Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Asal Kampus Mempengaruhi Jenjang Karir? Benar Nggak Sih?

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Hai, Campuspedia Friends! Tentunya salah satu tujuan kalian belajar di perguruan tinggi selain untuk memperoleh ilmu pengetahuan adalah mengasah minat bakat dan kualitas diri bukan? Selain itu, kalian juga bisa mengasah skill melalui berbagai kegiatan dan fasilitas yang diadakan pihak kampus. Harapannya nanti ketika sudah lulus bisa mendapat pekerjaan yang bagus dengan kesempatan jenjang karir yang terbuka lebar. Oleh karena itu, banyak yang berlomba – lomba untuk bisa masuk ke perguruan tinggi ternama. Tapi, benar nggak sih kalau asal kampus dan alumni itu berpengaruh dalam jenjang karir? Nah, mau tahu jawabannya kan? Simak langsung ulasan berikut ya Campuspedia Friends!

Apa Itu Jenjang Karir?

Apa Itu Jenjang Karir
photo by legacytimesmedia

Sebelum kita mulai membahas tentang pengaruh asal kampus terhadap jenjang karir, ada baiknya kita pahami lebih dulu apa sih sebenarnya jenjang karir itu? Jadi, career path atau yang sering kita kenal dengan jenjang karir adalah serangkaian jabatan atau posisi dalam pekerjaan yang bisa membantu kita untuk berkembang dan mencapai posisi tertentu yang menjadi tujuan. Misalnya, kamu bekerja di bidang editorial. Nah, awalnya kamu bisa memulai karir sebagai asisten editor. Kemudian seiring berjalannya waktu dan skill yang makin meningkat posisi kamu mulai naik menjadi editor, senior editor hingga akhirnya menjadi seorang direktur editorial. Nah, perjalanan pengalaman menuju direktur editorial itu lah yang disebut sebagai jenjang karir. 

Baca juga: Minat di BUMN? Cek Dulu 5 Fakta Kerja di BUMN

Asal Kampus Mempengaruhi Jenjang Karir?

Asal Kampus Pengaruhi Jenjang Karir
photo by huntersrace

“Emang asal kampus mempengaruhi jenjang karir kita ya?” adalah salah satu pertanyaan yang masih sering terlintas ketika berbicara tentang jenjang karir atau kesempatan kerja. Berdasarkan beberapa pendapat dan literatur, bisa disimpulkan bahwa hal tersebut tidak selalu berpengaruh. Kenapa begitu? Perlu diketahui jika beberapa kelebihan memang bisa didapatkan apabila berkuliah di universitas ternama. Misalnya saja pengajar, koneksi, alumni, dan cara pandang masyarakat. Selain itu, ketika melamar di sebuah perusahaan mungkin rekruiter akan menyoroti asal kampus jika kamu adalah alumni universitas ternama. Namun, hal itu bukanlah faktor utama yang menjadi penentu jenjang karir. Sebab, masih ada faktor lain yang lebih utama seperti kemampuan diri, pengalaman dalam bekerja, proyek-proyek yang pernah kamu tangani, dan lainnya. 

Jadi, perlu diingat ya bahwa dalam dunia kerja yang terpenting adalah kualitas dan talenta yang dimiliki setiap individunya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika bukan berasal dari kampus ternama sebab setiap individu tetap memiliki kesempatan yang sama. Namun, jika kamu memang berasal dari kampus ternama manfaatkanlah kesempatan selama berkuliah di kampus tersebut untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan skill sehingga kamu bisa semakin membawa nama baik almamater di hadapan rekruiter.

Baca juga: Ingin Bekerja di Perusahaan Startup? Ketahui Hal-Hal Berikut!

Tips Efektif Meningkatkan Karir

Nah, setelah mengetahui bahwa asal kampus atau pengaruh kampus alumni bukanlah faktor utama penentu jenjang karir ada baiknya bagi kamu untuk terus mengasah kemampuan diri. Selain itu, beberapa tips berikut ini bisa kamu praktikkan agar karirmu bisa cepat meningkat.

Mengorganisir pekerjaan dengan baik

Tips pertama untuk meningkatkan karir adalah dengan menjadi individu yang terorganisir. Selalu buat catatan atau agenda tentang pekerjaan apa saja yang akan kamu lakukan. Dengan begitu seluruh tanggung jawab dan tugas yang kamu miliki akan lebih mudah pengecekannya dan tidak ada yang terlewat. 

Skill Komunikasi

Salah satu kemampuan penting untuk meningkatkan jenjang karir adalah terus upgrade skill komunikasi. Hal ini menjadi penting sebab tanpa kemampuan komunikasi yang baik kamu akan kesulitan megembangkan hubungan profesional dengan rekan kerja, atasan maupun klien. Kamu bisa mengikuti kursus pelatihan komunikasi atau membaca buku komunikasi agar kemampuan kamu terus meningkat.

Melanjutkan Pendidikan

Tips meningkatkan jenjang karir berikutnya adalah melanjutkan pendidikan tinggi. Banyak perusahaan yang menjadikan jenjang pendidikan sebagai syarat kenaikan jabatan. Oleh karena itu, segeralah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kamu bisa mulai dengan mencari informasi kampus terbaik yang menyediakan kelas untuk pekerja profesional.

Bersikap Kooperatif

Pada beberapa perusahaan, penilaian rekan kerja juga menjadi salah satu pertimbangan dalam kenaikan jabatan untuk karirmu. Apabila nilai kerja sama dengan teman kerja rendah, maka bukan tidak mungkin atasan batal mempertimbangkan kamu untuk naik posisi. Jadi, akan sayang sekali bukan? Oleh karena itu, jangan selalu anggap rekan kerja sebagai rival. Sebisa mungkin bersikap kooperatif pada setiap teman kerja dan menjaga hubungan profesional dengan baik.

Bangun Relasi

Relasi adalah salah satu hal penting dalam dunia kerja. Bangunlah relasi seluas-luasnya di komunitas profesional dengan mendatangi forum atau memanfaatkan media seperti LinkedIn

Pindah Kerja

Apabila kamu merasa bahwa karirmu tidak berkembang di kantor, kamu dapat memutuskan untuk pindah kerja. Namun, kamu harus memikirkan hal ini dengan matang terlebih dahulu dan melakukan persiapan. Pastikan bahwa sebelum resign kamu sudah memiliki pekerjaan baru dengan posisi yang lebih baik dari kantor lama atau kamu melihat peluang jenjang karir yang bagus di kantor barumu nanti.

Itulah ulasan seputar pengaruh kampus alumni atau asal kampus dalam jenjang karir. Selalu yakini bahwa kualitas dan skill yang kamu miliki menjadi faktor penting yang akan lebih dipertimbangkan oleh rekruiter. Oleh karena itu, terus upgrade skill untuk mencapai tujuan karirmu ya Campuspedia Friends!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Asal Kampus Mempengaruhi Jenjang Karir? Benar Nggak Sih? appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar