SEKILAS INFO
: - Kamis, 15-04-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Digital Minimalism: How do you simplify your digital life?

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia menunjukkan perkembangan yang pesat. Persentase penduduk yang menggunakan handphone terus mengalami peningkatan, hingga pada tahun 2019 mencapai 63,53 persen dari total penduduk. Namun sadarkah jika pekembangan digital juga bisa mempengaruhi kehidupan seseorang? Lantas bagaimana mengatasi agar perkembangan tersebut tidak membawa dampak buruk bagi kehidupan? Jawabannya adalah digital minimalism.

Baca Juga :Mahasiswa, 12 Aplikasi Ini Wajib Dimiliki untuk Meningkatkan Produktivitasmu!

Digital minimalism adalah sebuah konsep penggunaan teknologi dimana seseorang memfokuskan waktu onlinenya hanya untuk beberapa aktifitas yang telah dipilih dengan cermat dan membawa manfaat yang baik. Mengabaikan aktifitas online yang tidak memberi nilai tambah dalam hidupnya merupakan salah satu caranya. Apakah aplikasi ini berguna dalam hidup saya atau tidak?. Penggunaan aplikasi pada handpone menjadi jelas dan spesifik. Apa yang dilihat setiap hari akan membentuk cara pandang terhadap hidup. Menggunakan media digital yang sembarangan membuat pikiran penggunanya keruh dan tidak bisa fokus. Padahal dibanyak penelitian fokus akan mengakibatkan seorang menjadi mudah berpikiran negatif. Sering memikirkan apa yang belum terjadi, sehingga lelah mental dan mudah depresi. Lalu bagaimana cara merepkan digital minimalism?

Cermati betul aplikasi yang memang dibutuhkan

meminimalisir penggunaan gadget

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menyederhanakan isi gadget. Maksudnya gimana tu? Mulailah hapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting di dalam gadget kamu. Coba tanyakan kembali pertanyaan-pertanyaan, apakah saya memerlukannya? Apakah aplikasi ini membawa dampak positif bagi dirimu? Atau apakah aplikasi ini membuatmu kecanduan membuka gadget sehingga melupakan kegiatan lain. Jika dirasa aplikasi tersebut ternyata banyak membawa dampak negatif, maka silahkan buang atau uninstall. Namun jika sangat diperlukan maka tetaplah gunakan namun dalam porsi yang wajar. Langkah awal menuju digital minimalism semua tergantung pada dirimu. Jadi pastikan kembali apakah langkah awalmu sudah benar.

Baca Juga :Mau Feed Ala Selebgram? Cobain 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Ini!

Ganti aktifitas gabut dari main ponsel dengan aktifitas lain

Setelah membuang beberapa aplikasi gadget yang tidak menguntungkan dalam hidup. Kamu tentu akan merasa bosan karena sudah terbiasa untuk membuka telpon seluler sebelumnya. Atasi kebosanan tersebut dengan melakukan kegiatan analog kesukaanmu. Kamu bisa menulis, menggambar, menjahit atau bahakan bermain music. Membaca buku juga mampu mengusir kebosanan. Berkumpul dengan orang-orang tercinta dan mengobrol dengan teman di tempat ngopi juga hal yang menarik. Digital minimalism tidak serta merta meninggalkan gadget namun bagaimana cara kamu meningkatkan kualitas hidup tanpa merasa ketergantungan dengan handphone.

Cipatakan kembali ruang bosan

digital minimalism

Pernah ga sih, pas lagi di kamar mandi, terus lagi nunggu air di bak penuh tiba-tiba kamu kepikiran ide cemerlang? Ternyata itu bukan sebuah kebetulan lho kawan! Karena kamu melakukan aktifitas yang bosan akhirnya otak merangsang pikiran untuk memikirkan hal-hal yang tidak disangka. Nah, maksud menciptakan ruang bosan di point ini bisa diibaratkan seperti itu. Segera tuliskan dan tuangkan ide yang telah kamu dapat. Sadar atau tidak digital memang menggerogoti kreativitas manusia. Oleh sebab itu tidak ada yang salah jika kamu mulai menerapkan konsep hidup digital minimalism.

Baca Juga :Cara Membaca Lebih Efektif dan Efisien Menggunakan Teknik SQ3R

So, segitu dulu dari minca. Digital minimalism tidak akan terjadi begitu saja tanpa tekad yang bulat dari pelakunya. Rasakan bedanya setelah puasa medsos selama beberapa hari. Kamu juga bisa baca-baca buku tentang digital minimalism untuk lebih detailnya. See you in the next article!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Digital Minimalism: How do you simplify your digital life? appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR