Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Apa Itu Flat Desain? Menjadi Trend di Tahun 2022

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Dalam belakangan ini tren desain yang minimalis dan tidak terlalu ribet menjadi favorit para desainer maupun para customer. Desain yang simpel dan tidak terlalu ribet menjadi salah satu kekuatan flat desain. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu flat desain dan contohnya, simak artikel berikut!

Apa Itu Flat Desain?

apa itu flat desain
Foto: Edho Pratama

Flat Desain adalah sebuah gaya desain dengan konsep minimalis dan 2 dimensi dengan penggunaan warna yang kalem dan tidak terlalu mencolok.

Desainnya yang simpel sering digunakan oleh orang-orang karena lebih mudah membuatnya dan diaplikasikan dalam berbagai produk maupun fitur. Penggunaan warna yang mencolok dan kontras juga bisa dikombinasikan agar desain kalian tidak terlalu monoton.

Sejarah Flat Desain

Flat desain sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 80-an dan dipengaruhi oleh The Swiss Style. Saat itu teknologi yang masih minim membuat desain yang diciptakan hanya sederhana saja.

Setelah beberapa tahun kemudian, Microsoft menggunakan flat desain pada salah satu produknya sehingga banyak orang mengetahui flat desain. Disusul pula oleh iPhone pada tahun 2013 yang menggunakan flat desain pada antarmuka iOS 7 mereka.

Sejak saat itu lah flat desain kembali dikenal dan menjadi salah satu pedoman dalam membuat sebuah desain hingga antarmuka.

Ciri-ciri Flat Desain

ciri ciri flat desain
Foto: Claudio Schwarz

Lalu sebenarnya bagaimana sih flat desain itu? Berikut adalah ciri-ciri dari sebuah flat desain!

  • Bentuk dan elemen yang sederhana
  • Tampilan yang minimalis
  • Memiliki tulisan dan desain yang tegas dan jelas
  • Menggunakan typografi yang jelas dan tidak ribet
  • Meminimalisir penggunaan elemen-elemen yang terlalu ramai dan banyak, seperti gradient dan 3D

Contoh Flat Desain

contoh flat desain
Photo by Harpal Singh

Nah kali ini Minca akan membahas mengenai penggunaan atau contoh dari flat desain itu sendiri, mari kita lihat!

Desain Grafis

Seperti yang kita ketahui, flat desain sering digunakan untuk desain-desain yang ada di kehidupan kita sehari-hari. Contohnya adalah desain grafis yang juga sangat beragam, seperti microblogging, inforgrafik, poster, bahkan CV kalian juga flat desain loh!

Desain UI

Desain UI juga salah satu contoh nyata penerapan dari flat desain. Tidak ada sebuah UI yang menggunakan desain 3D, semuanya hampir flat desain karena akan diaplikasikan ke dalam sebuah aplikasi.

Desain UI juga selalu simpel dan tidak ribet, mengingat akan dimasukkan ke dalam sebuah aplikasi dan digunakan oleh banyak orang.

Ikon

Jika kalian melihat ikon-ikon seperti rumah, telepon, surat, dan lain sebagainya itu juga merupakan salah satu contoh flat desain. Desain yang simpel dan hanya gambar yang jelas membuat penggunaan dari ikon sering digunakan.

Ilustrasi

Merambah lebih jauh mengenai flat desain, karya ilustrasi juga termasuk di dalamnya. Ilustrasi-ilustrasi berupa gambar dari tokoh atau benda-benda juga merupakan salah satu contoh flat desain.

Kelebihan Flat Desain

kelebihan flat desain
Foto: NMG Network

Sederhana dan Minimalis

Penggunaan elemen-elemen yang tidak terlalu mencolok bisa membuat flat desain lebih diingat dan lebih memanjakan mata. Apalagi permainan-permainan warna yang kalem, tentunya akan menambah kenyamanan mata dalam melihat sebuah desain.

Membuatnya yang Tergolong Mudah

Selain dari aspek hasil, proses pembuatannya juga sangat mudah dibandingkan dengan desain-desain yang lain. Tidak diperlukan banyak elemen atau cara di dalamnya untuk membuat sebuah flat desain. Kalian hanya perlu kreativitas dan tools sederhana yang bisa di dapatkan, seperti canva, photoshop, corel draw, dan lain-lain.

Tipografi Mudah Dibaca

Penggunaan tulisan yang rapi dan jelas menjadi salah satu kelebihan flat desain, informasi yang disampaikan akan lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh banyak orang. Berbeda apabila penulisan yang digunakan dengan bentuk yang aneh-aneh, tentunya akan sangat pusing untuk dibaca.

Tips Membuat Flat Desain

tips membuat flat desain
Photo by Alvaro Reyes
  • Gunakan elemen-elemen yang tetap minimalis dan simpel
  • Gunakan warna-warna yang senada dan yang sedang tren
  • Sesuaikan desain dengan tren saat ini!
  • Buatlah tulisan atau font yang sesuai dengan seluruh elemen desain
  • Perbanyak penggunaan aksen geometris
  • Gunakan ikon atau sedikit ilustrasi agar tidak membosankan

Nah itu adalah gambaran flat desain yang saat ini kita juga sering menggunakan. Tertarik untuk belajar flat desain?

BACA JUGA:

SKD CPNS 2021: Peserta Standby 29-30 Oktober 2021

Cek Berkala, Uang Saku Magang Kampus Merdeka dan Studi Independen Bersertifikat Cair Bulan Ini!

The post Apa Itu Flat Desain? Menjadi Trend di Tahun 2022 appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar