SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Anak IPA Tapi Nggak Suka Fisika? Inilah Beberapa Pilihan Jurusan Saintek Yang Bisa Kamu Ambil!

Halo Sahabat Campuspedia! Informasi kali ini cocok untuk kamu anak IPA yang nggak suka atau nggak bisa Fisika. Di antara kalian mungkin ada yang suka banget sama matematika, tapi paling anti sama fisika. Sehingga kamu juga nggak mau memilih jurusan yang saat masuk nanti mempelajari semua ilmu fisika. Kalau benar, maka tenang sedikit, karena Campuspedia akan berikan beberapa rekomendasi jurusan untuk kamu. Beberapa jurusan ini tidak mempelajari fisika sebagai ilmu konsentrasinya, yuk simak beberapa informasi di bawah ini tentang pilihan jurusan Saintek yang bisa kamu ambil kalau tidak suka fisika!

Baca juga: 12 Rekomendasi Jurusan untuk Kamu yang Menyukai Geografi 

          1. Jurusan Statistika

Jurusan yang pertama adalah jurusan Statistika. Seperti namanya, ilmu konsentrasi yang dipelajari di jurusan ini adalah mengenai statistika alias hitungan. Di jurusan ini kamu akan lebih berfokus pada pemahaman logika matematika, kemampuan untuk menganalisis dan mengorganisir data, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan untuk berkomunikasi. Intinya, daripada fisika, jurusan statistika ini akan membawa kamu untuk mendalami ilmu matematika penerapan secara lebih jauh.

Beberapa kampus yang memiliki jurusan statistika telah terakreditasi A juga, loh! Seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijiaya, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanudin, Universitas Padjajaran, ITS, dan IPB!

          2. Sistem Informasi

Pilihan jurusan yang kedua adalah jurusan Sistem Informasi. Sistem Informasi ini sering disebut sebagai perpaduan antara Teknik Industri dengan Teknik Informatika. Sehingga pembelajarannya akan lebih sering menemui tentang dasar permograman, manajemen, belajar mengenai penerapan sistem, tata kelola teknologi informasi, dan pembuatan suatu perangkat lunak. Masih sama seperti jurusan Statistika, jurusan Sistem Informasi ini lebih berfokus pada pemahaman logika matematika yang juga dicampur dengan ilmu dari ranah SOSHUM seperti manajemen dan juga bisnis. Dalam penerapannya, tidak ada sama sekali ilmu fisika yang dipelajari di dalam jurusan ini.

Beberapa kampus yang memiliki jurusan Sistem Informasi dengan akreditasi A juga sudah banyak! Seperti ITS, Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Gunadarma, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan masih banyak lagi.

          3. Teknik Informatika

Pilihan jurusan yang ketiga adalah jurusan Teknik Informatika. Mungkin banyak di antara kalian yang sudah cukup familiar dengan jurusan ini. Jurusan Teknik Informatika pembelajarannya berisi tentang ilmu komputer dan membuat, merancang, serta mengembangkan suatu perangkat lunak. Istilah gampangnya, Teknik Informatika ini isinya coding-coding-dan coding. Lebih ke pengolahan data yang memanfaatkan logika matematika dan teknologi komputer. Sama seperti jurusan-jurusan di atas, Teknik Informatika lebih berfokus pada pemahaman logika matematika. Jadi buat kamu yang suka banget bermain logika matematika, cocok banget nih masuk jurusan Teknik Informatika!

Beberapa kampus yang jurusan Teknik Informatikanya terakreditasi A juga sudah sangat banyak. Seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Hasanudin, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, ITB, ITS, dan masih banyak lagi!

Baca juga: Terjebak Salah Jurusan Saat Kuliah, Lanjut Atau Berhenti?

          6. Teknologi Informasi

Rekomendasi pilihan jurusan selanjutnya adalah jurusan Teknologi Informasi. Jurusan ini juga termasuk jurusan baru yang ada di Indonesia tetapi sudah memiliki banyak peminat. Jurusan ini mempelajari tentang komponen penyusun hardware, software, dan brainware. Dimana Teknologi informasi bisa diartikan sebagai sebuah perangkat, baik perangkat keras maupun lunak, yang digunakan untuk mendukung pengolahan data dan informasi secara cepat dan berkualitas. Berbeda dari jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Jika Sistem Informasi lebih ke arah manajemennya, Teknik Informatika ke arah pengembangan perangkat lunaknya, maka Teknologi Informasi lebih ke jaringan dan keamanannya.

Beberapa kampus yang sudah memiliki jurusan Teknologi Informasi ini adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, UIN Jakarta-Syarif Hidayatullah, dan lain-lain.

          5. Perencanaan Wilayah dan Kota

Rekomendasi pilihan jurusan yang kelima adalah jurusan PWK alias Perencanaan Wilayah dan Kota. Masih banyak orang yang belum tahu-tahu banget mengenai jurusan ini. Kalau anak PWK sendiri sebenarnya sering menyebut jurusan mereka sebagai jurusan teknik yang nggak teknik banget, karena mereka belajar juga tentang ilmu geografis dan ekonomi! Selain mata kuliah keteknikan, kalian juga akan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ilmu sosial, ekonomi dan ilmu politik seperti pada kuliah Aspek Sosial dalam Perencanaan, Kependudukan, Pengantar Ekonomika Perencanaan, Ekonomika Wilayah dan Kota, Pembiayaan Pembangunan, dan Ekonomika Transportasi, Pengembangan Komunitas, serta Perencanaan dan Politik. Banyak sekali ya ilmunya!

Beberapa kampus yang memiliki jurusan PWK diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Pasundan, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sam Ratulangi, dan masih banyak lagi.

          6. Aktuaria

Rekomendasi pilihan jurusan Saintek selanjutnya adalah jurusan Aktuaria. Jurusan ini merupakan jurusan baru yang ada di Indonesia dan baru didirikan di tahun 2017, IPB adalah kampus pertama yang mendirikan jurusan ini. Di Aktuaria kamu akan belajar mengenai peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Intinya, jurusan Aktuaria ini bisa disebut juga sebagai matematika asuransi. Jurusan ini kini telah ada di beberapa universitas yang ada di Indonesia. Alasan dibentuknya jurusan ini juga karena prospek kerjanya sangat luas tetapi lulusannya hanya sedikit. Sehingga lulusan dari jurusan Aktuaria ini akan jadi rebutan loh!

Beberapa kampus yang telah memiliki jurusan Aktuari diantaranya adalah Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Seknologi Sepuluh Nopember, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, dan lain-lain.

Baca juga: Lebih Penting Mana? Jurusan Favorit atau Kampus Favorit?

Itu dia beberapa rekomendasi pilihan jurusan yang bisa kamu pilih kalau kamu nggak suka fisika tapi masih tetap mau di ranah SAINTEK. Beberapa jurusan Saintek lain mungkin memang berhubungan dengan Fisika, tetapi tidak terlalu mendalam seperti jurusan Teknik Industri misalnya dan juga lain-lain.

Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

The post Anak IPA Tapi Nggak Suka Fisika? Inilah Beberapa Pilihan Jurusan Saintek Yang Bisa Kamu Ambil! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR