SEKILAS INFO
: - Senin, 25-01-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Cek 7 Posisi Ini untuk Kamu yang Berminat Kerja di Bank!

Halo sobat Campuspedia! Bank adalah lembaga keuangan yang memiliki wewenang untuk menerima deposito atau tabungan dari masyarakat (nasabah) serta mengeluarkan kredit atau pinjaman kepada masyarakat (nasabah). Seseorang yang kerja di bank bertanggungjawab dalam menyimpan uang masyarakat, usaha pemberian pinjaman, dana investasi, dan lain sebagainya.

Nggak bisa dipungkiri kalau sampai sekarang bidang perbankan masih menjadi salah satu bidang pekerjaan yang nggak pernah sepi peminat. Banyak fresh graduate yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan melamar pekerjaan di bank demi bisa menjadi salah satu pegawainya. Meski bukan PNS, penghasilannya memang cukup lumayan loh! Belum lagi citranya yang dikenal baik di mata orang tua maupun calon mertua kelak

Peran dan Tanggung Jawab Umum

Mengutip dari Quipper, berikut beberapa peran dan tanggung jawab umum pegawai bank:

  • Bertanggung jawab atas usaha penyimpanan uang masyarakat, usaha pemberian pinjaman dengan bunga, usaha penukaran mata uang seperti transfer dan wesel, serta usaha penjualan investasi keuangan seperti obligasi pemerintah dan dana investas.
  • Melakukan pemasaran dengan mencari nasabah
  • Menganalisis penerima pinjaman
  • Melakukan analisis kelayakan pemberian kredit dan pemantauan terhadap kelancaran pembayaran debitur

Keahlian Umum yang Dibutuhkan

  • Keterampilan komunikasi
  • Kemampuan analisis
  • Observasi
  • Berpikir sistematis
  • Penguasaan bahasa asing

Posisi/Jabatan di Bank

 

Sumber gambar: naceweb.org

1. Teller

Posisi teller memang paling familiar di mata orang awam nih karena posisi teller ini umumnya menjadi jenjang karier pertama kali saat bekerja sebagai frontliner. Teller adalah petugas bank yang bekerja di bagian counter. Tugas utamanya melayani nasabah dan calon nasabah yang ingin melakukan berbagai transaksi.

Nasabah yang ingin melakukan penarikan, penyetoran, pemindahbukuan dana antar rekening, melakukan simpanan, mencairkan cek, tanda tangan pengesahan kasir untuk satu dokumen transaksi, dan jasa perbankan lainnya akan dilayani oleh seorang teller. Walaupun kelihatannya sepele, menjadi teller nggak hanya dituntut untuk ramah, tetapi juga teliti, cekatan, dan tahan stres.

Baca Juga: Community Manager: Penghubung antara Perusahaan dengan Konsumen

2. Customer Service

Fungsi utama seorang customer service adalah sebagai resepsionis atau penerima tamu, deskman yang melayani aplikasi yang diajukan nasabah, salesman untuk menjual produk bank, hingga customer relation yang menjaga hubungan baik antara bank dan nasabah. Dalam hal menerima keluhan nasabah, customer service diharapkan bisa mendengarkan sekaligus mencari solusi dari masalah yang dihadapi nasabah.

Mengingat beban tugas yang diembannya, seorang customer service tentu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan pengetahuan mendalam mengenai perbankan. Selain itu, sebagai frontliner, customer service juga diharapkan memiliki penampilan menarik.

3. Staff Back Office (BO)

Staf back office bertugas untuk mengurusi pembukuan atau hal-hal yang sifatnya administratif. Ada banyak posisi/jabatan di BO sebuah bank, seperti bagian kliring, petugas IT, bagian administrasi pinjaman, bagian rumah tangga yang mengurusi ke-SDM-an serta logistik, bagian quality assurance atau yang melakukan penilaian terhadap kinerja layanan bank, dan banyak lagi posisi lainnya.

4. Account Officer (AO)

AO atau yang dikenal sebagai mantri adalah karyawan bank yang berperan sebagai sales dan marketing yang bertugas untuk mencari nasabah kredit atau pinjaman dan melakukan pemasaran produk bank berupa kartu kredit, pinjaman, KPR (Kredit Pemilikan Rumah), termasuk juga modal usaha. Nggak hanya itu, AO juga wajib menganalisis nasabah mengenai usaha dan kemampuan bayarnya serta melakukan penagihan setiap akhir bulan. Biasanya AO diberi fasilitas kendaraan untuk melakukan pencarian nasabah secara mobile setiap hari.

5. Sales Officer

Di berbagai lowongan pekerjaan bank, tentu kamu sering menemukan berbagai lowongan kerja di bagian sales. Judul posisi yang ditawarkan tidak selalu disebut sebagai “sales officer”, tetapi dikaitkan dengan jenis produk perbankan yang akan dijual atau cara menjualnya. Sebagai contoh, mikro kredit sales, sales kartu kredit, sales KPR, hingga telesales. Tugas seorang sales bank hanya sampai mencari nasabah dan menawarkan produk kredit yang sesuai. Pekerjaan ini tentunya harus didukung dengan kemampuan komunikasi yang baik.

6. Funding Officer

Funding officer bertugas mencari dan mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya. Dana inilah yang akan diputar lagi oleh bank dalam bentuk kredit kepada nasabah. Dalam mengumpulkan dana, funding officer dituntut untuk bisa mengelola nasabah sebaik-baiknya melalui pendekatan secara emosional agar dana yang telah masuk tidak berpindah ke bank lain, syukur-syukur dana nasabah di bank lain bisa pindah ke bank tempatnya bekerja.

7. Auditor

Seorang auditor berkewajiban untuk memastikan apakah hasil kerja karyawan di setiap bagiannya telah sesuai dengan prosedur atau tidak. Jika tidak sesuai prosedur, maka akan dimasukkan sebagai temuan yang harus ditindaklanjuti oleh manajemen. Nah, kalau temuannya ini ada yang merugikan perusahaan secara reputasi maupun finansial, maka auditor akan memberikan rekomendasi kepada pimpinan.

Posisi dengan Gaji Tinggi di Bank

Mengutip dari CNBC Indonesia, proses rekrutmen bank saat ini sedang mencari orang-orang yang mempunyai nilai tambah yang lebih kompleks dan lebih tinggi, terutama mencari mereka-mereka yang paham dan fasih terhadap internet of things (IoT), seperti posisi digital atau penasihat.

Dalam riset yang dilakukan oleh Kelly Service, saat ini bank cenderung mengambil pendekatan khusus untuk melayani dan memberikan konsultasi online, layanan online, dan sebagainya. Oleh karena itu, mereka yang bisa mengisi posisi IT di bank, akan diberikan gaji yang tidak tanggung-tanggung! Untuk posisi IT infrastructure dan IT Business Solution & Application Services, bisa mendapatkan range gaji antara Rp93 juta sampai Rp125 juta dengan syarat 15 tahun berpengalaman. Adapun untuk mengisi posisi Account Officier bank bisa menggaji dengan range antara Rp7 juta – Rp11 juta dan gaji menjadi Bank Teller dengan range Rp5 juta – Rp7 juta.

Kamu Tertarik Kerja di Bank?

Kerja bank memang memberikan banyak keuntungan loh, salah satunya yaitu dapat membangun relasi dengan para pebisnis. Wah, pasti bisa memperbesar peluang kamu untuk membuka bisnis sendiri juga, kan? 

Siapapun bisa bekerja di bank, sekalipun tidak memiliki latar pendidikan perbankan. Jadi, jangan ragu ya, friends! Yuk, siapkan dirimu untuk masuk ke dunia perbankan dengan ikut kelas edisi ini. Di kelas ini, kamu akan diajak memahami seputar dunia perbankan, berbagai posisi/jabatan, hingga tips untuk melamar kerja di bank. 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai dunia kerja di bank? Ikuti kelas “Job Explore : Ninety Minutes to Know Bankers Work” pada 19 Desember 2020 pukul 19.15-21.00 WIB bersama Heriyanto Agung, Human Resource Bank Danamon. Segera daftar DI SINI!

Di akhir kelas, peserta diharapkan dapat memahami:

  • Dunia kerja perbankan
  • Profesi banker di beberapa posisi atau jabatan
  • Budaya kerja di bank
  • Tips melamar kerja di bank

Garis besar yang akan dipelajari:

  • Mengenal dunia kerja perbankan
  • Membedah profesi banker di beberapa posisi atau jabatan
  • Budaya kerja di bank
  • Persiapan skill untuk menjadi banker
  • Tips melamar kerja di bank

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari

Yuk segera daftar DI SINI!

The post Cek 7 Posisi Ini untuk Kamu yang Berminat Kerja di Bank! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR