SEKILAS INFO
: - Senin, 25-01-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Bercita-cita Menjadi Seorang PNS? Ketahui Dulu Fakta PNS!

Hai Sobat Campuspedia! Terkadang kalau orang-orang ditanya ”cita-cita mu mau jadi apa?”, kebanyakan mereka akan menjawab “Mau jadi PNS aja, biar hidup damai dan tentram sampai tua”. Hmmm apakah benar kenyataannya seperti itu? Nah sebelum kamu salah terjun ke pilihan yang salah, nih Minca kasih kamu insight bagaimana sih fakta PNS yang sesungguhnya. Ayo, kamu-kamu yang mau jadi PNS merapat, kita simak fakta fakta PNS!

Baca Juga: Suka Duka Pengusaha vs Karyawan, Kamu Pilih Mana?

  1. Gaji pokok PNS lebih kecil daripada menjadi gaji teller bank swasta

Siapa nih yang motif utama mau jadi PNS karena gajinya besar? Kalau motif mu seperti itu, coba dulu kamu cari tahu, apakah benar gaji PNS sebesar itu. Berdasarkan beberapa survei terhadap PNS, ternyata mereka mengaku loh gaji pokok yang mereka dapatkan bahkan lebih kecil daripada menjadi teller bank swasta. Gaji PNS bisa tinggi, itu semua juga berkat usaha PNS itu sendiri. Penghasilan tambahan mereka bisa mendapatkannya dari honor kegiatan, perjalanan dinas, tunjangan jabatan, dan tunjangan yang berbeda dari tiap Kementerian atau lembaga.

  1. Menjadi PNS bukan berarti bisa bekerja santai

Kerja PNS gabut dan tinggal uncang-uncang kaki? Wah jika kamu masih berpikir seperti itu, kamu salah besar! Nyatanya, PNS itu disumpah untuk menjalankan pekerjaan dan melayani masyarakat dengan baik. Pemerintah Indonesia juga sudah melakukan razia berkala untuk menjaring “PNS yang kurang bertanggungjawab”. Bahkan tidak sering, PNS itu mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian yang dikuasai mereka. Contohnya, ada seorang PNS yang berlatar belakang ilmu komunikasi, namun ia malah mendapatkan tugas utama sebagai bendahara keuangan. Mindblown banget kan ya.

  1. Koneksi atau orang dalam akan mempermudah diterima jadi PNS

Koneksi atau orang dalam a.k.a nepotisme sudah menjadi seperti rahasia umum dari penerimaan PNS. Tapi ternyata hal tersebut bukan merupakan mutlak fakta loh. Untuk lulus dalam CPNS, kamu tetap harus mengikuti ujian yang berbasis Computer Assisted Test, dan dari sini tentunya akan menampilkan hasil setelah melakukan soal ujian tersebut. Apabila hasil ujian mu kurang memuaskan, sepertinya akan tetap sulit untuk bisa tembus menjadi seorang PNS.

  1. Jadi PNS bukan berarti: Anti PHK PHK Club

Dikalangan masyarakat, mereka sering mengira bahwa menjadi PNS pasti sangat kebal akan masalah pemecatan  atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Terkadang mereka mengira hukuman terberat yang diterima seorang PNS adalah mutasi atau rotasi. Padahal, sebenarnya kinerja dari PNS akan terus dipantau dan dinilai oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Apabila ada kesalahan, pasti ada sanksinya dan tidak menutup kemungkinan sanksi tersebut adalah PHK.

  1. PNS harus netral terhadap politik

Seorang PNS adalah pegawai negeri, oleh karena itu mengharuskan mereka untuk tidak mendukung partai politik tertentu. Mereka tidak boleh menunjukan sikap yang menggiring opini terhadap sesuatu yang berbau politik. Contoh kasusnya adalah, pernah ada seorang PNS yang memposting foto selfie dengan salah satu kandidat legislatif di wilayah tertentu, dan ternyata beliau langsung mendapatkan sanksi administratif.

Baca Juga: Ambis UTBK 2021 Sejak Dini, Simak Tips dan Trick Ini Agar Hasil Mu Bisa Maksimal!

Dari penjelasan Minca mengenai fakta PNS, pastinya akan sangat membukakan wawasan kamu tentang bagaimana sih menjadi seorang PNS yang sesungguhnya. Nah buat kamu yang masih berminat untuk menjadi PNS, yuk digiatin usahanya dan jangan lupa untuk terus berjuang ya! semangat! Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE  kami agar kamu terus update mengenai tips and trick, info kampus, beasiswa, dan masih banyak lainnya.

The post Bercita-cita Menjadi Seorang PNS? Ketahui Dulu Fakta PNS! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR