SEKILAS INFO
: - Kamis, 22-10-2020
  • 9 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
E-ticketing Mobile, Inovasi Sistem Pendukung Transportasi Publik

Jakarta – E-Ticketing Mobile menjadi solusi layanan electronic ticketing untuk mengatasi permasalahan pembelian dan pembayaran tiket pada Bus Rapid Transit (BRT). Perusahaan ini diinisiasi oleh PT Nusantara Global Inovasi (PT NGI), salah satu startup binaan program Startup Inovasi Indonesia Kemenristek/BRIN tahun 2016 dan 2019.

Awalnya berbentuk CV yang didirikan pada tahun 2014, NGI berkembang menjadi Perseroan Terbatas (PT) pada tahun 2015, setelah dipercaya mengembangkan berbagai proyek baik dari B2B maupun B2G. Pada tahun yang sama, NGI mengembangkan layanan untuk transportasi massal milik Pemerintah Kota Semarang yaitu Trans Semarang berupa system e-ticketing.

Selanjutnya tahun 2016, NGI mengikuti program PPBT dari Kemenristek/BRIN dan kembali mengikuti program Scale Up PLBT pada tahun 2019. Pada kedua program tersebut, produk E-Ticketing Mobile dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga produk tersebut mendapatkan fitur-fitur tambahan seperti cashless payment, PIS (Passenger Information System) yang dapat mempermudah penggunanya serta interkoneksi GPS dan aplikasi absensi petugas untuk menunjang sistem pemantauan perusahaan.

Prestasi dapat mereka raih dengan mendapatkan sejumlah penghargaan dari Kemenristek/BRIN yaitu “Tenant Dengan Jiwa Kewirausahaan dan Keunggulan Produk Terbaik” pada program Inkubator Bisnis Teknologi (IBT)  tahun 2016 dan “Startup Teknologi Unggulan Bidang Teknologi Informasi Komunikasi” pada program Perusahaan Lanjutan Berbasis Teknologi (PLBT) Tahun 2019.

Tak lama, NGI semakin dikenal oleh ekosistem layanan transportasi publik milik Pemerintah di beberapa kota besar di Indonesia sebagai perusahaan yang mampu memberikan solusi terintegrasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. Terhitung hampir 40% layanan BRT yang terdapat di Indonesia mempercayakan development dan maintenance BRT System kepada NGI, antara lain Trans Semarang, Trans Metro Bandung, Trans Jogja, Trans Batam dan Trans Jateng.

Kontribusi NGI pun cukup luas, dengan pengguna layanan system BRT yang lebih dari 35.000 penumpang tiap harinya, tiap penumpang dapat dengan mudah memperoleh informasi terkait BRT, mengetahui posisi halte, shelter dan bus yang akan digunakan. Bertransaksi dapat dilakukan dengan mudah karena E-Ticketing Mobile telah mendukung berbagai vendor pembayaran online yang selain mendukung Gerakan Non Tunai yang digalakkan oleh pemerintah. Sistem pembayaran online juga mendukung social campaign untuk mengurangi penggunaan uang tunai selama masa pandemi Covid-19. Sistem ini juga telah dilengkapi informasi mengenai kecepatan bus yang melebihi kententuan secara realtime, sehingga pengelola dapat melakukan tindakan preventif sesuai dengan SOP. Selain itu presensi dan monitoring kinerja semua staf operasional telah terintegrasi dengan sistem internal.

Dengan berprinsip pada tiga pilar utamanya, yaitu ketepatan, inovasi dan edukasi, PT NGI mampu mengembangkan sistem aplikasi tersebut tidak hanya pada BRT System saja, tetapi kepada sistem elektronik ticketing lainnya seperti vending machine pada Semarang Zoo yang dapat memberikan pengalaman baru bertransaksi bagi pengunjung. Selain itu aplikasi tersebut juga dapat memberikan edukasi mengenai penerapan teknologi yang dapat mempermudah kegiatan sehari-hari kepada para pengunjung Semarang Zoo.

Hadirnya PT NGI, sebagai startup karya anak negeri, ditambah dengan pembinaan dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah melalui Kemenristek/BRIN, telah membantu banyak pengguna E-Ticketing Mobile maupun aplikasi yang diciptakan oleh NGI untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Dengan adanya sistem pembayaran tanpa tunai, pembelian tiket secara self-service dan pelayanan validasi tiket masuk pengunjung yang cukup cepat, dapat mengurangi kontak fisik dengan petugas atau antar pengguna. Selain itu pengguna bisa mendapatkan edukasi dari aplikasi yang telah diciptakan oleh PT NGI. Sehingga pengguna dapat menggunakan fasilitas umum dengan aman dan nyaman, serta mendapatkan informasi dan nilai edukasi baru.                

Penulis : Sefryan Daru S.

Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi
Deputi Penguatan Inovasi
Kemenristek/BRIN

Sumber :   Dody Andiawan (CTO PT Nusantara Global Inovasi – Startup E-Ticketing Mobile)

TINGGALKAN KOMENTAR