Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Digital, Anti Ribet!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak akhir tahun 2019 lalu menyebabkan banyak perubahan terjadi dalam kehidupan manusia. Salah satunya berdampak pada kegiatan perkantoran dan perkuliahan. WFH (Work From Home) dan kuliah online pun jadi pilihan. Padahal kita tahu bahwa bekerja dan kuliah sangat identik dengan file dan berkas yang harus dikumpulkan secara fisik. Misalnya, seperti berkas yang harus mendapatkan tanda tangan sebagai bentuk persetujuan dan pengesahan. 

Tapi, kamu nggak perlu khawatir karena semenjak WFH dan kulon, banyak instansi yang memperbolehkan penggunaan tanda tangan digital. Jadi, lebih mudah dan efisien kan? Kamu nggak perlu repot cetak berkas dan minta tanda tangan basah. Tapi, kamu udah tahu belum sih cara membuat tanda tangan digital baik di word atau website online? Kalau belum tahu pas banget nih, karena Minca mau membagi caranya dalam ulasan berikut. Dijamin mudah dan nggak pakai ribet. Jadi, langsung simak yuk! 

Tanda Tangan Digital

Tanda Tangan Digital
photo by glints

Sebelum mulai membahas cara membuat tanda tangan digital, Minca mau kasih tau nih kalau tanda tangan digital dan tanda tangan elektronik itu berbeda loh Campuspedia Friends. Wah, jangan-jangan masih ada yang menganggap keduanya sama nih? Jadi, tanda tangan digital adalah tanda tangan yang dapat digunakan untuk membuktikan keaslian identitas pengirim dokumen. Selain itu, tanda tangan digital juga telah tersertifikasi dan membutuhkan perangkat atau tools khusus. 

Sementara, tanda tangan elektronik adalah tanda tangan virtual yang ditambahkan ke sebuah dokumen. Biasanya berbentuk gambar tanda tangan yang dibuat manual. Nah, gimana Campuspedia Friends? udah tahu bedanya kan. Sekarang saatnya bahas gimana cara membuat tanda tangan digital, yuk!

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Online

Cara membuat tanda tangan digital pertama yang bisa kamu ikuti adalah dengan menggunakan bantuan website online. Dalam pembuatannya, ada tiga pilihan website nih Campuspedia Friends. Langsung kita bahas satu persatu.

CreateMySignature

tanda tangan digital createmysignature
photo by pandadoc

Website online pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat tanda tangan digital adalah CreateMySignature. Berikut cara mudah yang biasa kamu ikuti:

  1. Buka website CreateMySignature melalui browser yang tersedia di perangkat yang kamu miliki.
  2. Klik pilihan ‘Draw Signature’ yang berada di bagian sebelah kiri.
  3. Kamu bisa mulai membuat tanda tangan. Perlu diketahui, jika mengalami kesalahan kamu bisa menghapus tanda tangan dengan memilih logo penghapus pada bagian kanan atas.
  4. Apabila sudah selesai, jangan lupa klik pilihan ‘Save’ dan unduh tanda tangan yang dibuat dengan pilih tombol ‘Download’.
  5. Hasil tanda tangan milikmu secara otomatis akan tersimpan dengan format PNG di perangkat.

Tak hanya membuat tanda tangan digital, kamu juga bisa menandatangani file PDF secara langsung loh menggunakan website ini. Berikut caranya:

  1. Setelah masuk ke halaman website CreateMySignature, pilih ‘Sign PDF Document’ yang terletak di sebelah kanan layar.
  2. Pilih dokumen format PDF yang mau ditandatangani. Perhatikan, file dokumen yang kamu pilih ukurannya tidak lebih dari 10 MB.
  3. Ketika file PDF sudah muncul di layar, pilih menu pilihan ‘Sign’.
  4. Buatlah tanda tangan yang kamu mau dengan drag ke halaman PDF yang diinginkan.
  5. Jika kamu sudah selesai menandatangani, pilih ‘Save’ dan ‘Download’ untuk menyimpan file hasil tanda tangan.

Signaturely

tanda tangan digital signaturely
photo by Ltd hunt

Cara membuat tanda tangan digital online di website berikutnya adalah dengan menggunakan Signaturely. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka website signaturely.com. 
  2. Klik pilihan ‘Draw your signature’. 
  3. Masukkan tanda tanganmu ke kolom yang sudah tersedia. 
  4. Atur ketebalan, warna, serta kemiringan tanda tangan sesuai keinginan. 
  5. Pilih ‘Download eSignature’ untuk menyimpan tanda tangan. 

Docsketch

tanda tangan digital docsketch
photo by ngetikpedia

Docsketch adalah website online selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk membantu pembuatan tanda tangan digital. Berikut caranya:

  1. Buka website Docsketch dan klik ‘Draw Signature’.
  2. Buat tanda tangan sesuai keinginanmu.
  3. Jika kamu ingin menghapus atau membuat kesalahan, kamu bisa menghapus dengan memilih ‘Clear’.
  4. Pilih warna tanda tangan sesuai keinginan dengan pilih fitur ‘Color’ yang ada di bagian bawah kolom tanda tangan.
  5. Kalau kamu sudah merasa puas dengan hasilnya, pilih ‘Save’.
  6. Untuk menyimpan file tanda tangan ke perangkat, kamu bisa tekan ‘Download’. Nantinya, file akan terunduh dalam format PNG.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word

Bagi kamu yang nggak mau membuat tanda tangan digital online lewat website, kamu bisa membuat ttd di word kok. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pindah kursor ke bagian yang ingin diberi tanda tangan di Word.
  2. Kemudian, pilih tab Insert.
  3. Arahkan kursor ke bagian teks, lalu pilih ‘Signature Line’.
  4. Pilih Microsoft Office Signature Line dan nanti akan muncul kotak dialog Signature Setup.
  5. Input data, seperti nama penanda tangan, alamat email, dan jabatan. Lalu, centang kotak jika dibutuhkan (jika menandatangani ini akan jadi lebih detail). Kemudian, klik OK.
  6. Klik kanan pada tanda tangan dan ketik nama atau unggah gambar tanda tangan kamu.

Cara Membuat Tanda Tangan Elektronik di Word

Tak hanya tanda tangan digital, kamu juga bisa membuat tanda tangan elektronik loh di Word. Gimana caranya Minca? Berikut tahapan yang bisa kamu ikuti:

  1. Buatlah tanda tangan secara manual ditulis tangan pada selembar kertas putih.
  2. Scan tanda tangan kamu dan simpan ke dalam file perangkatmu dalam format bmp, gif, jpg, atau png.
  3. Buka file gambar di Word dengan ‘Insert’ dan pilih ‘Picture’.
  4. Klik gambar, kemudian edit dengan memilih tab ‘Picture Tools Format’.
  5. Apabila kamu sudah selesai mengedit, klik kanan di gambar dan pilih Save As Picture.
  6. Jika kamu ingin menambahkan tanda tangan elektronik ke dalam Word kapanpun, bisa langsung klik ‘Insert’ serta ‘Picture’. Lalu, cari file gambar yang tadi sudah diedit. Drag dan lepas gambar di tempat yang memang ingin dibubuhi tanda tangan di Word.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Android

Membuat tanda tangan digital nggak cuma bisa lewat laptop atau komputer saja kok. Kamu juga bisa membuat ttd digital ini lewat Android atau ponsel pintarmu. Wah, menarik ya? Berikut cara membuat tanda tangan digital di Android:

  1. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Adobe Fill & Sign.
  2. Buka dan jalankan aplikasi.
  3. Pilih icon pena dan klik ‘Create Signature’.
  4. Buat tanda tangan menggunakan jari di layar ponsel. Apabila sudah selesai, kamu bisa pilih ‘Done’.
  5. Pastikan jika dokumen Word yang ingin kamu Beri tanda tangan sudah tersimpan di smartphone milikmu sebelumnya.
  6. Pilih ‘Select a form to fill out’ untuk menambahkan tanda tangan digital di Word.
  7. Apabila sudah masuk ke dalam dokumen yang kamu inginkan, pilih ikon pena dan ‘Signature’.
  8. Seret tanda tangan di tempat yang kamu ingin bubuhi. Kemudian, jangan lupa save jika sudah selesai.

Jadi, gimana nih Campuspedia Friends? Gampang banget kan cara membuat tanda tangan digital baik lewat word, website online, maupun android? Nah, kamu bisa langsung pilih saja mana yang menurutmu paling mudah diantara cara yang sudah dijelaskan di atas. Well, bisa langsung dipraktikkan ya Campuspedia Friends. Selamat mencoba! 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi dan Website Latihan Mengetik Cepat

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Meeting yang Kaya Fitur dan Gratis!

The post Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Digital, Anti Ribet! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar