SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Beasiswa KAIST 2021 Kembali Dibuka!

Halo Campuspedia Friends! Kamu sedang mempertimbangkan untuk kuliah di Korea Selatan? Bisa banget kok! Tahun ini Korea Advanced Institute of Science and Technologi (KAIST) kembali membuka pendaftaran beasiswa untuk lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi S1 di Korea Selatan. Yuk simak info Beasiswa KAIST 2021 selengkapnya di bawah ini!

Baca Beasiswa Schwarzman, Kesempatan S2 di Tsinghua University

Mengenal sekilas KAIST International Student Scholarship

KAIST merupakan institusi sains dan teknik pertama di Korea Selatan yang berorientasi pada penelitian yang didirikan oleh pemerintah Korea pada 1971. Universitas ini juga masuk dalam peringkat 100 terbaik di dunia. Dalam QS World University Ranking, KAIST merupakan universitas terbaik ke-40 di dunia. Sementara di Korea Selatan menempati peringkat ke-2 setelah Seoul National University.

Pada tahun ini Universitas KAIST menawarkan program KAIST International Student Scholarship 2021 yang ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana (S1) pada sejumlah program studi yang disediakan oleh KAIST. Program ini bertujuan membina mahasiswa internasional yang berprestasi dalam bidang sains agar mereka bisa berkontribusi pada masyarakat dan negaranya. Berikut informasi selengkapnya mengenai beasiswa KAIST

Pilihan Program Studi di KAIST

  1. College of Natural Sciences: Physics, Mathematical Science, Chemistry
  2. College of Life Science & Bioengineering:Biological Sciences
  3. College of Engineering: Mechanical Engineering, Aerospace Engineering, Electrical Engineering, Computer Science, Civil & Environmental Engineering, Bio & Brain Engineering, Industrial Design, Industrial & Systems Engineering, Chemical & Biomolecular Engineering, Materials Science & Engineering, Nuclear & Quantum Engineering
  4. College of Business: Business and Technology Management

Cakupan beasiswa

  1. Pendanaan kuliah secara penuh selama 8 semester (dengan catatan bisa mempertahankan prestasi)
  2. Tunjangan hidup sebanyak 350000 KRW atau Rp 4,4 juta per bulan
  3. Asurasnsi Kesehatan Nasional

Syarat Umum Pendaftaran

  1. Merupakan pelamar internasional (termasuk dari Indonesia) dan tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan Korea Selatan
  2. Orang tua pelamar bukan merupakan warga negara Korea Selatan
  3. Sebelumnya tidak pernah bersekolah (SD/SMP/SMA) di Korea Selatan
  4. Telah lulus SMA/SMK/Sederajat Tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya untuk mendaftar Spring Semester 2021
  5. Telah lulus per tanggal 31 Agustus 2021 untuk mendaftar Fall Semester 2021.
  6. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan untuk TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT min. 63 (baru) / TOEFL CBT min. 220 / IELTS min. 6,5 / TOEIC Listening & Reading min. 720 / TEPS min. 326 (baru). Bagi yang menggunakan bahasa Inggris saat proses belajar di SMA/Sederajat (pemberian materi dan buku pelajaran seluruhnya dalam bahasa Inggris), maka tidak perlu melampirkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Baca Seberapa Penting TOEFL Untuk Akademik dan Persiapan Karir

Berkas yang Dibutuhkan (SoftCopy)

  1. Formulir pendaftaran online.
  2. 1 (Satu) Surat Rekomendasi yang diisi oleh 1 (satu) wali kelas/pembimbing akademik yang disubmit sendiri oleh pemberi rekomendasi secara online. Surat Rekomendasi ditulis dalam bahasa Inggris atau Korea. Masukkan alamat email pemberi rekomendasi pada saat mengisi formulir pendaftaran secara online, sehingga pihak KAIST bisa menginformasikan cara mengirimkan Surat Rekomendasi pada platform online.
  3. Profil SMA/SMK/Sederajat yang diterbitkan oleh sekolah asal atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil yang disubmit bisa berupa website resmi sekolah atau informasi relevan yang bisa membuat pihak panitia lebih mengenal sekolah asal peserta (maksimal 5 halaman).
  4. Scan Transkrip Nilai SMA/SMK/Sederajat. 
  5. Hasil tes bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan yaitu: TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT min. 63 (baru) / TOEFL CBT min. 220 / IELTS min. 6,5 / TOEIC Listening & Reading min. 720 / TEPS min. 326 (baru). Hasil tes Bahasa Inggris harus diambil dalam waktu dua tahun terakhir. Kode institusi KAIST untuk hasil skor TOEFL: 0195.
  6. Hasil Ujian kelulusan SMA Sederajat / SAT 1 / SAT 2 / AP/ IB / GCE A-Level / ACT / hasil ujian masuk universitas / sertifikat olimpiade internasional (tidak wajib). Bagi yang melampirkan hasil ujian kelulusan SMA/Sederajat (Ujian Nasional/Ujian Sekolah), jelaskan mengenai prosedur, tingkat persaingan, dan hasil dari ujian tersebut dalam 1 halaman A4.
  7. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau Paspor (pilih salah satu).
  8. Statement of Financial Resources yang terdapat di formulir pendaftaran online. Pilih KAIST Scholarship.
  9. Sertifikat penghargaan atau prestasi maksimal 5 (tidak wajib).

Baca juga Serba-serbi TOEFL dan Jenis-jenisnya, Sudah Tau?

CARA MENDAFTAR:

  1. Perlu dipahami bahwa pendaftaran menjadi mahasiswa dan pendaftaran beasiswa adalah satu paket (tidak diperlukan pengajuan pendaftaran terpisah). Pastikan sebelum mendaftar, pelamar telah membaca Panduan Pendaftaran atau Admission Guide (PDF).
  2. Lengkapi formulir pendaftaran secara online untuk mahasiswa internasional di KAIST pada website berikut: https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/InterApply/Login.
  3. Jangan lupa untuk membuat akun terlebih dulu. Selanjutnya isi formulir pendaftaran online secara lengkap dan simpan file tersebut.
  4. Pelamar akan dikenakan biaya pendaftaran mahasiswa sebesar 80,000 KRW yang dapat dibayarkan melalui transfer bank atau kartu kredit.
  5. Pada bagian Doc. Submission page, upload hasil scan berkas dokumen yang disebutkan di atas.
  6. Surat Rekomendasi harus disubmit sendiri oleh pemberi rekomendasi sebelum batas waktu yang sudah ditentukan.
  7. Lakukan pengecekan status pendaftaran (cek apakah dokumen berhasil diupload atau tidak).
  8. Sebaiknya selesaikan pendaftaran minimal 3 hari sebelum batas akhir pendaftaran untuk menghindari error pada saat mengakses website.
  9. Pihak KAIST akan melakukan seleksi dokumen. Apabila dibutuhkan wawancara kepada peserta, maka akan dihubungi via email masing-masing.
  10. Cek hasil akhir pendaftaran dan beasiswa pada website: https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/InterApply/Login.

 Timeline pendaftaran untuk beasiswa S1 KAIST

1. EARLY
Waktu Pendaftaran: 1 September 2020 s/d 23 Oktober 2020

Batas waktu Surat Rekomendasi: 30 Oktober 2020
Pengumuman penerimaan mahasiswa baru: 4 Januari 2020
Perkuliahan dimulai: Spring Semester 2021 / Fall Semester 2021

2. REGULAR
Waktu Pendaftaran: 9 November 2020 s/d 8 Januari 2021

Batas waktu Surat Rekomendasi: 15 Januari 2021
Pengumuman penerimaan mahasiswa baru: 26 Maret 2021
Perkuliahan dimulai: Fall Semester 2021

3. LATE
Waktu Pendaftaran: 1 Maret 2021 s/d 28 Mei 2021

Batas waktu Surat Rekomendasi: 31 Mei 2021
Pengumuman penerimaan mahasiswa baru: 18 Juni 2021
Perkuliahan dimulai: Fall Semester 2021

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa KAIST kamu bisa kunjungi
Sumber Informasi Resmi Beasiswa KAIST 2021 di https://admission.kaist.ac.kr/intl-undergraduate/

Nah itu tadi info seputar beasiswa KAIST. Buat kamu pejuang beasiswa jangan lupa catat baik-baik tanggal pendaftaran dan syarat-syaratnya. Jangan lupa terus ikuti Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE biar kamu nggak ketinggalan info-info menarik lainnya!

The post Beasiswa KAIST 2021 Kembali Dibuka! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR