SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-11-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Digitalisasi Sekolah? Tenang, Kemdikbud Sudah Menyiapkan Dana Sebesar Rp 3T!

Di era pandemi Covid-19 ini, sepertinya kondisi memaksa kita untuk paham akan teknologi. Mau tidak mau, semua usia sudah harus merasakan apa itu teknologi. Mulai dari sekolah online, kuliah online, sampai kerja dari rumah secara online. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa tempat, khususnya sekolah-sekolah masih belum siap dengan tantangan ini. Oleh karena itu diperlukan adanya Program Digitalisasi Sekolah. Sebenarnya program tersebut sudah diluncurkan dari tahun lalu, dan ditujukan oleh daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Baca Juga: Baru Lulus SMP dan Punya Mimpi Menjadi Tentara? Yuk Ikut Rekrutmen Tamtama TNI AU!

Secara umum, definisi dari Digitalisasi Sekolah merupakan terobosan baru di dunia pendidikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam berbagai aspek pengajaran. Kelebihan dari sistem ini adalah untuk mendukung pembelajaran, contohnya pelajaran TIK yang membutuhkan PC, laptop, LCD, router, dan eksternal hard disk. Nah pas banget tahun depan itu Kemdikbud akan menganggarkan Rp 3 trliun, khusus untuk pengadaan alat elektronik. Selain itu, Kemdibud juga sudah menyediakan platform agar guru-guru bisa dengan mudah mengunduh kurikulum dan memilih kurikulum dalam bentuk modul-modul.

Dengan anggaran yang ada, direncanakan setiap sekolah akan menerima 15 laptop dan satu access point. Laptop yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk asesmen kompetensi minimum, asesmen nasional, praktikum, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kamu Sedang dalam Tahap Seleksi Focus Group Discussion? Skuy, Pelajari Tips dan Triknya

Sebagai bentuk implementasi dari aktualisasi program ini, Mendikbud berkunjung ke berbagai sekolah selama beberapa hari. Contohnya di Kota Palu, Ia mengunjuki SMK Negeri 8 Kota Palu, TK Alkhairat, TK Nurul Jamiah Talise, SD Negeri 15 Kota Palu, dan SMA Negeri 2 Kota Palu. Selain itu, beliau melakukan diskusi terbuka dengan para guru, kepala sekolah, dan juga para pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, serta memastikan pembangunan sekolah pascagempa berjalan dengan baik.

Wah semoga aja nih program dari Kemdikbud ini bisa cepat direalisasikan ya. Semoga juga sekolah kamu masuk ke dalam list dari program Digitalisasi Sekolah ya. Biar efektivitas dari ngajar-mengajarnya makin oke. Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE  kami agar kamu terus update mengenai tips and trick, info kampus, beasiswa, dan masih banyak lainnya.

 

The post Digitalisasi Sekolah? Tenang, Kemdikbud Sudah Menyiapkan Dana Sebesar Rp 3T! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR