SEKILAS INFO
: - Minggu, 25-10-2020
  • 9 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
BPPT Siapkan Dukungan Percepatan Vaksin Covid-19 di Indonesia

Jakarta – Semakin merebaknya pandemi Covid-19, Indonesia tetap bergerak dan upaya pengembangan vaksin masih terus dilakukan untuk mengatasi pandemi yang masih terus terjadi. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui konsorsium nasional Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC) terus berupaya melakukan percepatan dalam memproduksi vaksin Covid-19 sebagai langkah preventif penularan virus.

Salah satu langkah yang dilakukan, yakni BPPT siap memberikan dukungan dalam pengembangan seed vaksin atau bahan awal pembuatan vaksin yang sesuai dengan strain virus yang berasal dari Indonesia, hingga pada tahap optimalisasi produk seed vaksin pada bioreactor, serta pengembangan adjuvant yang mampu meningkatkan respons imun.

Dalam rapat perdana Percepatan Vaksin Covid-19 di Indonesia, bersama Menteri Riset Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro, Kepala BPPT Hammam Riza sampaikan dengan pengalaman BPPT dalam pembuatan berbagai vaksin dan kerja sama dengan berbagai pihak, dirinya yakin mampu mendorong percepatan produksi vaksin di Indonesia.

“Melalui TFRIC dan kolaborasi berbagai pihak lainnya, saya yakin vaksin bisa diproduksi tepat waktu di awal tahun depan. Indonesia bisa mandiri tanpa harus membeli dari luar, melihat pada kasus-kasus sebelumnya kita pun pernah menciptakan vaksin. BPPT sendiri pernah terlibat dalam pembuatan berbagai vaksin diantaranya Vaksin Avian Influenza, Vaksin Hepatitis B, Vaksin Dengue, dan Vaksin Human Papilloma Virus”, pungkasnya.

Guna mendukung proses hirilisasi dari vaksin dalam negeri, Hammam juga menambahkan pihaknya siap berperan dalan rancangan industri/manufaktur vaksin. Sudah saatnya Indonesia mandiri tidak bergantung pada import. Ia berharap vaksin anak bangsa ini mampu menjadi momentum bagi industri kesehatan Indonesia untuk lebih maju. 

sumber : https://www.bppt.go.id/layanan-informasi-publik/3943-bppt-siapkan-dukungan-percepatan-vaksin-covid-19-di-indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR