensasinya. Mereka memperhatikan betul tentang tenaga yang sudah mereka keluarkan dengan apa yang akan mereka dapatkan nantinya.

Tidak Mencampurkan Urusan Pribadi dan Pekerjaan

Nah salah satu hal yang perlu kalian tiru dari orang Jerman adalah mereka tidak mencampur aduk urusan pribadi dan pekerjaan. Jika bekerja, maka mereka akan melupakan semua masalah pribadinya terlebih dahulu.

Enggak ada tuh kayanya badmood karena putus sama pacar sehingga berpengaruh ke kinerja dalam bekerja. Wah kalau yang ini sih harus banget di contoh ya! Karena urusan pribadi dan pekerjaan tentunya merupakan dua hal yang sangat berbeda. Etos kerja orang Jerman yang ini patut banget ditiru yah guys!

Fakta Unik Budaya Kerja di Jerman

fakta unik bekerja di jerman
Foto by: Benjamin Dada

Nah kali ini Minca juga mau membahas nih mengenai fakta-fakta unik tentang dunia kerja di Jerman yang tentunya sangat jarang ditemukan di Indonesia! Apa saja ya?

Jerman Sangat memperhatikan Hari Libur

Di negara Jerman, mereka akan sangat teliti dan memperhatikan hari libur yang didapatkan oleh para pekerjanya. Pemerintah Jerman berprinsip para pekerja di Jerman tidak boleh stress dan harus memiliki banyak waktu bersenang-senang agar bisa kembali produktif.

Mereka mendapatkan 30 hari libur dalam setahun loh! 30 hari tersebut belum termasuk dengan hari libur kerja atau hari libur nasional. Wah sejahtera banget ya!

Kepercayaan dari Atasan ke Karyawan, dan Sebaliknya

Nah di Jerman juga sangat menjunjung tinggi asas kepercayaan satu sama lain, sehingga dalam bekerja akan timbul semangat yang lebih karena sudah percaya satu sama lain. Atasan akan percaya sepenuhnya kepada bawahan tentang apa yang mereka kerjakan, begitu pula bawahan akan percaya terhadap apa yang dilakukan oleh atasan.

Jadi bagaimana nih sobat Minca? Tertarik untuk bekerja di Jerman?

BACA JUGA:

Cek Berkala, Uang Saku Magang Kampus Merdeka dan Studi Independen Bersertifikat Cair Bulan Ini!

Tips Perkenalan Diri Saat Interview Kerja

Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Digital, Anti Ribet!

The post Etos Kerja Orang Jerman yang Wajib Ditiru appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar