SEKILAS INFO
: - Jumat, 04-12-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Apa Saja Pertanyaan Yang Ditanyakan Sewaktu Sidang Skripsi?

Hai Sobat Campuspedia! Siapa, nih, yang lagi fokus ngerjain skripsi? Atau yang sebentar lagi bakal menghadapi ujian terakhir—sidang skripsi? Sebelum menempuh sidang skripsi, tentu banyak yang harus disiapkan. Tidak hanya penguasaan materi skripsi, namun kesehatan dan mental juga. Dan khusus untuk angkatan Corona, tentu wajib juga menyiapkan device dan jaringan yang baik. Detik-detik horror ketika sidang skripsi salah satunya datang ketika  menerima pertanyaan penguji sidang skripsi. Kalau Sobat bertanya-tanya, ada nggak sih, clue pertanyaan sidang skripsi apa saja? Berikut jawabannya!

Pertanyaan sidang skripsi terkait judul skripsi atau penelitian

Jika Sobat ditanya mengenai judul skripsi atau penelitian yang Sobat lakukan, pastikan untuk menjawab dengan jelas dan penuh percaya diri. Usahakaan juga Sobat hafal judul skripsi yang Sobat kerjakan.

Alasan melakukan penelitian

“Mengapa Anda tertarik pada topik tersebut dan melakukan penelitian mengenai topik tersebut?” Ketika Sobat menerima pertanyaan sejenis itu, pastikan untuk menjawabnya secara ilmiah dan hindari menjawab berdasarkan pendapat yang tidak mendasar. Dari sini, para dosen penguji bisa melihat kalau Sobat benar-benar serius mengerjakan skripsi.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Resume Kuliah

Pertanyaan terkait masalah, latar belakang, tujuan, dan lokasi penelitian

“Darimana Anda menemukan masalah dalam penelitian ini?”

“Apa yang melatarbelakangi Anda menjadi tertarik meneliti masalah tersebut?”

“Apa tujuan penelitian Anda?”

“Mengapa Anda memilih lokasi tersebut untuk penelitian ini?”

Sebenarnya, pertanyaan tersebut sudah terjawab secara deskriptif dalam skripsi yang Sobat kerjakan. Karena itu, untuk menjawab beberapa pertanyaan sejenis tersebut tidak perlu dihafalkan. Sobat hanya perlu mencari poin-poin penting yang telah tertuang dalam skripsi Sobat, lalu menjelaskan poin-poin tersebut secara terstruktur pada dosen penguji skripsi Sobat.

Nah, untuk pertanyaan keempat, pastikan untuk selalu menjawabnya dengan alasan ilmiah. Hindari untuk menjawab dengan memberikan alasan kemudahan akses ke lokasi. Sobat bisa kaitkan alasan pemilihan lokasi penelitian Sobat dengan masalah yang Sobat teliti.

Baca Juga: 9 Tips Hadapi Oral Test Anti Gagal

Pertanyaan terkait teknis penelitian

Ada beberapa pertanyaan penguji sidang skripsi seputar teknis penelitian. Berikut Minca rangkum beberapa beserta clue jawabannya.

Apa perbedaan data dan informasi?—Sobat bisa jawab pertanyaan ini dengan data merupakan sekumpulan fakta menah, sedangkan informasi merupakan hasil pengolahan data mentah yang telah dianalisis.

Apa perbedaan data primer dan sekunder?—Pertanyaan sejenis ini ternyata sering, lho, ditanyakan oleh penguji sidang skripsi. Sobat bisa jelaskan jika data primer adalah data utama yang digunakan untuk menemukan solusi dari masalah penelitian, sedangkan data sekunder merupakan data pendukung. Sobat juga bisa beri contoh dengan data dari skripsi Sobat

Apa perbedaan unit analisis dan responden?Sobat bisa menjawab pertanyaan sidang skripsi ini dengan unit analisis merupakan satuan yang diteliti, bisa kelompok maupun individu. sementara itu, responden merupakan penjawab atas pertanyaan yang diajukan untuk kepentingan penelitian. Sebagai contohnya, ketika Sobat melakukan penelitian suatu ekstrakurikuler videografi di suatu sekolah, maka unit analisisnya merupakan ekstrakurikuler videografi dan respondennya merupakan siswanya.

Jelaskan mengenai populasi dan sampelpertanyaan penguji sidang skripsi ini tergolong mudah. Sobat bisa buka dan lihat tabel populasi dalam skripsi Sobat dan jelaskan mengapa Sobat memilih populasi dan sampel tersebut kepada dosen penguji sidang skripsi Sobat secaa jelas dan mudah dipahami.

Baca Juga: Apa Itu Coronasomnia? Bagaimana Mengatasinya?

Pertanyaan terkait kesimpulan skripsi

Sobat perlu jelaskan dengan lugas. Contohnya seperti terdapat hubungan yang signifikan pada variabel X dan variabel Y, sehingga hipotesis dapat diterima.

Itu dia beberapa pertanyaan sidang skripsi yang umum ditanyakan oleh dosen penguji. Share artikel ini jika bermanfaat, yuk!

 

Jangan Lupa! Kunjungi Campuspedia di:

 

The post Apa Saja Pertanyaan Yang Ditanyakan Sewaktu Sidang Skripsi? appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR