Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Digital Marketing Campaign: Jenis yang Perlu Kamu Ketahui

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Pesatnya perkembangan dunia maya dan bisnis di dalamnya, membuat kita tidak mau kalah menggunakan campaign digital marketing atau digital marketing campaign.

Digital Marketing Campaign mengambil kegunaan dari dunia maya dan menggabungkannya menjadi seuatu alat untuk kita menyebarluaskan barang yang kita jual.

Menurut data Statista 2019 yang dimuat di situs Katadata, terjadi peningkatan pengguna internet di Indonesia sekitar 13 persen dari tahun 2017 hingga 2019. Bahkan pertumbuhan pengguna internet diyakini akan terus berlanjut hingga saat ini. . Karena itu, pemasaran digital dianggap sebagai salah satu strategi paling efektif dan efisien untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis Anda secara digital.

Namun, dalam praktiknya, sebagian besar pemilik bisnis hanya menganggap pemasaran digital sebagai aktivitas yang melibatkan penggunaan media sosial atau bekerja dengan e-commerce hanya untuk mengoptimalkan pemasaran digital. Faktanya, ini tidak terjadi. Untuk melakukan ini, mari kita temukan 7 jenis kampanye digital untuk pemasaran digital bersama.

Berikut beberapa Digital Marketing Campaign yang dapat kita gunakan untuk menyebarkan bisnis digital

SEO

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah metode pertama yang digunakan kebanyakan orang untuk mengoptimalkan mesin pencari. Dengan menargetkan kata kunci tertentu dan membuat konten berdasarkan tips SEO, kampanye digital jenis ini dirancang untuk membantu menjangkau pengguna internet tentang bisnis yang Anda jalankan. Masih diyakini bahwa penggunaan SEO berdampak besar pada promosi dan pemasaran digital produk atau layanan apa pun, mengingat banyak orang menjelajahi Internet terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi tentang produk atau layanan yang mereka butuhkan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Penting untuk diketahui bahwa pengguna Internet biasanya hanya membuka halaman pertama Google untuk menemukan apa yang mereka cari. Karena itu, sangat penting untuk memaksimalkan penerapan SEO Anda agar kata kunci yang Anda targetkan mudah ditemukan oleh pengguna internet.

SEM

Pemasaran mesin pencari (SEM) juga merupakan jenis pemasaran digital lainnya di mana produk muncul di halaman pertama mesin pencari. Namun, menerapkan SEM membutuhkan keterampilan dan sumber daya keuangan yang berbeda dari praktik kampanye digital lainnya. Mesin pencari umumnya menampilkan hasil pencarian berbayar di halaman pertama dan di posisi teratas dan berisi kata-kata “iklan” atau “iklan”. Anda bisa memanfaatkan SEM dengan membeli iklan, misalnya di Google Ads. Untuk memaksimalkan hasil Anda, Anda juga dapat bermitra dengan agensi digital terbaik di Jakarta. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda menerapkan kampanye pemasaran digital yang paling sesuai dengan perusahaan Anda.

SMM

Media sosial merupakan bagian penting dari kehidupan manusia modern saat ini. Hampir setiap orang, dari berbagai profesi, kelompok umur, jenis kelamin, dan semua lapisan masyarakat, menggunakan media sosial untuk berinteraksi satu sama lain. Penggunaan media sosial yang tepat sebagai media periklanan online dapat sangat membantu Anda mempromosikan, mempresentasikan, dan bahkan memasarkan produk dan layanan perusahaan Anda. Selain itu, media sosial juga dapat menjadi tempat terbaik untuk berinteraksi dan membangun hubungan pelanggan yang lebih baik. Pemasaran Media Sosial dapat dilakukan dengan bantuan Iklan Instagram atau Instagram, Iklan Facebook, dan bahkan Iklan Twitter. Bisa juga dilakukan dengan memperbanyak user-generated content dengan mengajak pelanggan memberikan testimoni positif di media sosial masing-masing.

PPC

Pay Per Click atau PPC adalah teknik pemasaran digital yang menggunakan internet dan situs web sebagai alat. PPC bekerja dengan membayar biaya setiap kali iklan atau situs web dikunjungi dan diklik. Biaya setiap iklan tergantung pada kualitas situs web bisnis Anda dan persaingan untuk kata kunci tersebut.

Content Marketing dan Viral Marketing

Pemasaran konten adalah praktik pemasaran yang dilakukan dengan membuat konten berkualitas tinggi dan bermakna bagi pengguna Anda. Konten yang dibuat memicu minat pada produk komersial, memberikan informasi yang berguna untuk mengundang transaksi, dan bahkan dapat mempengaruhi orang lain untuk bertransaksi.

Jenis pemasaran digital ini tidak terbatas pada konten dalam bentuk sumber di blog, situs web, atau dalam teks di media sosial, tetapi dapat dalam bentuk spanduk, gambar, rekaman suara, dan bahkan video. Sementara itu, viral marketing adalah menciptakan konten yang kemungkinan besar akan menjadi viral, menarik lebih banyak pengguna Internet untuk mencari tahu, membaca, dan bahkan berinteraksi dengannya.

Konten viral di sini bisa berupa konten yang sedang tren, lucu, atau aneh yang memikat hati dan membuat banyak orang ingin membagikannya. Kedua jenis pemasaran ini sederhana. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk lebih mengenal media sosial dan pemasaran digital.

Pemasaran Influencer

Influencer di media sosial memiliki dampak besar pada pengikut mereka. Tidak jarang penggemar influencer membeli semua yang diiklankan oleh influencer karena kesetiaan mereka. Bekerja dengan influencer memungkinkan bisnis Anda menjangkau demografi pengguna media sosial yang lebih luas. Bentuk kerjasama yang memungkinkan adalah pemberian hadiah, pemberian kode diskon,

Nah, Campuspedia Friends, berikut beberapa digital marketing campaign yang bisa kita gunakan untuk membantu berbisnis. Semoga bermanfaat!

 

 

Baca juga: 

The post Digital Marketing Campaign: Jenis yang Perlu Kamu Ketahui appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar