SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Community Manager: Penghubung antara Perusahaan dengan Konsumen

Halo sobat Campuspedia! Kamu tertarik mempelajari dan mengembangkan strategi digital? Atau kamu merasa ahli dalam social networking? Wah, siapa tahu kamu cocok nih jadi seorang community manager! Seorang community manager bekerja dalam departemen digital marketing yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan brand’s online community. Yuk simak penjelasan di bawah untuk lebih lengkapnya!

Community Manager

Community manager adalah seseorang yang ahli dalam bidang social networks sekaligus bertanggung jawab atas strategi digital yang akan diimplementasikan oleh perusahaan terkait. Merangkum dari Ekrut.com, seorang CM harus bisa menetapkan strategi dan target yang difokuskan pada media sosial perusahaan. Untuk mewujudkan hal tersebut, seorang CM wajib melakukan hal-hal seperti berikut.

  • Pembuatan dan pengelolaan konten
  • Memonitor social networks
  • Analisis media sosial
  • Action Plan untuk digital marketing
  • Koneksi dengan komunitas. 

Baca Juga: 6 Tools Social Media yang Bisa Bantu Promosi Produk Kamu

Tugas dan Tanggung Jawab

Mengutip dari Glints.com, tanggung jawab dari seorang community manager, antara lain

  • Membangun hubungan dengan audiens
  • Mencari masukan atau umpan balik dari pelanggan melalui obrolan atau interaksi
  • Memberi informasi dan dukungan untuk audiens, penggemar, dan customer
  • Meningkatkan brand awareness pada audiens
  • Mempelajari soal pelanggan, perilaku, karakteristik, ekspektasi, dan apa yang mereka butuhkan
  • Meningkatkan interaksi customer, conversions, dan sales
  • Mengantarkan brand value pada audiens

Skill untuk Menjadi Community Manager

Dikutip dari Mashable, ada beberapa skill yang wajib dikuasai oleh CM, antara lain

  • Komunikasi
  • Kemampuan menilai atau judgement
  • Empati
  • Analisis
  • Pengetahuan mengenai brand perusahaan
  • Multitasking

Selain itu, ada beberapa ciri universal yang dimiliki oleh hampir setiap CM. Secara umum, seorang CM:

  • Memiliki kemampuan untuk memimpin upaya pengembangan dan pertumbuhan komunitas
  • Sangat berfokus pada pelanggan
  • Tahu bagaimana dan kapan harus menunjukkan empati
  • Orang yang otentik dan berorientasi pada detail
  • Mampu menganalisis dan mengukur upaya dan hasil pengelolaan komunitas

Menjadi Community Manager yang Baik

Ketahuilah bahwa menjadi seorang community manager yang sukses sangat bergantung pada keterampilan daripada gelar yang dimiliki. Kamu harus memiliki pengetahuan yang luas tentang bisnis perusahaan. Gunakanlah pengalaman kamu untuk mencapai tujuan yang telah disetujui bersama. Kamu juga harus bisa memimpin organisasi dengan percaya diri. Tangani setiap masalah yang muncul dengan tepat, ya! Bangun juga hubungan yang produktif dan profesional, baik secara internal maupun eksternal.

Selain itu, seorang CM juga diharapkan bisa multitasking. Bayangkan saja, menayangkan konten berbeda di beberapa media sosial bukanlah pekerjaan yang mudah, kan? Seorang CM harus mampu membangun strategi untuk setiap channel yang berbeda dan konten yang dibuat untuk masing-masing channel pun harus berbeda sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan. Semoga dengan semua komponen tersebut, kamu bisa menjadi seorang community manager yang baik, ya!

Yuk, Persiapkan Dirimu Sekarang!

Nah, sekarang kamu sudah sedikit lebih paham kan tentang community manager? Setiap perusahaan tentu membutuhkan seorang community manager untuk mempertahankan hubungan baik antara perusahaan dengan customer atau calon customer. Seorang community manager menjadi jembatan antara kedua belah pihak tersebut guna meningkatkan brand awareness, mengetahui persoalan audiens, dan masih banyak lagi.

Tertarik mengetahui lebih lanjut terkait peran dan skill yang dibutuhkan seorang CM? Ingin menjadi CM yang profesional? Yuk, langsung daftar kelas edisi “How To Improve Your Social Skill As Community Manager” pada 19 Desember 2020 pukul 15.15-17.00 WIB bersama kak Suci Rachmawati, Community Development. Yuk segera daftar DI SINI!

Di akhir kelas, peserta diharapkan dapat memahami:

  • Apa itu CM
  • Tugas CM
  • Pentingnya peranan CM dalam perusahaan
  • Skills yang dibutuhkan untuk menjadi seorang CM
  • Cara menjadi CM yang profesional

Garis besar yang akan dipelajari:

  • Apa itu CM
  • Jobdesc CM
  • Pentingnya CM dalam perusahaan 
  • Menjadi CM yang profesional  
  • Skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang CM
  • Bagaimana meningkatkan skill tersebut 
  • Mempersiapkan CV dan portfolio sebagai CM

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari

Yuk segera daftar DI SINI!

The post Community Manager: Penghubung antara Perusahaan dengan Konsumen appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR