SEKILAS INFO
: - Jumat, 04-12-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Bahas Tuntas Membuat CV Untuk Internship Campuspedia!

Halo Calon-calon Internship Campuspedia! Gimana proses kamu dalam open recruitment Internship Campuspedia? Sudah sampai mana nih? Minca mau ingetin ya buat buruan dafar, soalnya open recruitmentnya bisa tiba-tiba ditutup loh. So, don’t miss it! Sekarang Minca mau kasih tips nih buat kamu yang masih kebingungan dalam membuat CV sebagai salah satu syarat administrasi dalam pendaftaran Internship Campuspedia. Ayo kita belajar tips membuat CV yang baik dan benar!

Baca Juga: Open Recruitment Internship Campuspedia 2020

Pertama-tama pastiin dulu kamu uda paham betul apa sih perbedaan CV dan Resume

CV atau yang sering disapa Curriculum Vitae, merupakan sebuah dokumen yang berisikan daftar riwayat hidup. Biasanya berisikan biodata, riwayat pendidikan, pengalaman professional, prestasi, dan keterampilan kamu. Jadi CV itu benar-benar memuat cerita hidup kamu yang mendalam dan ditulis secara kronologis. Informasi yang dimuat itu akan selalu diupdate sesuai dengan pengalaman baru yang kamu jalani. Tentunya CV harus dibuat secara menarik dan teratur agar rekruter dapat tertarik.

Memang mirip ya antara CV dan resume. Namun kembali lagi pada tujuannya, CV dan resume memiliki tujuan yang berbeda. Selain itu panjang tulisan juga bisa menjadi faktor yang membedakannya. CV bisa ditulis lebih dari 2 halaman, sedangkan resume hanya ditulis dalam satu halaman saja. Resume merupakan sebuah ringkasan dari riwayat hidup kamu. Jadi isinya harus singkat, padat, dan jelas ya. Resume dapat ditulis sesuai dengan kondisi-kondisi tertentu, bisa disesuaikan dengan posisi yang ingin kamu lamar. Jangan semua informasi kamu masukan ya. Misalnya kamu mendaftar menjadi seorang finance, tapi kamu malah memasukan “Juara 1 Olimpiade Sains Nasional Bidang Geografi”. Itu kan ga nyambung ya jadinya.

Setelah paham perbedaan keduanya, yuk kenali jenis-jenis CV

  1. CV untuk anak SMA/SMK/MA/Sederajat

Untuk anak SMA sederajat, mungkin masih jarang ya dalam membuat CV. Nah mulai dari sekarang kamu harus sudah belajar nih, karena keterampilan ini akan dipakai sampai kamu kerja nanti. Yauda Minca ajarin aja ya, khususnya buat bikin CV untuk Internship campuspedia. CV kamu harus diisi dengan:

  • Data diri atau biodata

Data diri umum yang ditulis dalam CV adalah nama lengkap, alamat, kontak (nomor ponsel), e-mail, atau mungkin sosial media lainnya. Hal-hal ini bukan untuk ngepoin kamu ya. Tapi ini adalah salah satu cara agar rekruter bisa kenal sama kamu. Dan juga kalau kamu keterima, mereka bisa menghubungi kamu lewat kontak yang tertera di CV mu.

  • Riwayat pendidikan

Pada bagian ini, kamu cukup masukan dimana kamu bersekolah saat SMA. Oh iya, boleh juga diisi kamu dari jurusan apa, IPA, IPS, atau Bahasa.

  • Pengalaman organisasi

Mungkin saat SMA, yang terkenal adalah OSIS ya. Kalau kamu anak OSIS, bisa dimasukan ke dalam CV kamu. Atau juga ekstrakurikuler bisa deh kamu masukin juga.

  • Riwayat prestasi

Prestasi apapun yang pernah kamu raih, bisa banget ditulis. Ini bisa jadi nilai plus untuk kamu. Tapi jangan tulis kamu pernah menang lomba makan kerupuk di acara 17-an ya hehe.

  1. CV untuk mahasiswa dan fresh graduate

Seorang mahasiswa seharusnya sudah umum dengan yang namanya CV. Biasanya untuk apply organisasi atau kepanitiaan pun menggunakan CV. Jadi ini sudah menjadi persyaratan umum, termasuk juga untuk ikut open recruitment Internship campuspedia. Nih untuk kamu para mahasiswa dan fresh graduate, pastikan poin-poin dibawah ini ada di CV kamu ya:

  • Data diri atau biodata

Data diri diisi secukupnya saja ya. Nama lengkap, alamat, kontak (nomor handphone atau e-mail). Portofolio yang pernah kamu tulis juga bisa dimasukan.

  • Riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan kamu tulis mulai dari SMA ya. Kemudian dimana kamu berkuliah sekarang, dan kamu mengambil jurusan apa.

  • Pengalaman magang atau kerja

Pernah magang? Pernah kerja? Tulis aja semuanya di dalam CV

  • Pengalaman organisasi

Organisasi yang kamu ambil di kampus atau di luar kampus, bisa kamu tulis ke dalam CV. Pasti sebagai mahasiswa punya organisasi dong?

  • Pengalaman kepanitiaan dan relawan

Jika kamu pernah menjadi ketua, koordinator, atau anggota panitia, hal ini juga dimasukan ke CV mu ya. Kalau pernah ikut kegiatan relawan, juga sekalian aja ditulis.

  • Riwayat prestasi atau sertifikasi

Prestasi lomba atau pengalaman lomba itu menunjukan kalau kamu orang yang mau mencoba hal baru dan mau berjuang. Tentunya ini akan menjadi poin tambahan untuk kamu. Nah selain itu, bila kamu pernah belajar atau ikut kursus bahasa, kursus desain, atau lainnya, bisa juga kamu sertakan di CV ya.

  • Karya ilmiah, paper, dan publikasi

Semasa kuliah biasanya diminta untuk membuat sebuah karya tulis atau publikasi. Kalau kamu pernah menulis, oke banget kalo dimasukin ke CV juga.

  • Hard skills dan soft skills

Keterampilan yang ditulis ke CV kalau bisa relevan demgan posisi yang kamu ambil ya. Biar rekruter tahu seberapa cocok kamu dengan posisi tersebut.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan, ini do and don’ts dalam pembuatan CV

Do               : CV is your personal branding!

Don’t         : Hindari informasi yang tidak relevan (contoh: suku, agama, dan lainnya)

 

Do               : Gunakan informasi yang detail

Don’t         : Nggak detail (contoh: “Riwayat organisasi: KMCL”. Apa itu KMCL? Rekruter ga akan pernah tahu apa itu KMCL. Sebaiknya kamu jelaskan kalau KMCL adalah “Komunitas Mahasiswa CInta Lingkungan”)

 

Do               : Informasi yang ditulis jujur dan benar kamu alami

Don’t         : Asal nulis, yang penting CV rame (ingat ya, bahwa kejujuran diatas segalanya. Hati-hati loh kalo kamu asal nulis, bisa saja nanti pas interview, rekruternya minta kamu jelasin apa yang uda kamu tulis di CV. Kalau kamu asal tulis, kan ketauan kamu gugup saat menjelaskan)

CONTOH CV

Disamping semua yang Minca sampaikan ke kamu, yang paling penting adalah membuat CV dengan niat. Kenapa gitu sih? Karena kalau kamu ngasal bikinnya, atau seadanya aja, pasti CV kamu langsung diskip deh. Awas rekruter bisa lihat dan bisa tahu loh yang mana yang sungguh-sungguh, yang mana cuman ngasal aja. Sekian informasi Minca untuk tips membuat CV. Semangat! Semoga kita bisa bertemu di Campuspedia!

Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE  kami agar kamu terus update mengenai tips and trick, info kampus, beasiswa, dan masih banyak lainnya.

The post Bahas Tuntas Membuat CV Untuk Internship Campuspedia! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR