SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Belajar dari Jerome Polin, Sosok yang Berani Bersahabat dengan Kegagalan

Belajar dari Jerome Polin – Hai Campuspedia Friends! Apa kabar nih para pejuang PTN impian yang sebentar lagi akan menghadapi UTBK 2021? Kamu masih tetap semangat untuk menggapai impian, kan? Kalau merasa lelah, kamu bisa beristirahat sejenak ya, C-friends!

Namun, jangan lupa setelah itu kamu harus bangkit kembali untuk berjuang meraih cita-cita mu ya, C-friends! Bagi C-friends yang sekarang sedang berjuang untuk meraih PTN impian, jangan lupakan juga bahwa kamu harus juga harus siap dengan kemungkinan terburuk yang dapat kamu alami nanti, ya!

Hal ini disebabkan karena sebagai manusia, kita hanya bisa berencana dan berusaha untuk mewujudkannya. Selebihnya, Tuhan lah yang akan menentukan berhasil atau tidaknya mimpi yang telah kita rencanakan sebelumnya. Maka dari itu, C-friends harus benar-benar memahami bahwa kegagalan itu selalu ada dan tidak dapat kita hindari.

Siapa di Antara Kalian yang Tidak Pernah Gagal?

Pastinya semua pernah mengalami kegagalan, bukan? Karena sejatinya tidak ada satu orang pun di dunia ini yang dalam perjalanan hidupnya tidak pernah mengalami kegagalan. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah pada saat kamu merasakan kegagalan itu, respons apa yang akan kamu berikan?

Jika kamu ada seseorang yang penakut, maka dapat dipastikan kamu pasti akan langsung menyerah dan menganggap bahwa diri mu adalah orang yang “tidak bisa apa-apa.”

Namun, hal seperti ini pasti akan menjadi berbeda bagi kamu yang berani bersahabat dengan kegagalan. Kamu pasti tidak akan takut untuk mencobanya kembali dan akhirnya dapat menemukan suatu hal yang dinamakan dengan keberhasilan.

Belajar dari Jerome Polin, Kamu Harus Berani Keluar dari Zona Nyaman

 

Siapa yang tidak mengenal sosok idaman kaum muda yang satu ini? Sosok Jerome Polin merupakan seseorang yang gigih dan mempunyai tekad yang kuat untuk dapat mewujudkan impiannya.

Hal ini dibuktikan dengan usahanya selama ini, ia bahkan dapat mengalahkan banyak pesaing pada saat mengikuti seleksi penerimaan beasiswa penuh S1 Mitsui Bussan pada tahun 2016.

Meskipun terlihat mudah bagi kita yang melihatnya, sebenarnya hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan ya, C-friends! Sebab mlai dari proses awal sampai dengan akhirnya Jerome diterima di Universitas Wasede Jepang tidak serta merta terlihat lancar seperti yang kita lihat di kehidupan Jerome sekarang.

Sebenarnya, Jerome telah mengalami proses yang begitu panjang dan banyak rintangannya. Kamu bisa melihat sendiri bagaimana perjuangannya untuk bisa masuk ke universitas luar negeri dengan beasiswa penuh yang menjadi impiannya sejak kecil.

Meskipun demikian, pria kelahiran Surabaya ini pernah berhasil mendapatkan beasiswa di Nanyang Technological University (NTU Singapore) pada saat itu. Namun, sayangnya saat itu hasil tes menyatakan bahwa dirinya hanya akan mendapatkan beasiswa sebesar 50% saja.

Padahal, cita-cita nya adalah mendapatkan beasiswa penuh untuk berkuliah di luar negeri. Namun, rintangan seperti ini tidak membuatnya menyerah begitu saja. Jerome tetap bangkit dari kesedihannya dan mempunyai tekad yang lebih kuat.

Ia harus berani kelua dari zona nyaman agar dapat berhasil pada saat mengikuti seleksi penerimaan masuk universitas jalur beasiswa penuh selanjutnya. Hal ini ia lakukan karena ia menyadari bahwa keinginannya sejak awal adalah berkuliah di universitas luar negeri dengan beasiswa penuh.

Perjuangan Bukan Hanya Sekadar tentang Belajar, Tetapi juga Harus Berani Berkorban

 

Bagi C-friends yang mengenal Jerome Polin dengan baik, mungkin sudah mengetahu kalau Jerome telah mengorbankan banyak hal demi mewujudkan impiannya. Usaha yang telah dilakukan oleh Jerome Polin tidak sekadar omongan belaka.

Sosok Jerome bahkan telah berhasil menyelesaikan seluruh mata pelajaran kelas 10, 11, dan 12 pada saat ia berada di kelas 10 SMA. Bukankah hal seperti ini terkesan mustahil dan sangat sulit untuk dilakukan, C-friends?

Jerome bahkan rela untuk tidak bermain media sosial dan dijuluki sebagai anak yang kurang pergaulan oleh teman-temannya. Hal ini disebabkan karena rutinitasnya yang selalu ia dedikasikan untuk belajar khususnya mengerjakan soal Matematika.

Begitu kuat keinginannya untuk mewujudkan impiannya, ia bahkan rela untuk belajar kapan dan di mana pun ia berada. Misalnya saja seperti di dalam angkutan umum pada saat ia berangkat dan pulang dari sekolah ke rumahnya.

Berawal dari Kegagalan dan Pengorbanan, Jadilah Sebuah Keberhasilan

Setelah gagal dengan beasiswa di Nanyang Technological University (NTU Singapore), Jerome akhirnya mencoba kembali untuk membuktikan usahanya selama ini di beasiswa Mitsui Bussan pada tahun 2016. Beasiswa ini diberikan oleh Mitsui & Co Ltd yang merupakan salah satu trading company terbesar di Jepang.

Bukan perkara mudah ia dapat berhasil di beasiswa ini, dimulai dari tes tertulis di bidang Matematika dan Bahasa inggris. Selain itu, persaingan untuk mendapatkan kesempatan berkuliah di Jepang begitu sengit.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 16.000 orang hanya diambil dua orang yang dapat lolos dan berkuliah ke Negeri Kimono. Setelah berusaha sebaik mungkin, ia akhirnya dinyatakan lolos dan menerima beasiswa full untuk dapat berkuliah di Jepang.

Namun, perjuangannya tidak berhenti sampai di sana ya, C-friends! Hal ini disebabkan karena Jerome juga harus beradaptasi dengan budaya, bahasa, dan juga menambah pengetahuannya tentang Negeri Sakura itu.

Baca juga : Kamu Harus Tahu! 6 Tips Sukses Menghadapi UTBK 2021 di Masa Pandemi Covid-19

Belajar dari Jerome Polin, Kamu Harus Menjadi Pejuang Sejati yang Tidak Pernah Takut dengan Kegagalan

Nah, gimana nih C-friends? Apakah pikiranmu sudah terbuka dengan apa yang dinamakan perjuangan? Belajar dari Jerome Polin, kamu dapat memetik beberapa poin penting yang dapat kamu terapkan untuk menghadapai UTBK 2021 nanti nih, C-friends!

Misalnya saja seperti harus mengetahui target yang kamu inginkan sejak awal. Dalam hal ini kamu harus benar-benar mengetahui target PTN impian mu dan juga jurusan yang kamu inginkan.

Hal ini bertujuan agar kamu mempunyai semangat juang dan motivasi yang tinggi untuk meraih impian tersebut. Setelah tahu target, langkah selanjutnya kamu dapat segera melangkah dan mengatur jadwal sebaik mungkin agar waktumu efisien ya, C-friends!

Kamu juga harus ingat bahwa tidak ada kesuksesan yang instan. Selain itu, kamu juga harus mengetahui bahwa kesuksesan akan selalu bersahabat dengan yang namanya kegagalan.

Baca juga: 8 Tips yang Harus Kamu Perhatikan Agar Lolos SNMPTN

Kegagalan itu Memang akan Selalu Ada

Memang, kegagalan akan selalu ada dan kita tidak bisa memprediksi hal tersebut. Hal ini disebabkan karena kegagalan adalah takdir dari Tuhan dan sebagai manusia kita hanya bisa berusaha sebaik mungkin agar terhindar dari kegagalan. Jadikanlah kegagalan sebagai motivasimu untuk bangkit dan terus berjuang ya, C-friends!

Maka dari itu, untuk menghadapai UTBK 2021, kamu juga harus menjadi sosok pemberani yang berani bersahabat dengan kegagalan nih, C-friends! Teruslah berlatih untuk mengerjakan berbagai macam tipe soal UTBK dan jadilah pejuang sejati untuk meraih PTN impian mu ya, C-friends!

Selain itu, perlu diingat juga bahwa berlatih saja tidak cukup karena untuk menghadapi UTBK kamu juga perlu yang namanya simulasi ujian. Dalam hal ini sering kita kenal dengan nama try out nih, C-friends.

Kamu dapat menguji kemampuan mu belajar dan berlatih selama ini dengan mengikuti try out UTBK 2021 di Campuspedia Edu nih, C-friends! Di sana soal-soal try out UTBK 2021 telah dibuat semirip mungkin dengan UTBK 2021 sesuai dengan kisi-kisi yang ada.

Selain itu, kamu juga akan mengetahui ranking peserta yang dapat menjadi acuan mu untuk mengevaluasi kemampuan mu saat ini. Dengan begitu, kamu dapat lebih termotivasi untuk berjuang menghadapi UTBK 2021 nih, C-friends!

Nah, jadi bagaimana? Sudah siapkah Campuspedia friends untuk berjuang menghadapi UTBK 2021? Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak ketinggalan informasi seputar kampus, karier, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya, ya!

The post Belajar dari Jerome Polin, Sosok yang Berani Bersahabat dengan Kegagalan appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR