Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Anti Mainstream, Jurusan Unik Ini Cuma Ada di Indonesia Loh!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Halo, Campuspedia Friends! Berbicara tentang jurusan kuliah, apa sih jawaban yang akan kamu berikan jika ditanya tentang apa saja jurusan kuliah yang ada di Indonesia? Nah, mungkin jawabannya adalah Jurusan Komunikasi, Manajemen, Hukum, dan jurusan lainnya. Namun, kamu sudah tau belum sih jika di Indonesia ternyata ada jurusan unik yang anti mainstream loh. Disebut begitu, karena jurusan – jurusan kuliah ini memang hanya ada di perguruan tinggi Indonesia saja. Mau tau apa saja? Simak ulasan seputar jurusan kuliah unik yang ada di Indonesia berikut ini.

Teknologi Batik

Teknologi Batik

Jurusan unik di Indonesia yang pertama adalah Teknologi Batik. Jurusan ini terdapat di Universitas Pekalongan, Kota Pekalongan. Universitas tersebut secara resmi membuka jurusan unik ini pada tahun 2011. Harapannya, dapat meluluskan sarjana yang memiliki pengetahuan dan keterampilan batik. Sehingga dapat menjadi penerus warisan budaya bangsa. Mahasiswa yang berkuliah di jurusan ini akan mempelajari hal seputar batik seperti sejarah, filosofi sampai cara memproduksi batik sendiri. Nantinya mahasiswa juga diharapkan dapat mengembangkan dan mendirikan usaha batik mandiri.

Seni Pedalangan

Jurusan unik berikutnya masih seputar budaya nusantara, yaitu jurusan Seni Pedalangan. Kamu yang tertarik berkuliah di jurusan ini akan belajar banyak hal tentang dunia pedalangan. Mulai dari sejarah, filosofi, konsep pementasan wayang, membuat alur cerita pementasan hingga makna dibalik pedalangan. Mahasiswa lulusan Seni Pedalangan ini diharapkan bisa menjadi pengamat, ahli budaya, penulis naskah tradisional serta dalang handal yang dapat membawa budaya wayang ke dunia internasional. Di Indonesia, jurusan ini tersedia di Institut Seni Indonesia Denpasar dan Institut Seni Indonesia Surakarta.

Seni Karawitan

Seni Karawitan adalah seni gamelan serta seni suara yang mempunyai tangga nada slendro dan pelog yang sangat terkenal di Jawa dan Bali. Mahasiswa yang belajar di jurusan Seni Karawitan ini akan mempelajari seni musik tradisional dari seluruh penjuru nusantara dan berkesempatan menguasai alat tradisional musik seperti kecapi, gamelan, suling, gendang, dan lainnya. Selain itu, juga belajar teknik vokal menyinden serta aransemen musik tradisional. Jurusan ini tersedia di Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia Denpasar.

Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah S3 Unik Ini Jarang Diketahui Orang

Sastra Jawa

Sastra Jawa
by medium

Sastra Jawa adalah jurusan unik selanjutnya yang hanya ada di Indonesia. Mahasiswa yang berkuliah di jurusan ini akan mendapat pembelajaran seputar ilmu linguistik, karya sastra serta kebudayaan Jawa secara lebih luas. Di Indonesia, jurusan unik ini bisa kamu temukan di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Indonesia.

Tasawuf Psikoterapi

Jurusan unik di Indonesia yang berikutnya adalah Tasawuf Psikoterapi. Jurusan yang terdengar sangat unik ini mempelajari teori gabungan antara tasawuf atau sufisme dengan terapi psikologi. Dalam jurusan ini akan dibahas budaya tentang sufisme di Indonesia dan dunia. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini adalah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Teknologi Game

Saat ini game telah menjadi cabang olahraga dunia yang dikenal sebagai ESport. Nah, di Indonesia ada loh jurusan yang akan mempelajari seputar game, namanya jurusan Teknologi Game. Berkuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana sebuah game dibuat dan banyak orang yang memainkannya. Selain itu, juga akan diajarkan cara membuat cerita, karakter serta memproduksi sebuah game. Jika kamu tertarik belajar di jurusan ini, kamu bisa mendaftar ke Institut Teknologi Surabaya, Institut Teknologi Bandung atau Bina Nusantara. 

Bagaimana Campuspedia Friends? Jurusan-jurusan tersebut sangat unik bukan? Saat ini pilihan jurusan kuliah memang tersedia banyak dan beragam di setiap perguruan tinggi. Nah, bagi kamu yang masih bingung ingin berkuliah di jurusan apa, jurusan unik yang disebutkan diatas juga bisa jadi referensi kamu loh.

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Anti Mainstream, Jurusan Unik Ini Cuma Ada di Indonesia Loh! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar