Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Bingung Bagi Waktu Belajar dan Organisasi? Terapkan Tips Ini

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Halo, Campuspedia Friends! Seperti yang kita tahu, saat berkuliah mengikuti sebuah organisasi adalah salah satu cara untuk melatih soft skill. Namun, menjalani keduanya secara bersamaan bukan hal mudah sebab pasti ada tantangan yang harus dihadapi. Bahkan ada mahasiswa yang lalai mengerjakan tugas kuliah karena sibuk kesana kemari mengurus kegiatan organisasi atau sebaliknya. Kamu sendiri pernah mengalaminya nggak sih? Nah, untuk mengatasinya simak tips belajar dan organisasi saat berkuliah berikut ini biar kamu bisa menjalani keduanya dengan baik!

Tentukan Prioritas

Tips belajar dan organisasi saat berkuliah yang pertama adalah dengan menentukan prioritasmu. Perlu kamu sadari bahwa tujuan utama datang ke kampus adalah untuk berkuliah dan menuntut ilmu. Kamu bisa mulai dengan menentukan tujuanmu ke depan. Misalnya, kamu ingin melanjutkan studi ke luar negeri setelah lulus S1. Maka kamu bisa mulai dengan memprioritaskan kuliah baru kemudian organisasi yang berhubungan dengan bidang kuliahmu untuk menunjang studi. Jadi, kamu bisa membuat prioritas dengan membagi waktumu misalnya dari pagi hingga sore untuk berkuliah dan sisanya untuk menyelesaikan tanggung jawab organisasi.

Buat To-Do-List Harian

Buat To-Do-List Harian
photo by breakingpic

Salah satu tips belajar dan organisasi ketika berkuliah yang wajib kamu lakukan adalah membuat to-do-list setiap hari. Kamu yang sering lupa atau bingung mengatur waktu, wajib hukumnya untuk menerapkan kebiasaan ini. Dengan membuat to-do-list kamu akan memiliki agenda tentang apa yang akan dikerjakan lebih dahulu. Sehingga baik jadwal kegiatan kuliah maupun organisasi jadi lebih teratur dan bisa terselesaikan dengan lancar satu persatu.

Baca juga: Dear Maba, Ini Beberapa Tips Buat Kamu Memilih Organisasi

Konsisten

Setelah menentukan untuk berkuliah sambil aktif organisasi, tentunya ada resiko yang harus kamu terima. Salah satunya adalah tidak banyak waktu bersantai yang kamu punya. Untuk itu konsistensi sangat diperlukan. Dalam menjalani kamu tentu akan merasakan bosan, malas, dan lelah. Namun, jadikan hal itu sebagai tantangan untuk terus konsisten dan motivasi untuk menyelesaikan hingga akhir. Sebab, perlu diketahui jika lelahmu akan menjadi manfaat di kemudian hari.

Selektif Memilih Organisasi

Memilih organisasi dengan cermat adalah tips berikutnya. Sebab, mengikuti sebuah organisasi bukan hal sepele. Dalam organisasi tentunya akan ada beragam aktivitas yang bisa menghabiskan waktu. Bahkan terkadang bisa membuat kamu merelakan jam kuliah untuk urusan organisasi. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, kamu bisa memilih organisasi yang memberikan banyak manfaat sehingga akan setara dengan waktu yang kamu habiskan disana. Selain itu, jangan tergiur dengan jabatan yang ditawarkan saat proses rekrutmen. Sesuaikan dengan kemampuanmu dalam menjalani organisasi tersebut dan kuliah secara bersamaan. Sebab yang mengetahui kesanggupan diri adalah dirimu sendiri.

Baca juga: Panduan dan Tips Ospek Online 2021, Mahasiswa Baru Merapat!

Tidak Menunda Pekerjaan

Ketika kamu mendapatkan tugas kuliah dari dosen maupun tanggung jawab organisasi, biasakan diri untuk segera menyelesaikannya. Meskipun tenggat waktu atau deadline nya masih lama, sebaiknya kamu jangan meremehkan dan bersantai. Jika memang ada waktu kamu bisa mulai mencicil pekerjaan tersebut secara bertahap hingga selesai. Sehingga kamu tidak akan kerepotan saat mendekati deadline.

Menjaga Komunikasi

Menjaga komunikasi
photo by fauxels

Ada kalanya tugas kuliah dan organisasi datang bersamaan. Jika hal ini terjadi tentunya kebanyakan mahasiswa akan merasa panik dan tidak siap menghadapi nya. Namun, hadapi hal tersebut dan berusaha untuk tenang. Tetap kerjakan satu persatu. Kamu juga perlu memberitahu rekan di organisasi bahwa kamu sedang mendapat tugas atau proyek kuliah yang membutuhkan waktu dalam pengerjaannya sehingga mungkin tugas atau tanggung jawab organisasi akan selesai dalam waktu yang mepet.

Buat Target Pencapaian

Buat Target Pencapaian
photo by bichtran

Target pencapaian adalah salah satu hal penting yang perlu kamu terapkan. Dengan adanya target pencapaian kamu jadi lebih termotivasi dalam menyelesaikan kewajiban dan tanggung jawabmu. Misalnya, kamu bisa menargetkan diri untuk mendapat IP diatas 3.5 untuk semester sekarang dan berhasil mensukseskan proker terbesar organisasi yang kamu ikuti. Walaupun tentunya tidak mudah dan ada banyak tantangan yang dilalui, jika kamu berhasil memperoleh keduanya maka baik kegiatan kuliah maupun organisasi kamu bisa menjalankan keduanya dengan baik.

Baca juga: Mahasiswa Baru Wajib Tau! Ini Dia Ospek yang Akan Kalian Temui!

Lakukan Me Time

Meskipun kamu sedang berkuliah sekaligus aktif berorganisasi, jangan sampai lupa beristirahat. Kamu tetap berhak memberi waktu rehat bagi diri untuk melepas stress dan jenuh. Salah satu caranya adalah dengan melakukan me time. Kamu bisa melakukan hobi atau aktivitas menyenangkan yang bisa membuat energi positifmu kembali terisi. Misalnya, kamu hobi membaca buku maka kamu bisa menghabiskan me time dengan membaca buku-buku kesukaan yang bisa membuat kamu merasa lebih bahagia dan melupakan sejenak kerepotan tugas kuliah dan organisasi.

Itulah beberapa tips membagi waktu untuk belajar dan organisasi yang bisa kamu praktikkan. Meskipun tidak mudah dan ada beragam tantangan yang akan kamu hadapi, percaya deh kalau fokus dan serius untuk melakukan yang terbaik kamu tetap bisa sukses di keduanya. Jadi, selalu semangat ya!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Bingung Bagi Waktu Belajar dan Organisasi? Terapkan Tips Ini appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar